Wednesday, July 10, 2024

20 Alasan Yang Layak Untuk Menghadiri Misa Latin Tradisional…

These Last Days News - January 30, 2020

  


  

20 Alasan Yang Layak Untuk Menghadiri Misa Latin Tradisional…

 https://www.tldm.org/news44/20-reasons-to-attend-the-traditional-latin-mass-in-2020.htm

  

BAHASA LATIN TETAP DIPERGUNAKAN - Bunda Maria, Bayside, 10 April 1976

“Adalah kehendak Bapa Yang Kekal agar satu bahasa universal digunakan bersama dengan bahasa setempat. Bahasa universal ini, bahasa Latin, cocok dan dipilih oleh Bapa Yang Kekal sebagai bahasa universal bagi Gereja universal, Gereja Katolik Roma, di bawah pimpinan Paus Paulus VI, penerus Petrus....

 “Karena jatuhnya Babel, banyak bahasa baru diberikan karena dosa Babel. Oleh karena itu, sebagai anggota suatu negara, anak-anakku, dengan bahasa universal, kamu membawa terjemahan dari negaramu sendiri, dan apakah kamu akan berkunjung ke luar negeri, kamu bisa masuk ke bangunan asing mana pun, Gereja Putraku, dan kmakan merasa nyaman dan menyatu dengan orang-orang, dengan imam, orang yang dipilih oleh Putraku untuk mewakili Dia di Rumah-Nya.

 “Jika kamu, anakku, pergi dari Amerika Serikat, ke Perancis, dapatkah kamu memahami kata-kata dalam bahasa Perancis? Tapi, anakku, kamu akan mengenali kata-kata dalam bahasa Latin dan kamu akan membawa bukumu untuk dibaca dalam bahasa Amerika. Seperti halnya orang-orang di Perancis yang dapat membaca dalam bahasa Perancis, membawa kepada dunia suatu ikatan bahasa yang indah dan umum di antara semua orang yang telah diberi rahmat untuk dipanggil ke dalam Gereja Katolik Roma Putraku.

 “Tetapi jangan tinggalkan Gereja Putraku, anak-anakku, karena mereka telah menghapus bahasa ini dari antara kamu. Kamu harus menunggu dan bertahan dan menangis bersama Putraku atas pencemaran yang dilakukan oleh orang-orang ini.”


KEMBALILAH KEPADA RITUS TRADISIONALMU - Yesus, Bayside, 22 November 197 

”Aku telah mengirimkan kepada para pastor-Ku, orang-orang yang telah Aku beri rahmat untuk mewakili Surga di bumi, peringatan ini: Kini kamu harus kembali kepada ritus tradisionalmu! Kamu harus memulihkan Rumah-Ku dari bagian luarnya yang hancur dan di bagian dalamnya yang membusuk. Kamu harus membangun kembali apa yang ingin kau hancurkan -- SEKARANG!

   Banyak orang yang menyebut diri mereka sebagai orang-orang pilihan-Ku telah mengatur diri mereka sendiri untuk menghancurkan dari dalam. Perbuatan-perbuatanmu tidak luput dari perhatian Bapa Yang Kekal. Kesalahan, penipuan, tipu daya, dengan kedok kesucian dan kesalehan! Kamu terbuka semua kedokmu di hadapan Bapa Yang Kekal. Kamu harus memulai sedikit demi sedikit dan memperbaiki fondasinya, atau kamu akan berada di dalam dan menghancurkannya.

   "Aku melihat segala macam kekejian dilakukan di Rumah-Ku. Apakah kamu pikir kamu akan bisa hidup lebih lama lagi tanpa hukuman? Bangunlah dari tidurmu, para pastor-Ku! Jangan menipu siapapun!!!"

Pesan-pesan dari Bunda Maria di atas diberikan kepada Veronica Lueken di Bayside, New York.

OnePeterFive.com reported on January 29, 2020:

by Jacob Tate 

“Keutamaan agama memberikan kepada Tuhan apa yang kita hutang dari-Nya, dan kita berhutang kepada-Nya apa yang telah Dia ilhamkan dalam tradisi kita untuk diberikan kepada-Nya.” (Prof.Dr. Peter Kwasniewski)

 

Banyak buku, artikel, podcast, video YouTube, homili, dan ceramah telah diproduksi dan diterbitkan mengenai topik ini, namun seiring kalender telah memasuki tahun 2020, saya ingin menulis daftar dua puluh alasan yang ringkas dan telah diteliti dengan baik untuk beralih kepada topik ini. Misa Latin tradisional di Tahun Baru. Ketika paroki-paroki yang merayakan Misa Latin makin berkembang, sementara paroki-paroki lainnya menyusut, dan umat beriman terus beralih kepada tradisi, semoga daftar ini bermanfaat bagi Anda! Sama seperti alasan yang tidak terbatas untuk menghadiri Misa Latin tradisional, sumber informasi yang mencatat semua hal tersebut juga tidak terbatas banyaknya.

Perhatikan bahwa artikel ini tidak dimaksudkan untuk berfokus pada aspek-aspek negatif dari Misa Novus Ordo, melainkan pada keindahan dari Misa Latin. Meskipun demikian, saya menghadiri Misa Baru (Novus Ordo / NO) selama lebih dari satu dekade dari saat pertobatan saya hingga sekarang, sehingga ketika saya beralih dari misa NO kepada Misa Latin, serta beberapa pengamatan saya yang menjadi sumber perbandingan yang melekat antara kedua Misa tersebut – bukan karena saya mencoba untuk menjelek-jelekkan atau memfitnah salah satu Misa, tetapi hanya karena ini adalah pengalaman pribadi saya.

Maukah Anda bergabung dengan saya untuk menghadiri Misa Latin Tradisional secara penuh waktu pada akhir tahun 2020? Mulailah dengan menghadiri satu hari Minggu dalam sebulan pada awalnya untuk belajar dan membuat kaki Anda basah, kemudian menambahnya menjadi dua hari Minggu, dan pada bulan November atau Desember, Anda akan pergi ke Misa Latin setiap hari Minggu! Berikut beberapa alasan untuk mempertimbangkannya.


