Sunday, September 27, 2020

Dogma tentang Neraka – Bagian IV

 The Dogma of Hell – Part IV

  

Bagaimana Menghindari Neraka dalam Kehidupan Kita Sehari-hari

 

https://traditioninaction.org/religious/e067_Hell_4.htm

 

Dr. Remi Amelunxen

 

Apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan jiwa kita? Ini adalah pertanyaan terakhir tentang hidup dan merupakan topik artikel ini dalam serial tentang Neraka. Untuk menjawabnya, kita harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Tuhan kita, "Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? (Mat 16:26)

 

Kita harus menjalani hidup kita di jalan sempit untuk

menghindari hukuman kekal di Neraka

 

Kitab Suci penuh dengan kutipan kuat tentang bagaimana seseorang harus hidup untuk menghindari Neraka (misalnya Mat 26:24, 5:48). Masalah dalam melaksanakannya adalah bahwa nasihat-nasihat Kitab Suci itu sering kali dapat diartikan dengan cara yang berbeda sehingga sulit untuk memahaminya, untuk menghindari Neraka dan mencapai Surga. (1)


Mengetahui hal ini, Tuhan kita telah menyediakan instrumen penting untuk membuat pemahaman tentang kewajiban moral kita lebih mudah:
Tuhan mendirikan Gereja Katolik yang Kudus, sebuah institusi untuk bertahan sepanjang masa yang akan mengajar umat manusia dengan otoritas sehingga kita akan memiliki panduan untuk mencapai keselamatan. Magisterium abadi Gereja Katolik yang didirikan oleh Kristus, yang telah bertahan mengikuti jalan aman yang sama sampai abad ke-20, adalah jalan yang benar menuju keselamatan.


Modernisme & Progressivisme: sebuah tanda kurung di dalam Magisterium

Penyimpangan dari jalan yang sempurna itu sudah dimulai pada akhir abad ke-19 dengan
melalui paham Modernisme yang dipromosikan oleh orang-orang seperti pastor George Tyrrell (1861-1909). Tyrell diekskomunikasi oleh Paus St. Pius X, yang memerangi kesalahan kaum modernis dalam ensikliknya yang terkenal Pascendi Dominici Gregis (1907) dan Silabus Lamentabile sane (1907).

Tetapi salah satu siswa Tyrell,
pastor Teilhard Pierre de Chardin yang terkenal, melanjutkan pekerjaannya. Gagasan panteisnya tentang evolusi merupakan pendahuluan dari kemenangan kaum progresif di KV II dan kemurtadan umum yang diakibatkannya, yang berlanjut hingga hari ini. Ajaran sesat berlimpah di dalam Gereja Konsili yang menyebabkan Api Penyucian dan Neraka diabaikan, diminimalkan atau disangkal oleh pejabat gerejawi dan bahkan Paus. Konsep sesat tentang keselamatan universal mendapat penerimaan umum, didukung oleh para teolog progresif dan juga oleh para Paus.

Saran yang dibuat oleh Yohanes Paulus II dalam Ensikliknya di Ut Unum Sint bahwa mereka yang beragama palsu dapat diselamatkan (2)
sudah cukup bagi banyak umat Katolik yang dangkal imannya untuk mengabaikan gagasan tentang Neraka, dengan asumsi bahwa Tuhan yang maha penyayang akan menyelamatkan semua orang yang memiliki niat baik. Karenanya, umat Katolik saat ini harus meningkatkan kewaspadaan mereka dan menyadari semua yang dibutuhkan bagi keselamatan. Jika tidak, Api Penyucian yang panjang, atau lebih buruk lagi, Neraka abadi akan menjadi takdir mereka…


Dosa material dan formal

Ada banyak jenis dosa yang dimasukkan oleh para moralis Katolik di bawah
naungan ajaran Sepuluh Perintah. Berikut sinopsisnya.


Ketika berbicara tentang dosa berat dan juga dosa ringan, Gereja berhati-hati untuk tidak membuat pernyataan yang pasti
, karena keseriusan suatu dosa dapat bervariasi berdasarkan pada masalah obyektif dari tindakan buruk, keadaan sekitarnya atau kesadaran orang tersebut tentang tingkat keberdosaannya. Faktor-faktor ini menentukan apakah ada dosa berat atau ringan, atau bahkan dalam beberapa kasus, tidak ada dosa yang dilakukan oleh seseorang.

