Sunday, February 19, 2023

IV. Penyangkalan Keberadaan Neraka Adalah Bentuk Kesombongan Yang Bodoh

  

NERAKA

 

Oleh pastor F.X. Schouppe, S.J.

 

 

 

IV. PENYANGKALAN KEBERADAAN NERAKA ADALAH BENTUK KESOMBONGAN YANG BODOH

 

Ada beberapa orang yang menyedihkan, bisa kita katakan, sebagai orang bodoh, yang, dalam delirium kesalahan mereka, berani menyatakan bahwa mereka menertawakan neraka. Mereka berkata demikian, tetapi hanya dengan bibir mereka; namun hati nurani mereka memprotes dan memberi mereka kebohongan. Collot de Herbois, yang terkenal karena ketidaksalehannya dan juga kebejatan tingkah lakunya, adalah penulis utama pembantaian Lyons, pada tahun 1793; dia menyebabkan kehancuran 1.600 orang korban. Enam tahun kemudian, pada tahun 1799, dia dibuang ke Cayenne, dan dia melampiaskan kemarahannya dengan menghujat hal-hal yang paling suci. Tindakan keagamaan yang paling tidak penting, menjadi bahan leluconnya. Setelah melihat seorang prajurit membuat tanda salib, "Bodoh!" katanya kepadanya. “Kamu masih percaya takhayul! Apakah kamu tidak tahu bahwa Tuhan, Perawan Suci, Firdaus, Neraka, adalah ciptaan suku bangsa pastor yang terkutuk?” Tak lama kemudian dia jatuh sakit dan dihinggapi rasa sakit yang hebat. Dalam keadaan demam tinggi dia menelan, dengan sekali teguk, sebotol minuman keras. Penyakitnya meningkat; dia merasa seperti terbakar oleh api yang melahap isi perutnya. Dia mengeluarkan jeritan yang menakutkan, memanggil Tuhan, Perawan Suci, memanggil seorang imam untuk membantunya. “Ya, memang,” kata prajurit itu kepadanya, “Anda meminta seorang pastor? Lalu Anda takut neraka? Anda biasa mengutuk para pastor, mengolok-olok neraka! Sayang!" Dia kemudian menjawab: "Lidahku berbohong kepada hatiku." Tak lama kemudian, dia meninggal, muntah darah dan buih.

 

Insiden berikut ini terjadi pada tahun 1837. Seorang letnan muda, berada di Paris, memasuki Gereja the Assumption, dekat Toilers, dan dia melihat ada seorang pastor berlutut di dekat sebuah tempat pengakuan dosa. Saat itu dia menjadikan agama sebagai masalah biasa dari bahan leluconnya, dan dia ingin pergi ke kamar pengakuan dosa untuk menghabiskan waktunya. "Monsieur l'abbé," katanya kepada pastor, "apakah Anda cukup siap untuk mendengarkan pengakuan dosa saya?" “Dengan rela anakku; lakukanlah pengakuan dosa tanpa merasa sungkan.” "Tetapi pertama-tama saya harus mengatakan bahwa saya adalah jenis pendosa yang agak unik." "Apa pun; sakramen tobat telah ditetapkan bagi semua pendosa.” "Tapi saya tidak terlalu percaya pada masalah agama." "Kamu percaya lebih dari yang kau pikirkan," kata pastor itu. "Percaya? Saya? Saya adalah seorang pengejek yang rutin.” Bapa Pengakuan itu melihat dengan siapa dia harus berurusan, dan bahwa ada semacam kebingungan. Dia menjawab sambil tersenyum: “Kamu pengejek yang biasa? Apakah Anda kemudian mengolok-olok saya juga? Orang yang berpura-pura menyesal tersenyum dengan cara yang sama. “Dengar,” lanjut pastor itu, “apa yang baru saja kau lakukan di sini tidaklah serius. Mari kita kesampingkan pengakuan dosa ini; dan, jika Anda mau, mengobrollah sedikit. Saya sangat menyukai orang-orang militer; dan Anda memiliki penampilan seorang pemuda yang baik dan ramah. Katakan padaku, apa pengkatmu?” "Di bawah letnan." "Apakah Anda akan tetap menjadi letnan hingga lama?" "Dua, tiga, mungkin empat tahun." "Dan kemudian?" "Saya berharap untuk menjadi seorang letnan?" "Dan kemudian?" “Saya berharap bisa menjadi kapten.” "Dan kemudian?" "Letnan Kolonel?" “Berapa umurmu nanti?” "Empat puluh sampai empat puluh lima tahun." "Dan setelah itu?" “Saya akan menjadi brigadir jenderal.” "Dan kemudian?" "Jika saya naik lebih tinggi, saya akan menjadi jenderal divisi." "Dan kemudian?" "Setelah! tidak ada yang lain selain tongkat Marsekal; tetapi kepura-puraanku tidak mencapai setinggi itu.” “Baik dan bagus. Tapi apakah kamu berniat untuk menikah?” "Ya, ketika saya akan menjadi atasan." "Baik! Di sana Anda menikah; seorang perwira atasan, seorang jenderal, bahkan mungkin seorang marshal Prancis, siapa tahu? Dan kemudian?" "Setelah itu? Atas kata-kata saya, saya tidak tahu apa yang akan terjadi setelah itu.”