1) Bahasa yang digunakan adalah bahasa Latin.

Gereja Barat, atau ritus Latin, ritus terbesar dalam Gereja Katolik, telah menggunakan bahasa Latin dalam liturgi; juga eksorsisme, dan dokumen Gereja sejak abad ke-4. Ini adalah bahasa ibunya dan bahasa universal Gereja. Hal ini memungkinkan liturgi tidak terikat oleh batas-batas dan bahasa negara-negara di dunia dan menjadi benar-benar Katolik, yang berarti “universal.”

Bahasa Latin, mungkin dikatakan oleh sementara orang, adalah bahasa mati; mengapa menggunakannya dalam liturgi Anda? Seperti yang dikatakan penulis dan podcaster Timothy Gordon pada beberapa kesempatan, kami terus menggunakannya justru karena ini adalah bahasa mati! Kata-kata Latin tidaklah berubah, tidak ada kata atau makna baru yang tercipta, serta tepat dan jelas. Baru-baru ini pada tahun 2010, banyak bagian Misa dalam bahasa Inggris yang harus diterjemahkan ulang (coba pikirkan, bagaimana kata “dan juga bersamamu” dirubah menjadi “dan dengan rohmu”) – dan pada tahun 2019, Paus Fransiskus mulai membahas perubahan pada doa Bapa Kami dan doa Gloria dalam bahasa Inggris. Kata-kata berubah makna seiring berjalannya waktu, yang dapat menimbulkan masalah dalam teologi, namun pembaruan dan perubahan semacam ini tidak bisa terjadi dengan bahasa mati seperti bahasa Latin. Kata “Et cum spiritu tuo” sampai sekarang mempunyai arti yang sama dengan lima ratus tahun yang lalu dan tidak perlu diperbarui. Menjaga liturgi dalam bahasa Latin berarti melindunginya dari perubahan apa pun di masa depan.

Ada juga sebuah misteri, keindahan, dan perasaan kuno yang transenden terkait dengan doa dalam bahasa Latin. Jika Anda membandingkan liturgi yang seluruhnya menggunakan bahasa kuno yang tidak digunakan dalam percakapan sehari-hari, dengan liturgi yang imamnya menggunakan semua bahasa sehari-hari dalam bahasa sehari-hari, jelaslah bahwa liturgi Latin tersebut lebih khusyuk, serius, dan kuno. Penggunaan bahasa Latin ibarat kerudung yang menambah misteri dan keindahan liturgi, sama seperti kita menutup tabernakel, kepala perempuan dalam Gereja (mantila), dan mempelai wanita pada hari pernikahannya. “Kerudung” yang disediakan dalam bahasa Latin hanyalah cara lain untuk mengenali bahwa saat Misa, sesuatu yang misterius, sesuatu yang berbeda, sesuatu yang kuat, dan sesuatu yang kudus, sedang terjadi.

Dan terakhir, ada argumen yang menyatakan bahwa bahasa Latin sebenarnya lebih kuat atau mujarab. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa pengusiran setan tampaknya tidak berhasil, setidaknya tidak pada tingkat yang sama, jika dilakukan dalam bahasa selain bahasa Latin. Faktanya, ritual pengusiran setan belum disetujui untuk diucapkan dalam bahasa Inggris hingga tahun 2014. Ada kekuatan dalam bahasa kuno (Latin), dan setan tidak menyukainya. Mungkin salah satu alasan teologis untuk hal ini, seperti yang dinyatakan oleh penulis dan teolog Dr. Taylor Marshall dalam beberapa podcastnya, adalah bahwa bahasa Latin adalah salah satu dari tiga bahasa yang tertulis pada salib Kristus; tulisan itu dibasuh dengan darah-Nya [1].

2) Misa Latin dipersembahkan secara ad orientem, dengan imam menghadap ke tabernakel.

Ad orientem adalah bahasa Latin yang berarti “ke Timur.” Hal ini mengingatkan kembali pada kebiasaan kuno bahwa semua gereja dibangun dengan altar menghadap ke timur menuju Yerusalem. Di luar kebiasaan kuno ini, yang sejarahnya berada di luar cakupan artikel ini, penerapan praktis merayakan Misa ad orientem mempunyai banyak sekali manfaat.

Seorang kritikus mungkin mengatakan bahwa pastor yang memunggungi / membelakangi umat menyebabkan pengunjung Misa tidak dapat mendengarkan suara pastor. Jawaban singkat terhadap keberatan tersebut sederhana saja: pastor tidak sedang berbicara dengan Anda, dia sedang berbicara dengan Tuhan. Dan dimana letak Tuhan? Di Surga, ya, tapi Dia juga secara fisik berada tepat di depan imam di dalam tabernakel. Dia mempersembahkan pengorbanan kekal Yesus Kristus, Allah sejati dan manusia sejati, kepada Bapa Surgawi kita — mengapa dia musti berpaling dari Bapa ketika melakukan hal ini?

Optik dari ad orientem juga menakjubkan dan indah. Fokusnya diarahkan pada Tuhan sendiri. Di sebagian besar gereja yang dibangun sebelum tahun 1960-an atau lebih, arsitekturnya mengarahkan pikiran umat beriman ke arah surgawi: bagian depan dan tengah tabernakel, ditinggikan di atas altar yang tinggi; sebuah salib di altar; mezbah itu sendiri, lalu imamnya, lalu umatnya. Semuanya berorientasi pada Tuhan — ada semacam hierarki fisik dan arsitektural, gerakan linear ke atas dari belakang gereja ke depan, menaiki tangga tempat kudus, dan ke altar yang mencerminkan hierarki teologis Tuhan dan ciptaan-Nya.

3) Ini adalah Misa para kudus.