Para teolog moral membedakan antara dosa "material" dan "formal". Tindakan yang bertentangan dengan Hukum Ilahi tetapi tidak diketahui oleh orang tersebut
, merupakan dosa material. Sederhananya, jika seseorang melakukan perbuatan melawan Hukum Ilahi, tanpa menyadarinya, tindakan itu dianggap sebagai dosa “material”, yaitu ada masalah dosa, tetapi orang tersebut tidak menyadarinya. Dosa formal dilakukan ketika orang tersebut dengan sengaja melanggar salah satu Perintah Allah.

Jadi, dalam suatu dosa berat, tiga elemen harus ada: masalahnya serius, pengetahuan yang cukup dan persetujuan dari keinginannya. Jadi, seseorang yang secara keliru mengambil harta milik orang lain, sementara dia mempercayai bahwa hal itu sebagai miliknya, maka dia melakukan dosa material. Tetapi dosa itu menjadi formal jika dia mengambil harta itu dengan keyakinan bahwa itu adalah milik orang lain, apakah keyakinannya benar atau tidak.


Dosa berat

Cara paling penting untuk menghindari Neraka adalah dengan tidak melakukan dosa berat. Sayangnya, saat ini banyak remaja - bahkan mereka yang bersekolah di sekolah Katolik - belum pernah mendengar tentang dosa berat karena kekhawatiran umum (dari pemikiran liberal) yang mungkin "menakutkan mereka". Ini adalah akibat menyedihkan dari kateketik yang dihasilkan oleh KV II.

 

Malaikat memegang timbangan dalam

pengadilan pribadi suatu jiwa


Gereja mengajarkan bahwa beberapa dosa adalah selalu bersiat berat atau mematikan. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada tiga faktor penentu:

 

1.      Sebuah masalah serius, dinilai dari pengajaran Kitab Suci, definisi Konsili dan para Paus, dan juga dari alasan orang tersebut;

2.      Pengetahuan yang cukup, yaitu pemahaman tentang beratnya materi;

3.      Persetujuan penuh atas keinginan orang tersebut.

 

Efek pertama dari dosa berat adalah mencabut kasih karunia pengudusan dari suatu jiwa dan menjauhkan manusia tersebut dari tujuan akhir yang sejati. Jika seseorang meninggal dalam keadaan seperti ini tanpa pertobatan, maka dia akan masuk kedalam ke Neraka. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengakui setiap dosa berat dalam hidup kita untuk memastikan keselamatan kita.


Bagaimana kita harus berhenti melakukan dosa berat? Harus diingat bahwa sebagian besar dosa yang kita lakukan adalah
merupakan dosa kebiasaan, artinya kita cenderung melakukan jenis dosa yang sama berulang kali. Oleh karena itu, kita harus berfokus pada hal-hal salah yang mematikan yang biasa kita lakukan. Orang-orang yang peduli tentang keselamatan juga berusaha untuk menghapus semua dosa ringan yang disengaja, dengan menyadari bahwa dosa-dosa itu menyinggung Tuhan dan menuntun kepada dosa berat.

Dosa berat yang umum biasanya paling berbahaya bagi keselamatan kekal karena tidak membawa stigma sosial - yaitu, "semua orang melakukannya" - yang menghasilkan hilangnya rasa ngeri jika melakukan dosa itu. Saat ini, banyak dosa melawan Iman (Perintah Pertama) dan terhadap kemurnian (Perintah ke 6 dan 9) termasuk dalam kategori ini.


Sepuluh Perintah Allah

Rangkuman singkat pelanggaran terhadap masing-masing Perintah
Allah dengan penekanan pada kengerian dosa berat dapat bermanfaat bagi banyak umat Katolik. Demikianlah yang disajikan di sini. Dosa tertentu selalu merupakan dosa berat dan keadaan yang ada tidak pernah mengubah kasusnya.

