Sunday, January 21, 2024

Apakah Neraka Itu Kosong?

 


 

Apakah Neraka Itu Kosong?

Francis Berpikir: Ya; Tapi Yesus Berkata: Tidak

 https://www.complicitclergy.com/2024/01/20/is-hell-empty-francis-thinks-yes-but-jesus-says-no/

 

January 20, 2024 from New Daily Compass by Luisella Scrosati

 

“Saya suka berpikir neraka itu kosong, saya harap itu adalah kenyataan”; kata paus Francis berbicara pada program TV Italia Minggu malam, Che Tempo Che Fa. “Apa yang ingin saya katakan bukanlah dogma iman tetapi pemikiran pribadi saya,” kata paus Francis.

 

Dia tidak menyatakan bahwa Neraka itu tidak ada, dia juga tidak mengatakan bahwa Neraka itu kosong, dia tidak menganjurkan apocatastasis; namun kata-kata yang tampaknya masuk akal itu memuat seluruh drama yang telah dialami Gereja selama lebih dari setengah abad. Dalam wawancara lain yang dilakukan dua ribu tahun yang lalu, yang lebih tulus dan tidak terlalu didorong oleh media massa, ketika Tuhan Yesus sedang dalam perjalanan ke Yerusalem, “…ada seseorang bertanya kepada-Nya, 'Tuhan, apakah hanya sedikit orang yang diselamatkan?'” (Luk 13:23 ). Jawaban atas pertanyaan ini menonjolkan seluruh jarak, bukan jarak waktu maupun ruang, melainkan jarak pengertian atau makna, antara Yesus Kristus dan wakil-Nya: “Berusahalah untuk masuk melalui pintu yang sempit itu, karena banyak orang, Aku berkata kepadamu, akan mencoba memasukinya, tetapi tidak akan berhasil”.

 

Tuhan, yang dari belas kasihan-Nya mendorong Dia untuk menjadi manusia, tidak berusaha menghilangkan kekhawatiran akan keselamatan dari hati manusia, namun bahkan tampaknya meneguhkannya: banyak orang yang tidak mau masuk. Oleh karena itu, kamu yang mendengarkan Aku, kamu yang mempertanyakan Aku, berusahalah untuk masuk.

 

Kelanjutan bacaan Injil Lukas yang dianggap sebagai Injil belas kasihan karena hadirnya tiga perumpamaan tentang domba yang hilang, dirham yang hilang, dan anak yang hilang, semakin kuat: “Ketika tuan rumah bangun dan menutup pintu, berdiri di luar, engkau akan mulai mengetuk pintu sambil berkata, Tuhan, bukalah pintu bagi kami. Tetapi Dia akan menjawabmu: Aku tidak mengenalmu, Aku tidak tahu dari mana asalmu. Kemudian kamu mulai berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu, dan Engkau telah mengajar di lapangan milik kami. Namun Dia akan menyatakan: Aku berkata kepadamu, Aku tidak tahu dari mana asalmu. Enyahlah dari-Ku, kamu sekalian pelaku kejahatan! Akan ada tangis dan kertak gigi ketika kamu melihat Abraham, Ishak dan Yakub serta semua nabi di dalam Kerajaan Allah dan kamu diusir” (Luk 13:25-28). Ini sama sekali bukan sebuah bagian yang terpisah. Dalam Injil St Matius, kita menemukan peringatan serupa: “Masuklah melalui pintu yang sempit, karena lebarlah pintunya dan lebarlah jalan menuju kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; namun betapa sempitnya pintu gerbang dan sempitnya jalan menuju kehidupan, dan betapa sedikitnya orang yang menemukannya! Sekali lagi, perbedaannya sangat mencolok: banyak yang tersesat, dan hanya sedikit yang menemukan jalan menuju kehidupan.

 

 

Silakan membaca lanjutannya di New Daily Compass


-------------------------------------

 

Silakan membaca artikel lainnya di sini:

LDM, 27 Desember 2023

LDM, 2 Januari 2024 

Pedro Regis, 5541 - 5545 

LDM, 10 Januari 2024 

LDM, 15 Januari 2024 

Anne, lokusi 2 Januari 2024 

Pedro Regis, 5546 - 5550