St Thérèse dari Lisieux, St Teresa dari Avila, St Pius X, St Fransiskus dari Assisi, St Philip Neri, St Thomas Aquinas… pilihlah seorang santo, dan kemungkinannya hampir 100% bahwa Misa yang mereka hadiri dan dari di mana mereka memperoleh rahmat pengudusannya adalah Misa Latin atau salah satu dari Misa awali mereka, yang terlihat hampir sama, karena Misa Latin telah utuh selama lebih dari lima ratus tahun dan pada dasarnya utuh selama lebih dari seribu lima ratus tahun[2]. Jika Misa ini merupakan pusat kehidupan rohani bagi semua orang kudus besar ini, hampir semua orang kudus dalam sejarah Gereja kita, mengapa tidak menjadikan Misa Latin ini sebagai landasan rohani kita juga?

 

4) Persiapan Kitab Suci yang mendalam untuk Ekaristi

Ketika saya pertama kali bertobat, saya sering bertanya-tanya: “…doa apa yang dapat saya panjatkan menjelang komuni yang mungkin bisa mempersiapkan saya untuk menerima kehadiran nyata Tuhan ke dalam tubuh dan jiwa saya?” Sebuah pertanyaan yang bagus dan menggugah pikiran, menurut saya. Itu sampai Anda menyadari bahwa keseluruhan Misa menjelang konsekrasi adalah jawaban atas pertanyaan tersebut! Doa-doa, bacaan-bacaan, gerak tubuh, dan karya liturgi itulah yang mempersiapkan Anda untuk menyambut Ekaristi, dan Bunda Gereja Kudus, dalam kebijaksanaannya, telah menjaganya tetap utuh sepanjang zaman. Ayat-ayat Kitab Suci dalam Misa hendaknya tidak berbeda sama sekali; bagian-bagiannya harus dipilih dengan mempertimbangkan arah Misa, dengan mempertimbangkan persiapan pengorbanan.

Aspek yang menarik dari Misa kuno adalah bahwa bacaan-bacaan Kitab Suci tidak disusun seperti yang biasa Anda lakukan. Hal ini terasa aneh bagi saya pada beberapa kali pertama saya menghadirinya, dan sepertinya penekanan pada Alkitab sepertinya berkurang. Baru setelah saya membaca artikel yang ditulis oleh Prof. Dr. Peter Kwasniewski ini, saya memahami bahwa yang penting dalam liturgi bukanlah volume atau variasi ayat-ayat Kitab Suci, melainkan tempat dan tujuannya dalam persiapan kurban suci.

Dr Kwasniewski menyatakan:

Dalam kaitannya dengan pembacaan Alkitab, ritus lama ini beroperasi berdasarkan dua prinsip yang patut dikagumi: pertama, bahwa bagian-bagian tersebut dipilih bukan demi kepentingannya sendiri (untuk “memahami” sebanyak mungkin bagian Kitab Suci) namun untuk menjelaskan makna dari acara peribadatan; kedua, bahwa penekanannya bukan pada sekedar peningkatan literasi Alkitab atau pengajaran didaktik tetapi pada 'mistagogi'. Dengan kata lain, bacaan-bacaan dalam Misa tidak dimaksudkan untuk menjadi sekolah Minggu yang dimuliakan, tetapi suatu inisiasi yang berkelanjutan ke dalam misteri Iman. Jumlahnya yang lebih terbatas, singkatnya, kesesuaian liturgi, dan pengulangannya setiap tahun menjadikannya agen yang kuat dalam pembinaan spiritual dan persiapan untuk kurban Ekaristi.

 

5) Setiap orang menerima komuni dengan berlutut dan menerima di lidah & 6) Tidak ada pelayan Ekaristi (petugas lain yang membantu imam membagikan Hosti Kudus).

Mengingat penelitian baru-baru ini yang mengatakan hanya sepertiga umat Katolik yang percaya bahwa roti dan anggur menjadi Tubuh, Darah, Jiwa, dan Keilahian Yesus Kristus selama Misa, ada baiknya kita merenungkan mengapa hal ini bisa terjadi. Jadi mari kita melukis sebuah gambaran.

Pada suatu Misa, ada lima orang wanita lanjut usia yang ikut membagikan komuni kepada barisan orang yang berdiri dan mengambil hosti dengan tangan mereka sendiri yang tidak disucikan, dan setiap orang di gereja, yang kemungkinan besar diinstruksikan oleh seorang penting di gereja itu untuk melakukannya, segera bangkit dari bangkunya untuk masuk ke barisan penerima komuni.

Pada Misa lainnya, hanya imam yang bisa menyentuh Hosti, dan seluruh umat berlutut untuk menerima-Nya di pagar komuni, yang memisahkan mereka dari tempat kudus, tempat tinggal Tuhan. Mereka menerima Hosti Kudus dengan lidah agar tidak menyentuh Hosti dengan bagian tubuh lainnya. Pada Misa ini, beberapa, jika tidak banyak, umat beriman tetap duduk di bangku masing-masing, merenungkan keadaan jiwa mereka dan tidak ingin menerima Hosti secara tidak layak.

Misa manakah yang diisi oleh orang-orang yang benar-benar percaya bahwa Hosti adalah sesuatu yang sakral, sesuatu yang berbeda dari sekadar roti?

Ada pepatah kuno yang mengatakan “bagaimana Anda berdoa, seperti itulah Anda beriman” (lex orandi, lex credendi — secara harfiah diterjemahkan sebagai “hukum tentang apa yang harus didoakan adalah hukum tentang apa yang harus diyakini”). Idenya adalah bahwa tindakan, pikiran, dan watak Anda dalam berdoa secara langsung mempengaruhi keyakinan Anda. Jika Anda mengenakan kaus oblong dan celana jeans saat Misa, menerima roti di tangan Anda dari Susan dari dewan paroki, dan melanjutkan perjalanan Anda menuju bangku dengan gembira, apakah Anda cenderung memupuk keyakinan yang lebih besar bahwa Anda percaya akan kehadiran nyata Raja Alam Semesta dan benar-benar menerima Dia? Saya tidak berjanji bahwa setiap orang yang menghadiri Misa Latin setempat akan mengenakan mantila, namun sifat serius dan khidmat dari Misa biasanya menarik orang-orang yang menganggapnya serius. Berlutut untuk menerima Komuni dari imam berkontribusi terhadap keseriusan ini dengan cara yang paling kritis.

