Benedict & Martini
Senjata dari Mafia St. Gallen adalah Sinodalitas
Julia Meloni September 20, 2021
(Almarhum) Kardinal Martini Masih Hidup Terus.
Ini adalah kisah tentang
asal mula “sinode tentang sinode.”
Ini adalah kisah tentang
mimpi — dan juga tentang déjà vu.
(Déjà
vu, dari bahasa Prancis, secara harfiah berarti "pernah dilihat",
adalah fenomena merasakan sensasi kuat bahwa suatu peristiwa atau pengalaman
yang saat ini sedang dialami sudah pernah dialami di masa lalu. Déjà vu adalah
suatu perasaan bahwa dirinya telah mengetahui sesuatu)
Sepanjang hidupnya, Carlo
Maria Martini (gambar atas) adalah seorang
pemimpi. Dalam film dokumenter Italia Vedete, Sono Uno di Voi, kita mendengar keyakinan Martini bahwa hanya mimpi
yang membuat kenyataan dapat ditanggung seseorang.
Sebagai seorang anak
laki-laki, impian Martini adalah untuk mempelajari Alkitab. Ia tumbuh menjadi
sarjana Alkitab yang dihormati — sampai Paus Yohanes Paulus II memisahkan
Yesuit yang pemalu itu dari buku-bukunya untuk menjadi Uskup Agung Milan yang
baru.
Saat itulah mimpi yang lain mencengkeramnya.
Pada tahun 1981 — kata penulis biografi Marco Garzonio — Martini “mulai berbicara
tentang ‘Gereja sinode,’” yang mengkategorikan tujuan ini sebagai “mimpi.”
Menurut Garzonio, ini adalah "mimpi" karena "sebagai orang yang
realistis, serta seorang Yesuit yang bijaksana, dia memahami bahwa argumennya
bukan merupakan sambutan yang memuaskan bagi pihak pemimpin."
“Dia mempresentasikan
idenya itu sebagai gol atau
tujuan yang mungkin masih jauh, tapi dia tidak tinggal
diam,” kata Garzonio.
Ketegangan antara mimpi
dan kenyataan terus menggerogoti Martini — dan pada 1999, dia tidak bisa lagi menunggu
realisasi mimpinya.
Bagi Martini — cendekiawan Alkitab yang kutu buku ini — dia memiliki
sebuah rahasia. Sejak pertengahan 1990-an, dia telah memimpin
mafia
St. Gallen. Itu adalah kelompok klandestin (bawah
tanah) yang terdiri dari beberapa
pejabat tinggi gereja yang menentang
Kardinal Joseph Ratzinger saat itu. Orang-orang ini menyukai desentralisasi dan
revolusi Gereja — dan konon, pada awalnya mereka menginginkan Martini
menjadi paus.
Pada pertemuan mafia St.Gallen
Januari 1999 (menurut biografi resmi
anggota mafia itu, Godfried Danneels), Martini men-share perwujudan terbaru
dari mimpinya. Dia bilang dia ingin adanya sebuah konsili yang baru.
Sebuah konsili baru. Itu adalah mimpi terdalam dari seorang pria yang
suatu hari akan memberitahu Aldo Maria Valli bahwa waktu Vatikan II adalah periode
terbesar dalam hidupnya (Valli, Storia di
un Uomo: Ritratto di Carlo Maria Martini).
Belakangan di tahun itu, di sebuah sinode di Eropa, Martini berdiri dan
membagikan versi baru dari
“mimpinya” ini. Mengacu pada
ingatan tentang Vatikan II, dia berbicara tentang “konsultasi kolegial dan
otoritatif di antara semua uskup di masa depan.” Kemudian dia membuat daftar
“isu-isu kunci” untuk ditangani secara kolegial, dari “seksualitas” hingga
“kekurangan para utusan
(pastor) yang ditahbiskan.”
“Meskipun Martini tidak
pernah menggunakan kalimat 'sebuah
konsili baru,' namun pers Italia meluangkan waktu
untuk melaporkan komentarnya seperti itu,” kata
vaticanista John Allen, Jr. “Namun, orang-orang yang lain mengatakan bahwa Martini
sedang berbicara tentang instrumen baru antara sinode dan konsili.”
Namun menurut Garzonio,
ada nada “kepahitan
dan kekecewaan” dalam suara Martini. Karena ketika milenium baru
mendekat, mimpinya tetap sulit dipahami, dan tidak
terwujud.
Waktu berlalu. Martini
mengungkapkan bahwa dia sakit Parkinson dan pensiun dan
pergi ke Yerusalem pada tahun 2002; Ratzinger
terpilih sebagai Paus Benediktus XVI pada tahun 2005; mafia St. Gallen diduga
bubar sekitar tahun 2006; Martini meninggal pada tahun 2012.
Saat itulah déjà vu Martini dimulai.
***
“Ketika Kardinal Martini
berbicara tentang fokus pada konsili dan
sinode, dia tahu berapa lama dan betapa sulitnya
untuk pergi ke arah itu. Lembut, tetapi tegas dan ulet.”
Saat itu Oktober 2013, dan
seorang paus baru, Francis, memberi
tahu wartawan Eugenio Scalfari (teman lama dan akrab Francis, seorang atheis
tulen) tentang rencananya untuk menjalankan fokus pemikiran Martini pada “konsili dan
sinode.” Segera, paus Francis mengumumkan sebuah sinode tentang keluarga — dan mengajak
alumnus mafia St. Gallen, Kardinal
Walter Kasper, untuk menyampaikan pidato
penetapan agenda di sebuah konsistori utama. Subjek dari perang salib Kasper adalah: mengusulkan pemberian Komuni bagi orang yang bercerai dan menikah lagi secara
sipil, yang secara resmi dikutuk
Ratzinger melalui Kongregasi untuk Ajaran Iman pada tahun 1994.