 

"Lihat, betapa anehnya itu!" kata sang pastor. Kemudian, dengan nada suara yang semakin tenang: “Kamu tahu semua yang akan terjadi sampai saat itu, dan kamu tidak tahu apa yang akan terjadi setelahnya. Baiklah, saya tahu, dan saya akan memberi tahu kamu. Setelah itu, kamu akan mati, diadili, dan, jika kamu terus hidup seperti saat ini, kamu akan dikutuk, kamu akan pergi dan terbakar di neraka; itulah yang akan terjadi sesudahnya.”

 

Ketika wakil letnan itu, putus asa dengan kesimpulan ini, tampak dia ingin sekali untuk pergi: "Sebentar, tuan," kata pastor. “Kamu adalah pria terhormat. Saya juga. Sadarkah kamu bahwa telah menyinggung saya, dan berhutang permintaan maaf kepada saya. Itu memang sederhana. Selama delapan hari, sebelum pensiun, kamu akan berkata: 'Suatu hari saya akan mati; tapi aku menertawakan ide tentang neraka itu. Setelah kematianku, aku akan diadili; tapi aku menertawakan ide itu. Setelah penghakiman saya, saya akan dikutuk; tapi saya menertawakan ide itu. Saya akan terbakar selamanya di neraka; tapi saya menertawakan gagasan itu!’ Itu saja. Tapi engkau akan memberi saya janji penghormatan kepada saya dan engkau tidak mengabaikannya, eh?

 

Semakin lelah dan berharap, dengan harga berapa pun, untuk melepaskan diri dari langkah yang salah ini, wakil letnan itu membuat janji. Di malam hari, katanya, dia mulai melaksanakan janjinya. "Aku akan mati," katanya. "Aku akan diadili." Dia tidak memiliki keberanian untuk menambahkan: "Saya menertawakan gagasan itu." Seminggu belum berlalu sebelum dia kembali ke Gereja the Assumption, membuat pengakuan dosanya dengan serius, dan keluar dari ruang pengakuan dengan wajah bermandikan air mata, dan dengan sukacita di dalam hatinya.