 

7) Ada perbedaan jenis kelamin yang jelas.

Jika Anda mengikuti Misa Latin, Anda tidak akan melihat satu pun wanita di tempat kudus / altar. Anda juga akan melihat bahwa hampir setiap wanita mengenakan penutup kepala, peran pria terlihat jelas dalam upaya pengorbanan oleh pastor, dan tidak ada pelayan altar wanita. Kita dapat mengambil masing-masing poin tersebut satu per satu, namun agar singkatnya, saya telah menyarankan untuk membaca beberapa poin tersebut di catatan kaki dan di sini saya hanya akan fokus pada “gadis-gadis altar” [3].

Apa tujuan dari pelayan altar? Dalam podcast tentang menghadiri Misa Latin, Dr. Taylor Marshall dan Eric Sammons menyatakan bahwa seorang imam yang telah menghabiskan enam tahun atau lebih dalam pelatihan untuk dapat mempersembahkan Misa jauh lebih mampu daripada seorang anak laki-laki berusia sepuluh tahun, yang tugasnya adalah menuangkan air atau memindahkan beberapa benda di altar. Tujuan dari pelayan altar bukan hanya untuk membantu pastor dengan tugas-tugas kasar yang dia bisa dan, sejujurnya, mungkin lebih suka dia lakukan sendiri,tidak perlu dibantu oleh pelayan altar (misdinar).

Tujuan dari para pelayan altar atau misdinar adalah untuk memupuk panggilan, untuk membuat para remaja putra mengenal dan dekat dengan apa yang dilakukan seorang imam sehingga mereka mungkin tertarik pada profesi imamat. Faktanya, dulu hanya laki-laki dengan perintah kecil yang diizinkan melayani di altar. Pelayan altar sama sekali tidak diperlukan dalam hal liturgi, tetapi hal itu diizinkan karena dampaknya yang besar terhadap panggilan seorang pemuda dengan membuat dia tertarik pada liturgi dengan cara yang unik [4].

Perempuan tidak bisa menjadi imam. Jadi jika tujuannya adalah untuk memupuk panggilan imamat, mengapa mengizinkan perempuan untuk berpartisipasi di atas altar? Harus jelas bagi semua orang dalam Misa bahwa ini adalah peran yang sangat maskulin, dan sebagaimana laki-laki tidak dapat menanggung kehidupan bayi dalam tubuh mereka sendiri seperti halnya perempuan, perempuan juga tidak dapat mempersembahkan pengorbanan ini seperti yang dapat dilakukan oleh laki-laki.

Menurut Taylor Marshall, alasan teologis untuk hal ini sebenarnya cukup sederhana: imam, yang bertindak sebagai Kristus sendiri (in persona Christi), mengatakan pada saat konsekrasi, “Inilah Tubuh-Ku.” Kata “milik-Ku atau Tubuh-Ku” di sini mengacu pada tubuh Kristus. Kita tahu dari ilmu pengetahuan, akal sehat, seluruh sejarah, dan Firman Tuhan (Kej. 5:2) bahwa hanya ada dua jenis tubuh: laki-laki dan perempuan. Tubuh Kristus adalah laki-laki, oleh karena itu perempuan tidak dapat menyatakan “inilah tubuhku” dengan bertindak sebagai pribadi Kristus [5].


8) Menghormati Nama Kudus Tuhan

Ada kebiasaan kuno, yang masih hidup dan berkembang hingga saat ini di sebagian besar Misa Latin, yaitu Anda menundukkan kepala pada nama suci Yesus atau seruan kepada Tritunggal. Bahkan, pastor akan melepas birettanya saat menyebut nama kudus Yesus. Penghormatan terhadap nama Tuhan seperti ini sangat dibutuhkan di abad ke-21 sebagai tindakan balasan terhadap kata-kata kotor yang sangat lazim dalam menggunakan nama Tuhan sebagai kutukan atau ungkapan yang kurang ajar, yang merupakan pelanggaran langsung terhadap Perintah ke-2. Penghormatan dalam Misa Latin adalah cara yang indah untuk mengajari anak-anak Anda bahwa nama Tuhan benar-benar kudus, yang berarti “dikuduskan.” Ingat, lex orandi, lex credendi.

 

9) Doa Misa yang sebenarnya

Ada banyak buku dan situs web yang membandingkan Misa baru dan lama secara berdampingan, jadi saya tidak akan membahas keseluruhan misa di sini, namun keindahan dan keampuhan Misa Latin sangat mencolok bagi siapa pun yang membacanya. .

Berikut adalah beberapa contoh dari apa yang akan Anda dengar atau baca dalam misa lama: Misa dimulai dengan doa di kaki altar; Confiteor memanggil St. Michael, St. Peter, St. Paul, dan St. John the Baptist dengan namanya; Kyrie diulangi untuk menjadikannya doa Tritunggal sembilan kali lipat yang sempurna (masing-masing tiga baris diucapkan tiga kali); bahasanya memiliki fokus yang spesifik dan terarah pada sifat kurban Misa; Injil Terakhir tradisional dibacakan menjelang akhir Misa; Kanon Romawi, salah satu doa kita yang paling indah dan kuno, selalu didoakan sebelum konsekrasi; di akhir Misa Biasa (Low Mass), seluruh jemaah ikut mendoakan doa Leonine.

Jika Anda yakin bahwa Anda dapat memohon pertolongan kepada seorang kudus dengan berseru kepadanya, mengapa tidak memohon lebih banyak lagi orang kudus? Jika Anda percaya bahwa doa-doa Anda memiliki kekuatan dan Tuhan mendengarnya, mengapa tidak mengucapkan doa-doa indah ini sepanjang Misa yang dipanjatkan oleh para kudus zaman dulu? Jika Anda percaya bahwa Misa adalah pengorbanan Kristus, Sang Putra kepada Bapa yang Kekal, mengapa tidak menghadiri Misa yang menekankan bahasa pengorbanan? Saat ini, lebih dari sebelumnya, kita membutuhkan doa-doa indah dan kuno yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Misa Latin tradisional.