Bagian yang menakutkan
adalah bahwa pada tahun 2009 Martini sendiri mengatakan kepada Scalfari yang atheis
itu, bahwa mimpinya adalah untuk mengadakan,
pertama-tama, sebuah konsili yang berbicara
tentang masalah perceraian (Scalfari, Il Dio
Unico e la Societ Moderna, hal. 21). Begitulah manuver sinode pembukaan kepausan Francis telah diramalkan bertahun-tahun sebelumnya oleh wawancara
Scalfari lainnya.
Pada tahun 2015,
vaticanista Sandro Magister mulai menerjemahkan
pidato “mimpi” Martini tahun 1999 sebagai cetak biru untuk kepausan Francis.
Melihat kesamaan yang luar biasa antara daftar
keinginan lama Martini dan sinode Francis, Sandro Magister secara akurat meramalkan bahwa sinode berikutnya
setelah sinode keluarga, akan membahas penahbisan
pria yang sudah menikah untuk menjadi imam serta pengangkatan imam wanita.
Sementara itu, pada tahun
2016, vaticanista Edward Pentin — penulis buku
penting tentang kecurangan sinode pertama paus
Francis — yang menerbitkan sebuah laporan yang menyoroti kekhawatiran
tentang potensi subversif sinode. Seperti yang dikatakan Pentin:
beberapa orang khawatir bahwa sinodalitas
Francis pada dasarnya adalah
bertujuan untuk 'mem-protestan-kan'
Gereja Katolik,
mengubahnya menjadi republik kuasi-demokratis, bukannya monarki
kepausan yang melindungi dan membela doktrin Gereja.
Seorang pengamat Gereja,
seorang ahli dalam eklesiologi… percaya bahwa sinodalitas
seperti yang saat ini sedang dibahas, memiliki
konotasi dengan pemikiran Trotzky ('sinodalitas permanen' yang identik dengan 'revolusi
permanen' komunis).
Penekanan saat ini pada
sinodalitas sebagian berasal dari aspirasi mendiang Kardinal Carlo Martini, Jesuit yang mengharapkan
'semacam dewan wali permanen untuk Gereja, di samping Paus.' Dia,
Martini, adalah salah satu orang
pertama yang mengusulkan model ‘Gereja sinode’, di mana Paus tidak lagi
memerintah sebagai raja absolut.
Ini berarti
bahwa “sinode tentang sinodalitas” yang akan
datang bukan hanya latihan birokrasi yang mengacu pada diri sendiri.
“Mengingat ketegangan
dan kepahitan yang terkait dengan sinode baru-baru ini, dan terutama
'Jalur Sinode' nasional yang sedang berlangsung di Jerman, yang menurut para
kritikus dapat menyebabkan Gereja di negara itu jatuh
ke dalam perpecahan
(skisma), kekhawatiran juga tumbuh tentang efek perpecahan dari jenis pemerintahan Gereja seperti
ini, dan kecenderungannya
untuk digunakan dalam memperkenalkan
heterodoksi
(modernisme) ke dalam Gereja,” demikian
catat Pentin.
Dokumen
persiapan resmi ‘sinode tentang sinode’ ini tidak banyak membantu meredakan rasa ketakutan ini. Menyebutkan beberapa versi istilah
“sinode”, “jalan sinode”, atau “sinodalitas”
lebih dari enam puluh lima kali, dokumen tersebut tampaknya terpaku pada konsep-konsep
khayalan yang ingin dijadikan
senjata oleh Martini. Teks Vademecum
yang menyertainya, khususnya, menyinggung “perjalanan sinode” yang
kontroversial di Jerman. Dan itu
tidak memperingatkan atau mengutuk
bahaya yang berpotensi skismatis
ini; sebaliknya, ia mendesak negara itu (Jerman) untuk
“secara kreatif mengartikulasikan proses sinode yang sudah berlangsung disana.”
Ketika dokumen persiapan,
sementara itu, melanjutkan dengan menyarankan "tetap terbuka terhadap
kejutan bahwa Roh pasti akan mempersiapkan bagi kita," déjà vu Martini
tidak dapat disangkal: dalam Percakapan Malam, Martini telah
berbicara tentang sikap "terbuka
terhadap kejutan dari Roh Kudus."
Sebab, hampir satu dekade
setelah kematiannya, Martini masih belum mau melepaskan
angannya.
Sinode tentang sinode akan
menjadi pertempuran lain untuk melepaskan diri dari cengkeraman mimpi yang
menolak untuk mati. Dengan sinode tentang senjata dari mafia St. Gallen — sebuah sinode yang
tampaknya menyetujui jalan sinode Jerman
yang jelas menuju perpecahan Gereja — ini bisa menjadi permainan akhir: impian Martini menjadi kenyataan.
Julia Meloni adalah penulis The St. Gallen Mafia (TAN, 2021). Dia menulis dari Pacific Northwest. Dia memegang gelar sarjana dalam bahasa Inggris dari Yale dan gelar master dalam bahasa Inggris dari Harvard.
Tulisan
lain dari Julia Meloni silakan lihat di sini: Mafia St. Gallen Dan Misa Latin
------------------------------------
Silakan
membaca artikel lainnya di sini:
Sebuah
Berhala Berikutnya Dibawa Masuk Kedalam Vatikan
Ned
Dougherty, 11 September 2021
Mengapa
Bunda Maria Fatima Begitu Khawatir Dengan Rusia?
Bill
Gates Dituduh Mendanai Skema Genosida Seluruh Dunia
5
Alasan Yang Benar Untuk Menjadi (Atau Tetap Menjadi!) Seorang Katolik