 

Seorang pemuda yang telah menjadi kafir sebagai akibat dari kesia-siaan perbuatannya, tak henti-hentinya melontarkan penghinaan terhadap agama, dan mengolok-olok kebenarannya yang paling utama. “Juliette,” seseorang berkata kepadanya suatu hari, “…hal ini akan berakhir buruk. Tuhan telah bosan dengan segala hujatanmu, dan kamu akan dihukum.” "Bah," jawabnya dengan kurang ajar. “Itu memberi saya sedikit masalah. Siapakah yang telah kembali dari dunia lain untuk menceritakan apa yang terjadi di sana?” Kurang dari delapan hari kemudian dia ditemukan mati di kamarnya, tidak memberikan tanda-tanda kehidupan lagi, dan sudah menjadi dingin tubuhnya. Karena tidak ada keraguan bahwa dia sudah mati, dia dimasukkan ke dalam peti mati dan dikuburkan. Keesokan harinya, penggali kubur, menggali kuburan baru di samping kubur Juliette yang tidak bahagia itu, dan penggali itu mendengar suara berisik, dia merasa ada ketukan di peti mati yang disebelahnya. Seketika, dia meletakkan telinganya ke tanah, dan bahkan mendengar suara tertahan, berteriak: “Tolong! tolong!" Pihak berwenang dipanggil. Atas perintah mereka, kuburan dibuka, peti mati diangkat dan dibuka pakunya. Kain kafan dilepas; tidak diragukan lagi, Juliette dikubur hidup-hidup. Rambutnya, kain kafannya berantakan, dan wajahnya berlumuran darah. Sementara orang-orang melepaskannya, dan merasakan jantungnya yakin masih berdetak, dia menghela nafas, seperti orang yang sudah lama kekurangan udara; kemudian dia membuka matanya, berusaha untuk mengangkat dirinya, dan berkata: "Ya Tuhan, terima kasih." Setelah itu, ketika dia sudah sadar kembali, dan dengan bantuan makanan, memulihkan kekuatannya, dia berkata: “Ketika saya sadar kembali di kuburan dan menyadari kenyataan mengerikan dari penguburan saya. Setelah menjerit keras, saya berusaha memecahkan peti matiku, dan membenturkan dahiku ke papan, dan aku melihat semuanya sia-sia. Kematian menampakkan diri kepadaku dengan segala kengeriannya. Bukanlah kematian tubuh yang membuatku takut, tetapi kematian kekal yang sangat membuatku ngeri luar biasa. Aku melihat bahwa diriku akan dikutuk. Ya Tuhan, aku memang pantas mendapatkannya! Kemudian aku berdoa, aku berteriak minta tolong. Aku kehilangan kesadaran lagi, sampai aku terbangun di atas tanah. Oh, Tuhanku yang mahabaik!” Dia berkata dan sekali lagi meneteskan air mata, “Saya telah membenci kebenaran iman; Engkau telah menghukum aku, tetapi dalam belas kasihan-Mu, aku dipertobatkan.”

 

Mereka yang menyangkal keberadaan neraka, akan dipaksa untuk segera mengakuinya. Tapi sayang, itu sudah terlambat. Pastor Nieremberg, dalam karyanya Perbedaan antara Waktu dan Keabadian, berbicara tentang seorang pendosa yang malang, yang, sebagai akibat dari kehidupannya yang jahat, telah kehilangan iman. Istrinya yang saleh menasihatinya untuk kembali kepada Tuhan, dan mengingatkannya tentang neraka, tetapi dia selalu menjawab, dengan keras kepala: "Neraka tidak ada." Suatu hari istrinya menemukan dia meninggal, dan, dalam keadaan yang aneh, dia memegang kertas misterius di tangannya, di mana, dalam huruf besar, terlacak pengakuan yang menakutkan ini: "Saya sekarang tahu bahwa neraka itu ada!"

 

-------------------------------------

 

Silakan membaca artikel lainnya di sini:


LDM, 6 Februari 2023

Pulang dari Afrika, Francis langsung memperbaharui seruannya untuk mengakhiri undang-undang anti-sodomi di Afrika

II. Manifestasi Neraka - pastor F.X. Schouppe, S.J.

Alasan sebenarnya mengapa para uskup liberal berusaha menghentikan Misa Latin

Pedro Regis 5396 - 5400

III. Penampakan Orang-Orang Terkutuk

LDM,14 Februari 2023