 

10) Misa Latin berpusat pada Tuhan

Pertama kali saya menghadiri Misa Latin, saya terkejut melihat betapa fokusnya pada Tuhan oleh si imam dan seluruh jemaat. Suasananya mirip dengan penghormatan penuh doa pada jam suci.

Inilah yang saya perhatikan dan saya yakin berkontribusi pada fokus pada Tuhan ini: imam menghadap Tuhan bersama umat sehingga semua doa dan fokus perhatian diarahkan kepada Tuhan; imam yang merayakan Misa ad orientem menekankan dirinya sebagai pemimpin umat dalam kurban (bayangkan analogi imam sebagai sopir bus yang membawa umat ke suatu tempat — ke kaki salib); tidak ada pembaca, penyanyi, dan pelayan Ekaristi yang bergerak di sekitar tempat kudus dan menarik perhatian serta fokus umat lainnya; musiknya khusyuk dan bukan inti dari Misa; sifat Misa yang sebagian besar hening mengajak pikiran untuk hening dan fokus pada apa yang kudus; imam tidak mempunyai pilihan doa apapun, versi panjang atau pendek, yang ingin dia panjatkan pada hari itu, namun dia hanya mengikuti misa, menghilangkan tekanan dari imam untuk “melaksanakan”.

Ini hanyalah beberapa aspek Misa yang menarik perhatian saya, namun banyak sekali buku telah ditulis tentang sifat Misa Latin yang berpusat pada Tuhan. Saya sangat merekomendasikan Anda, para pembaca, untuk membacanya!

 

11) Ritual dan tradisi kuno lainnya adalah hal yang umum di paroki-paroki yang mengadakan Misa Latin.

Saya hanya ingin menyoroti secara singkat beberapa hal yang dibesarkan oleh kakek-nenek dan buyut kita sebagai bagian normal dari kehidupan Katolik mereka yang masih ada di banyak komunitas di mana Misa Latin Tradisional dipersembahkan:

Orang-orang berpantang daging pada hari Jumat sesuai dengan hukum kanon; Hari Ember diperingati; ketujuh sakramen tersebut masih dalam ritus aslinya; penggunaan benda-benda sakramental seperti medali Benediktus, garam yang diberkati, dan Skapulir Coklat sangat populer di kalangan awam; banyak pastor bersumpah menentang Modernisme; tahbisan kecil dalam imamat masih dipatuhi oleh masyarakat seperti FSSP (penghapusan tahbisan kecil adalah sesuatu yang dikutuk oleh Konsili Trente)[6]; kalender lama masih dijalankan sehingga hari raya dan hari puasa konsisten dengan yang dirayakan oleh nenek moyang kita dan orang-orang kudus sebelum kita. Semua praktik saleh ini akan sangat meningkatkan iman Anda dengan menambahkan rasa keterkaitan dengan seluruh Gereja dalam kehidupan sehari-hari Anda. Ya, Anda dapat berpartisipasi di dalamnya tanpa menghadiri Misa Latin, namun komunitas di mana praktik saleh ini paling sering dibahas dan diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari adalah komunitas yang sama di mana Misa lama menjadi pusat kehidupan spiritual.


12) Ini adalah Misa sejarah

Bayangkan jika Gereja mengubah tanda salib? Serius, bayangkan suatu hari Paus berkata, “Kita tidak akan lagi menggunakan tanda salib dan sebagai gantinya kita hanya akan menutup mata sebentar sebagai tanda awal dan akhir sebuah doa.” Bukankah hal itu akan mengguncang dunia Anda? Anda telah menggunakan tanda salib sepanjang hidup Anda! Itu hanyalah bagian dari menjadi Katolik!

Nah, di manakah rata-rata umat Katolik mengalami Gereja, pastor, kehidupan paroki, dan semua hal “Katolik” lainnya secara teratur? Tentu saja pada hari Minggu saat Misa! Misa adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan Katolik – bahkan lebih penting daripada tanda salib atau devosi lainnya. Jadi cobalah sejenak membayangkan bagaimana perasaan umat Katolik ketika segala sesuatu tentang Misa berubah pada tahun 60an dan 70an. Hal ini jauh lebih membingungkan, membuat frustrasi, dan mengacaukan dibandingkan jika sesuatu, seperti tanda salib, diubah. Misa yang telah dirayakan Gereja hampir sepanjang sejarahnya ternyata terbalik, dan, berdasarkan jumlah kehadiran umat di gereja, umat beriman tidak menyukainya.[7]

Saya seorang yang baru memeluk Iman Katolik, dan dalam katekese saya, untuk pertama kalinya saya belajar tentang Tradisi Suci. Lihat, ketika saya masuk ke dalam Gereja, saya tidak tahu apa-apa mengenai hal itu. Ketika Yohanes Paulus II meninggal dan saya melihatnya di berita, saya harus meneliti apa itu Paus, jadi saya harus banyak belajar tentang tradisi dan otoritas dalam Gereja Katolik.

Di kelas-kelas menjelang pertobatan saya, saya diajari bahwa Tradisi Suci dianggap sama dengan Kitab Suci, sesuatu yang unik bagi Gereja dan sangat diperdebatkan oleh umat Protestan. Saya juga diajari untuk merayakan “tradisi kecil” kita juga. Jadi ketika saya berpindah agama pada tahun 2007 dan kemudian paroki saya mulai merayakan Misa Latin pada tahun 2008, saya bertanya-tanya mengapa saya tidak pernah mendengar tentang Misa ini. “Ini adalah Misa tradisional Gereja, yang telah dirayakan selama berabad-abad hingga saat ini. 1960-an,” saya diberitahu. Nah, otak saya yang baru saja menerima katekismus, yang sangat memahami konsep tradisi, bahkan tidak dapat memahami fakta bahwa Gereja secara keseluruhan telah menjauh dari tradisi yang paling penting dalam kehidupan umat Katolik sehari-hari.