Untuk Perintah Pertama, ini termasuk dosa langsung terhadap Tuhan, seperti penyembahan berhala, keputusasaan, penghujatan, menolak Iman Katolik, kemurtadan dari Iman (
yang begitu umum dilakukan di Gereja progresif saat ini), bidaah dan skisma, dan kegagalan untuk mempersembahkan ibadah atau pemujaan tertinggi yang hanya layak bagi Tuhan saja dan yang merupakan hak-Nya.

Perintah Kedua - Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan sembarangan - melarang
sikap tidak hormat kepada nama Tuhan, melanggar sumpah atau janji kepada Tuhan dan simoni

(pembelian atau penjualan hak istimewa gerejawi, misalnya pengampunan atau manfaat tertentu yang diperjualbelikan.)

Perintah Ketiga - Ingatlah bahwa engkau harus menguduskan hari Sabat - perintah bahwa kita menyembah Tuhan pada Kurban Kudus
di dalam Misa, melarang pekerjaan budak yang tidak perlu yang membutuhkan kerja tubuh berlebihan, dan menasihati kita untuk tidak mengabaikan doa dan pekerjaan spirituil yang mengarah pada keselamatan.


Perintah Keempat - Hormatilah ayah dan ibumu – ini adalah panggilan bagi kita untuk menghormati dan mencintai orang tua kita, untuk mematuhi mereka dalam semua hal yang tidak berdosa, dan membantu mereka ketika mereka membutuhkan. Itu juga memerintahkan orang tua untuk menyediakan kesejahteraan rohani dan jasmani bagi anak-anak mereka.

 

Pakaian yang tidak sopan menyinggung Tuhan kita

dan Bunda Maria, terutama saat dipakai di gereja

  

Perintah Kelima - Jangan membunuh – perintah ini melarang pembunuhan, bunuh diri, pertengkaran dan kemarahan yang berdosa, kebencian, balas dendam, kerakusan, kemabukan, contoh yang buruk, risiko sembrono dalam hidup dan partisipasi dalam pertengkaran.

Dosa terhadap Perintah Keenam dan Kesembilan - Jangan berzinah dan
jangan mengingini istri sesamamu - termasuk perzinahan, percabulan, masturbasi, dengan sengaja menikmati pikiran, penampilan, dan tindakan yang tidak murni, baik sendiri maupun dengan orang lain. Seringkali ini adalah dosa berat. Mengenai kenajisan, kengerian khusus dikaitkan dengan tindakan homoseksual, karena itu juga merupakan dosa terhadap alam, yang menuntut keadilan.


Perintah Ketujuh dan Kesepuluh - Jangan mencuri dan Jangan mengingini barang
milik sesama - melarang secara sukarela menyimpan apa yang menjadi milik orang lain; mencuri secara diam-diam adalah tetap merupakan tindakan pencurian dan mencuri dengan kekerasan adalah merupakan perampokan. Perintah ini juga melarang kita melakukan kecurangan dan menerima suap. Lebih jauh lagi, hal itu menghambat keinginan untuk mengambil atau menyimpan secara tidak adil apa yang menjadi milik orang lain dan melarang kecemburuan pada kesuksesan orang lain.

Perintah Kedelapan - Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu - melarang kebohongan, penilaian yang terburu-buru, penghinaan, fitnah dan menyimpan rahasia-rahasia.

Banyak buku doa zaman dulu memasukkan bagian dengan pemeriksaan hati nurani sebelum melakukan Pengakuan Dosa. Pemeriksaan batin ini menanyakan pertanyaan-pertanyaan terkait untuk setiap Perintah, serta untuk Tujuh Dosa Utama dan Enam Perintah Gereja. Membaca pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu membuat seseorang waspada terhadap pelanggaran - baik serius maupun ringan - yang mungkin dilakukan. Untuk kenyamanan pembaca, pemeriksaan semacam itu dapat ditemukan di sini dan di sini.

 

*****

 

Terungkap: Organisasi Komunis China Membiayai Organisasi Black Lives Matter

LDM - Penglihatan Dan Renungan LDM 13 September 2020

Bagaimana Pemerintah Cina Menggunakan Warganya Sebagai Tikus Percobaan

Dogma tentang Neraka – Bagian I

Dogma tentang Neraka – Bagian II

Dogma tentang Neraka – Bagian III

“Iblis dan Karl Marx”: sebuah ulasan

 

 

No comments:

Post a Comment