Wednesday, January 25, 2023

Francis mengatakan bahwa homoseksualitas bukanlah kejahatan

 


 

PAUS FRANCIS MENGATAKAN BAHWA HOMOSEKSUALITAS BUKANLAH KEJAHATAN

 https://www.complicitclergy.com/2023/01/25/pope-francis-says-homosexuality-not-a-crime/

  

January 25, 2023 from Associated Press by Nicole Winfield

 

Paus Francis mengkritik undang-undang yang mengkriminalkan homoseksualitas sebagai tindakan yang "tidak adil", dengan mengatakan bahwa Tuhan mencintai semua anak-Nya sebagaimana adanya, dan paus Francis meminta para uskup Katolik yang mendukung undang-undang tersebut untuk menyambut orang-orang LGBTQ ke dalam gereja.

 

“Menjadi homoseksual bukanlah kejahatan,” kata Francis dalam wawancara eksklusif Selasa dengan The Associated Press.

 

Francis mengakui bahwa para uskup Katolik di beberapa bagian dunia mendukung undang-undang yang mengkriminalkan homoseksualitas atau mendiskriminasi orang LGBTQ, dan dia sendiri menyebut masalah ini sebagai "dosa". Namun dia mengaitkan sikap seperti itu dengan latar belakang budaya, dan mengatakan para uskup khususnya, perlu menjalani proses perubahan cara berpikir untuk mengakui martabat setiap orang.

 

“Para uskup ini harus memiliki dan melakukan proses pertobatan,” katanya, seraya menambahkan bahwa mereka harus menerapkan “tolong, lakukan kelembutan seperti yang dilakukan kepada kita masing-masing.”

 

Komentar Francis ini, yang dipuji oleh para pembela hak-hak kaum gay sebagai tonggak sejarah, adalah yang pertama diucapkan oleh seorang paus tentang undang-undang semacam itu. Tetapi mereka juga konsisten dengan pendekatan Francis secara keseluruhan terhadap orang-orang LGBTQ dan keyakinan bahwa Gereja Katolik harus menyambut semua orang dan tidak mendiskriminasi.

 

Continue reading at the Associated Press

 

* * * * *

Kej 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.  

Kej 5:2…laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Ia memberkati mereka dan memberikan nama "Manusia" kepada mereka, pada waktu mereka diciptakan.  

Mat 19:4 Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?

1Tes 4:7 Allah memanggil kita bukan untuk melakukan apa yang cemar, melainkan apa yang kudus.

Kej 18:20 Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya.

Rm 1:24 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.

Rm 1:26 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar.

Rm 1:27 Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka.

Im 20:13 Bila seorang laki-laki tidur dengan laki-laki secara orang bersetubuh dengan perempuan, jadi keduanya melakukan suatu kekejian, pastilah mereka dihukum mati dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri.

Katekismus Gereja Katolik 2357. Homoseksualitas adalah hubungan antara para pria atau wanita, yang merasa diri tertarik dalam hubungan seksual, semata-mata atau terutama, kepada orang sejenis kelamin. Homoseksualitas muncul dalam berbagai waktu dan kebudayaan dalam bentuk yang sangat bervariasi. Asal-usul psikisnya masih belum jelas sama sekali. Berdasarkan Kitab Suci yang melukiskannya sebagai penyelewengan besar, tradisi Gereja selalu menjelaskan, bahwa "perbuatan homoseksual itu tidak baik." Perbuatan itu melawan hukum kodrat, karena kelanjutan kehidupan tidak mungkin terjadi waktu persetubuhan. Perbuatan itu tidak berasal dari satu kebutuhan benar untuk saling melengkapi secara afektif dan seksual. Bagaimana pun perbuatan itu tidak dapat dibenarkan.

-------------------------------------

 

Silakan membaca artikel lainnya di sini:


Ned Dougherty, 1 Januari 2023

Shelley Anna, 19 Januari 2023

Christina Gallagher, 20 Januari 2023

Outlet berita Vatikan menyoroti hubungan lama paus Francis dengan Klaus Schwab

LDM, 23 Januari 2023

Wartawan Vatikan: Memo Cdl. Pell

Paus Benediktus: 'Klub Gay' ada di berbagai Seminari