Prof.Dr.Peter Kwasniewski dengan fasih dan ringkas merinci mengapa berpegang teguh pada Misa sejarah ini sangat penting dalam media OnePeterFive:

Sebagai umat Katolik, kita mempunyai kewajiban untuk menerima liturgi kita berdasarkan tradisi dengan rasa hormat yang mendalam, seperti yang telah dilakukan oleh semua nenek moyang kita di dalam Iman. Ketika kita gagal melakukan hal ini, kita gagal dalam kebajikan moral, intelektual, dan teologis. Moral, karena keutamaan agama memberikan kepada Tuhan apa yang kita berutang kepada-Nya, dan kita berhutang kepada-Nya apa yang telah diilhami-Nya dalam tradisi kita untuk diberikan kepada-Nya. Intelektual, karena pembentukan pikiran Katolik bersandar dan belajar dari akumulasi kebijaksanaan para pendahulu kita. Teologis, karena iman dipupuk berdasarkan misteri iman yang disembah secara intens, pengharapan mendambakan kebahagiaan surgawi yang tak kasat mata, dan cinta kasih melekat pada Tuhan di atas segalanya dan memandang sesama dalam hubungannya dengan-Nya — persis seperti apa yang diwujudkan, diteladani, dan diminta oleh ritus-ritus liturgi tradisional dari kita. 


13) Ini adalah kontra-budaya

Merujuk kembali pada podcast Marshall dan Sammons, perlu dicatat secara singkat bahwa Misa Latin memungkinkan kita melakukan kontra-budaya. Kita hidup dalam budaya kematian dan kepuasan instan. Ritual dan doa Misa Latin yang rumit dan kaya secara teologis tidak serta merta memberikan kepuasan. Kitab-kitab tersebut mengandung misteri dan keindahan yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memahami dan menyerapnya, sekaligus memperdalam keimanan Anda. Seperti yang dikatakan Eric Sammons, orang menginginkan “kopi instan dan kemudian Misa instan,” dan kita harus melawannya. “Bau dan lonceng” dari Misa Agung serta semua detail ekstra dan aspek ritualistiknya membuat Misa Latin menjadi kontra-kultural dan dalam budaya saat ini, mungkin lebih dari budaya lainnya, hal tersebut tentu saja merupakan hal yang baik.

 

14) Tradisi musik sakral

Saya bukan ahli dalam musik liturgi, dan meskipun saya menyukai musik, topik ini tidak terlalu menarik bagi saya, sehingga sulit untuk melakukan semua penelitian yang diperlukan agar topik tersebut dapat ditegakkan dengan adil. Oleh karena itu, saya pikir Anda dapat mengemukakan satu hal yang sederhana dan kuat mengenai penghormatan kepada Allah dalam musik Misa: apakah mengubah Misa menjadi konser pop atau konser rock benar-benar memberikan penghormatan kepada Bapa yang menjadi hak-Nya? Bahkan dokumen dari Vatikan II yang berjudul Musicam Sacram mengatakan bahwa nyanyian Gregorian harus diberi “tempat kebanggaan” dalam liturgi dan terus-menerus merujuk pada musik sebagai hal yang sakral dan menjaga sifat khidmat dari ibadah. Apakah paroki Anda mengikuti instruksi Vatikan II untuk memberikan nyanyian Gregorian sebagai “tempat kebanggaan”?

 

15) Anak-anak perlu mengalami “keindahan kekudusan.”

Mazmur 95:6–9 menyatakan: “[6] Pujian dan keindahan ada di hadapan-Nya: kekudusan dan keagungan di tempat kudus-Nya. [7] Bawalah kamu kepada Tuhan, hai saudara-saudara bangsa-bangsa lain, bawalah kamu kepada Tuhan kemuliaan dan hormat: [8] Bawalah kemuliaan dan hormat kepada Tuhan. Bawalah kurban, dan datanglah ke pelataran-Nya: [9] Sembahlah Tuhan di pelataran suci-Nya. Biarlah seluruh bumi tergerak di hadapannya.”

Anak-anak mengalami Iman melalui apa yang mereka lihat dan terutama dengan mengamati apa yang dilakukan orang tua mereka. Pengalaman pertama mereka dengan Tuhan adalah di “pelataran suci”-Nya, yaitu Gereja. Setiap hari Minggu, anak-anak kecil akan mengikuti jejak keluarga mereka dan belajar meniru apa yang mereka dengar dan lihat di Gereja. Karena mereka begitu mudah dipengaruhi dan menyerap semua yang mereka alami, penting bagi mereka untuk tumbuh dengan mengalami penghormatan dan keheningan mendalam dari Misa tradisional.

Salah satu buku terbaik tentang topik ini adalah karya Dr. Maria Montessori. Dia adalah seorang pendidik Katolik yang terkenal, dan gaya serta metodenya dalam mengajar anak-anak, meskipun menurut saya agak kontroversial, telah menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Banyak orang yang tidak mengetahui sejarah Ritus Romawi terkejut mengetahui bahwa ketika dia menulis tentang mendidik anak dalam Misa, dia sedang menulis tentang Misa Latin tradisional! Karena gambaran tentang Misa dalam bukunya sangat berbeda dari apa yang biasa kita lihat saat ini, banyak pendidik modern yang mengikuti metode Dr. Montessori meninggalkan pekerjaan ini ketika mereka melakukan katekese kepada anak-anak, dan ini adalah sebuah parodi. Teorinya yang terkenal tentang “pikiran penyerap” anak kecil dengan sempurna merangkum mengapa anak-anak perlu mengalami semua keindahan, penghormatan, kekudusan, kesalehan, dan pengakuan akan keilahian yang ditawarkan dalam Misa Latin.

 

16) Pengakuan dosa sering dilakukan pada saat Misa.

Hal ini agak sulit untuk dibuktikan karena memang ada paroki yang menyelenggarakan pengakuan dosa pada Misa Minggu tetapi tidak menyelenggarakan Misa Latin (saya pribadi pernah menghadirinya). Namun seperti semua tradisi Iman lainnya, tradisi ini jauh lebih umum di paroki yang mengadakan Misa Latin.

Dalam sebuah artikel untuk National Catholic Register, R. Jared Staudt menulis:

Sebagian besar umat Katolik menerima Komuni setiap kali mereka datang ke Misa, baik mereka telah menerima Sakramen Rekonsiliasi (Tobat) atau belum dalam setahun terakhir (yang banyak adalah yang belum menerima Sakramen Tobat). Situasi ini menciptakan krisis sakramental, dimana sejumlah besar umat Katolik menerima Ekaristi tanpa persiapan yang memadai dan/atau tanpa berada dalam keadaan rahmat.

Jika kita serius ingin mengajak banyak umat paroki kita untuk menerima Sakramen Tobat, terutama mereka yang belum datang ke sana akhir-akhir ini dan tidak berencana untuk datang di hari lain, kita perlu membuat sakramen itu sedapat mungkin dapat diakses oleh mereka. Di paroki asal saya, saya berhasil mengajak sebuah keluarga yang sudah berpuluh-puluh tahun tidak menghadiri Pengakuan Dosa hanya karena kami berjalan melewati pintu rumahnya yang terbuka dalam perjalanan ke Misa. Pengakuan Dosa pada hari Minggu harus menjadi prioritas jika kita ingin mendatangkan Kerahiman Tuhan pada hari Minggu secara langsung kepada orang-orang yang paling membutuhkan.

Saya juga punya pengalaman pergi ke pengakuan dosa hanya karena sudah tersedia tepat sebelum Misa dimana saya datang lima belas menit lebih awal, dan juga mengajak anggota keluarga lain untuk pergi pada waktu-waktu tersebut.

Paus Yohanes Paulus II mempertimbangkan topik ini dalam tulisannya Misericordia Dei ketika dia menyatakan: “Sangat disarankan agar di tempat-tempat ibadat, para bapa pengakuan hadir secara nyata pada waktu yang diumumkan, agar waktu-waktu tersebut disesuaikan dengan keadaan nyata para peniten, dan bahwa pengakuan dosa harus disediakan secara khusus sebelum Misa, dan bahkan selama Misa jika ada imam lain yang bersedia, guna memenuhi kebutuhan umat beriman.”

 

17) Diam bukan hanya untuk penghormatan; itu adalah saat untuk berdoa.

Pertama kali saya menghadiri Misa Biasa (Low Mass), saya bingung dengan betapa sunyinya suasana di sana. Saya tidak yakin apa yang harus saya lakukan atau bagaimana saya harus berpartisipasi. Tak lama kemudian, seorang teman saya yang pernah mengikuti seminari FSSP selama beberapa tahun mengatakan kepada saya bahwa dia tidak akan pernah bisa kembali ke paroki tanpa Misa Latin karena tidak ada waktu untuk berdoa pada Misa lainnya (misa NO). Saya langsung terkejut dengan banyaknya aktivitas dan kebisingan yang terjadi dalam Misa baru (misa NO). Bacaan dibacakan untuk Anda dengan lantang, ada lagu di sela-sela hampir setiap bagian Misa, ada panggilan dan doa jawaban yang Anda tunggu-tunggu. Anda terus-menerus disibukkan atau bahkan dihibur. Namun berapa banyak waktu yang sebenarnya Anda habiskan dalam doa pribadi yang mendalam bersama Kristus selama Misa? Anda menerima Raja Alam Semesta ke dalam tubuh dan jiwa Anda sendiri. Tidakkah Anda ingin memiliki waktu hening untuk berbicara dengan-Nya? Saat hening untuk berdoa dan berbicara dengan Tuhan dibangun langsung di dalam Misa Latin.

 

18) Adalah mudah dengan anak kecil dan keluarga besar.

Pada Misa yang baru, ada begitu banyak tanggapan dan lagu yang diberitahukan kepada kita bahwa kita harus berpartisipasi ini dan itu di dalamnya sehingga kita merasa kehilangan bagian kita jika kita harus membawa anak keluar dari bangku ke kamar mandi atau ke bangku belakang gereja. Berdasarkan pengalaman saya, hal ini mengarah pada ekspektasi yang tidak realistis bahwa anak Anda yang berusia dua tahun akan duduk di bangku gereja selama satu jam atau lebih dan tidak bersuara sama sekali.

Misa tradisional tidak menciptakan kebutuhan mendesak yang sama untuk hadir di bangku gereja dan menyampaikan semua tanggapan Anda agar Misa tetap berjalan. Pastor mempersembahkan kurban dan mengucapkan doa-doa kuno yang indah, baik saat Anda mengejar balita di ruang depan atau berlutut dengan tenang di bangku gereja. Hal ini memberikan kebebasan kepada orang tua untuk mengurus keluarga mereka kapan pun mereka membutuhkannya dan menjadikan Misa itu tidak terlalu menjadi tugas bagi anak-anak. Jika anak Anda menangis atau membutuhkan popok, cukup bersujud, keluar, rawat, lalu masuk kembali. Sementara itu, pastor sudah mengendalikan segalanya.

 

19) Misa Latin bersifat universal.

Saya telah menyebutkan bahwa penggunaan bahasa Latin, bahasa universal Gereja, menjadikan Misa ini lebih mudah diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Namun lebih dari itu, fakta bahwa tidak ada pilihan bagi imam dalam cara pelaksanaannya berarti bahwa Misa akan selalu terlihat sama dan doa yang sama akan dipanjatkan. Aksen Misa atau optiknya akan selalu sama. Apakah masih ada imam nakal yang melakukan perubahan atau mempersembahkan Misa yang salah atau tidak sah? Tentu saja, namun kecil kemungkinannya bila imam tersebut tidak memiliki pilihan yang tertanam dalam misa mengenai di mana harus berdiri, doa apa yang harus dipanjatkan, siapa yang akan membagikan Komuni, dan semua hal lain yang telah saya sebutkan dalam artikel ini. Memiliki Misa standar jelas lebih “katolik” dalam arti harfiahnya: universal.

 

20) Sifat kurban Misa terlihat jelas dan ditekankan.

Banyak poin yang telah saya sebutkan memerlukan seluruh buku dan studi bertahun-tahun untuk mempelajarinya sepenuhnya. Hal ini benar untuk poin ini lebih dari yang lain, tapi saya akan lalai jika saya tidak menyebutkannya sama sekali.

Salah satu buku yang membentuk opini saya mengenai Misa lebih dari buku lainnya adalah karya sederhana dan pendek berjudul The Mass as Sacrifice (Misa sebagai Pengorbanan). Hal ini membuka mata saya untuk melihat bahwa Misa adalah karya (liturgi) pengorbanan yang dipersembahkan kepada Tuhan. Itulah definisi utama dari Misa. Jika Anda harus mendefinisikannya dalam satu kata, kata yang paling tepat adalah “pengorbanan”. Inilah sebabnya mengapa umat Katolik menggunakan altar, dan bukan meja, dan mengapa kita memiliki imam dan bukan pengkhotbah. Imam adalah orang yang mempersembahkan kurban, dan ia melakukannya di atas mezbah korban.

Dan apa yang dia korbankan? Yesus Kristus, Anak Domba Yang Tak Bercela. Inilah misteri iman kita, sumber dan puncaknya. Jika Anda tidak memahami Misa sebagai sebuah kurban, maka ajaran Katolik lainnya tidak akan masuk akal. Kebenaran inilah yang sangat jelas bagi saya dalam Misa Latin Tradisional, dan inilah alasan nomor satu mengapa saya mengambil keputusan untuk membesarkan anak-anak saya dalam liturgi kuno ini mulai tahun ini. Saya ingin mereka mengetahui di dalam lubuk hati mereka bahwa tubuh, darah, jiwa, dan keilahian Yesus Kristus yang ada di atas altar itulah yang dikorbankan dan dipersembahkan kepada Tuhan. Saya percaya bahwa Misa Latin adalah cara terbaik untuk menyampaikan hal itu kepada anak-anak saya dan memberi mereka kesempatan terbaik untuk mendapatkan keselamatan kekal melalui Yesus Kristus. Meskipun ada alasan lain untuk menghadiri Misa Latin, seperti yang telah saya sebutkan di atas, dan masih banyak lagi alasan lain di luar itu, alasan ini saja sudah cukup bagi saya.

 

Kesimpulan

Sama seperti sebuah resolusi atau niatan untuk berolahraga lebih banyak di tahun baru yang mungkin terasa tidak nyaman atau sebuah pengorbanan, mari kita keluar dari zona nyaman kita, mulai belajar bahasa Latin, dan pergi ke Misa Latin tradisional. Anda mungkin tidak memahami semuanya pada awalnya, tapi jangan khawatir: Anda tidak perlu melakukannya dengan tergesa-gesa atau dalam sesaat. Saya tidak memahami segala sesuatu tentang Misa ketika saya berpindah kepada agama Katolik, meskipun Misa tersebut menggunakan bahasa Inggris. Setelah Anda pergi beberapa kali ke misa Latin, Anda akan ketagihan! Jangan ragu untuk mengirim email kepada saya sepanjang tahun berisi pemikiran, pertanyaan, dan komentar tentang kemajuan Anda saat Anda bergabung dengan saya dalam tujuan ini untuk tahun 2020.

Yang terakhir, saya akan lalai jika tidak berterima kasih kepada mereka yang mempengaruhi kecenderungan tradisional saya, khususnya mereka yang memperkenalkan saya pada Misa Latin: Dr. John Goodreau, Bill Erwin, dan Fr. Jerry Wooten.

-------------------

-------------------

[1] Yohanes 19:19-20: “[19] Dan Pilatus menulis sebuah gelar dan menaruhnya di kayu salib. Dan tulisannya adalah: YESUS DARI NAZARET, RAJA ORANG YAHUDI. [20] Oleh karena itu, banyak orang Yahudi yang membaca gelar ini: karena tempat penyaliban Yesus dekat dengan kota dan ditulis dalam bahasa Ibrani, Yunani, dan Latin.”

[2] Michael Davies, mungkin cendekiawan dan sejarawan terbesar dalam bidang Misa Latin di zaman modern, berpendapat dalam bukunya “A Short History of the Roman Mass” bahwa baik reformasi St. Gregorius Agung tidak terjadi pada abad ke-6 maupun reformasi St Pius V pada abad ke-16 memberi kita liturgi baru, yang berarti bahwa Misa Latin hampir sama sejak abad ke-6 dan mungkin lebih awal lagi.

[3] Bacaan yang disarankan: “The Privilege of Being a Woman” by Alice von Hidlebrand”

https://onepeterfive.com/chapel-veil-womans-rights/

https://onepeterfive.com/theology-women-veils/

https://onepeterfive.com/traditional-latin-mass-honors-womanhood/

[4] “10 Alasan Menghadiri Misa Latin bersama Eric Sammons dan Dr Marshall.” YouTube, 11 Desember 2018. Saya tidak menyalin podcast ini, jadi kata-kata ini adalah parafrase saya terhadap Dr. Marshall dan Eric Sammons, tetapi saya ingin memberikan penghargaan kepada mereka untuk poin ini tentang tujuan para pelayan altar.

[5] Ibid.

[6]“Jika seseorang mengatakan, bahwa, selain imamat, tidak ada ordo lain dalam Gereja Katolik, baik yang lebih besar maupun yang kecil, yang melaluinya, seperti melalui langkah-langkah tertentu, kemajuan dilakukan pada imamat; biarlah dia dikutuk.” Konsili Trente, Sesi 23, Kanon 2.

[6] Davies, Michael. Bom Waktu Liturgi tentang KV II: Sebuah penghancuran iman melalui Perubahan Ibadah Katolik. 2003, TAN Books. Dalam buku ini, Michael Davies merinci penurunan besar-besaran dalam jumlah kehadiran Misa, panggilan, sakramen, dan banyak lagi setelah diperkenalkannya Misa baru atau Novus Ordo.

----------------------------------

Silakan membaca artikel lainnya di sini:

LDM, 6 Juni 2024

LDM, 10 Juni 2024

LDM, 13 Juni 2024

Pedro Regis, 5606 - 5620

LDM, 19 Juni 2024

LDM, 20 Juni 2024

LDM, 28 Juni 2024

LDM, 4 Juli 2024, Yesus

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment