Monday, September 28, 2020

Dogma tentang Neraka - Bagian V

 Dogma tentang Neraka - Bagian V

 https://traditioninaction.org/religious/e068_Hell_5.htm

 Neraka, Kemurnian & Rahmat Pengudusan

 

Dr. Remi Amelunxen

 

Selain beberapa dosa besar terhadap Sepuluh Perintah Allah yang harus dipertimbangkan dalam pemeriksaan hati nurani, yang kami tunjukkan di sini, ada juga Tujuh Dosa Besar yang terkait erat dengan Perintah-perintah Allah itu:

 


 

Tujuh Dosa Pokok:

1. Kesombongan, yang sebenarnya adalah penyebab dari segala dosa lainnya;

2. Keserakahan, cinta yang berlebihan akan kekayaan dan barang-barang duniawi;

3. Nafsu, keinginan yang berlebihan atau kesenangan dalam kenikmatan seksual;

4. Kemarahan, keinginan untuk membalas dendam, (berbeda dengan kemarahan yang benar, yang muncul karena melihat hukum Tuhan dilanggar);

5. Iri hati, dendam atau kesedihan atas keberhasilan atau milik orang lain, yang dapat menimbulkan kemarahan, kebencian, kecemburuan dan kedengkian dalam diri sendiri;

6. Kerakusan, terlalu memanjakan diri dengan makanan atau minuman;

7. Kemalasan, kurangnya upaya fisik atau spiritual yang patut disalahkan, yang membuat seseorang enggan melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai keselamatan.

 

 

Untuk mencapai keselamatan, kita juga wajib menjaga Enam Ajaran Gereja:

 

1. Mengikuti Misa pada semua hari Minggu dan Hari-hari Raya yang diwajibkan;

2. Berpuasa dan berpantang pada hari-hari yang ditentukan;

3. Mengaku dosa setidaknya setahun sekali;

4. Menerima Komuni Kudus di masa Paskah;

5. Berkontribusi untuk mendukung Gereja;

6. Mematuhi hukum Gereja tentang Perkawinan.

 

Bergantung pada situasinya, pelanggaran terhadap ajaran-ajaran ini bisa merupakan dosa berat. Misalnya, melewatkan Misa Kudus pada hari Minggu dengan sengaja atau karena malas adalah dosa berat.


Pentingnya kemurnian


Tidak ada yang lebih penting dalam hidup kita selain kemurnian.


Banyak negara telah dihancurkan oleh ketidakmurnian lebih daripada invasi oleh negara lain. Kekaisaran Romawi yang berhala itu jatuh terutama karena kerusakan moral pribadi dan publik. Sodom dan Gomora lenyap dari muka bumi karena dosa-dosa yang tidak wajar melawan kesucian yang berseru ke pada Surga untuk melakukan pembalasan. Masyarakat yang tidak murni adalah masyarakat yang terkutuk.

 

Dekadensi moral Roma menyebabkan kejatuhannya

Dan apa yang kita miliki di dunia saat ini? Kenajisan atau ketidakmurnian hingga sampai pada fondasinya yang nampaknya hanya bisa diperbaiki dengan melalui Hukuman Ilahi seperti yang disampaikan oleh Bunda Maria di Fatima dan Quito.

Tubuh kita adalah milik Tuhan, dan kita tidak dapat menggunakannya
bagi segala bentuk kenajisan. Santo Paulus memberi tahu kita bahwa tubuh kita adalah Bait Roh Kudus. Perintah Keenam dan Kesembilan mengamanatkan kemurnian tubuh dan pikiran, karena dosa kenajisan meluas kepada pikiran serta tindakan.

Yang menjadi tempat lahir kenajisan atau ketidakmurnian adalah nafsu-nafsu dari indera kita. Untuk "membenarkan" kecenderungan dan kesalahan nafsu kita yang buruk, kita menemukan atau menciptakan berbagai alasan dalam pikiran kita. Juga, pikiran kita dengan sendirinya dapat menjadi sumber godaan ketika kita tidak bisa mengendalikan ingatan kita --- dengan cara mengingat dan berkutat pada dosa-dosa masa lalu --- dan imajinasi kita --- lamunan yang bersifat sensual. Pikiran buruk harus dihilangkan dengan doa dan diarahkan kepada hal-hal yang baik di mata Tuhan.

Untuk menghindari ketidakmurnian, kita dapat mempertimbangkan saran tradisional berikut:

• Bersikaplah rendah hati dalam penampilan, pakaian, kata-kata dan tindakan;

• Jangan mengasosiasikan diri kita dengan teman yang tidak sopan atau tidak murni;

• Dengan hati-hati hindarilah buku, film, dan situs internet yang buruk dan tidak murni, dan jangan mendengarkan bahasa yang buruk atau jorok dalam bentuk apa pun;

• Berdoalah dengan segera begitu godaan melawan kemurnian datang kepada kita;

• Mengaku dosa dan menerima Komuni Kudus sesering mungkin;

• Melakukan devosi yang tekun kepada Bunda Allah, Perawan Yang Paling Murni.

Ada lebih banyak jiwa pergi ke Neraka karena ketidakmurnian daripada dosa-dosa lainnya, Bunda Maria memberi tahu visiuner Jacinta dari Fatima. Seseorang hendaknya dapat menyadari pentingnya menghindari semua dosa terhadap kebajikan ini.

Rahmat Pengudusan

Untuk menghindari Neraka, seseorang harus tetap berada dalam keadaan rahmat pengudusan. Rahmat pengudusan adalah kehormatan, kemuliaan dan kegembiraan kita, untuk dihargai dengan segala cara. Nilainya dalam jiwa kita lebih besar daripada semua nilai alam semesta ini. Maka Setan menggunakan setiap tipu daya dengan tujuan untuk membuat kita kehilangan rahmat pengudusan itu.

 

Terlalu sedikit orang yang menyadari pentingnya berada

dalam keadaan rahmat pengudusan pada saat kematian

 

Sungguh, berapa banyakkah umat Katolik saat ini yang tahu apa itu rahmat pengudusan, dan yang paling penting: untuk menghindari Neraka dan mencapai keselamatan? Berikut garis besarnya:

.

1. Rahmat pengudusan adalah partisipasi dalam kehidupan ilahi yang menyucikan jiwa kita dan menjadikan kita sebagai sahabat Allah dan memberi kita klaim atas warisan Surga;

2. Rahmat pengudusan menjadikan kita sebagai Bait Roh Kudus.

3. Rahmat pengudusan hilang oleh setiap dosa berat.

4. Rahmat pengudusan dipulihkan melalui pertobatan, pengakuan dan absolusi oleh seorang imam.

 

Melalui rahmat kita mendapatkan Surga; jumlah rahmat pengudusan yang kita terima dan penerapannya di sini, di dunia ini, akan menjadi ukuran yang tepat dari pahala kita di Surga. Kasih karunia atau rahmat pengudusan adalah partisipasi kita dalam kehidupan ilahi, sebuah perpanjangan dari generasi kekal Putra Allah, Tuhan kita Yesus Kristus. Hanya di Surga kita akan menyadari nilai yang tak terhingga dari rahmat pengudusan ini.


Mengingat bahwa di masa kemurtadan umum
dan menyeluruh saat ini, doktrin tentang rahmat pengudusan tidak lagi dikhotbahkan dan diajarkan, kita bisa bertanya berapa banyak umat beriman yang memiliki gagasan dan pengertian tentang apa rahmat pengudusan itu dan apa pula pentingnya?

Berpalinglah kepada Bunda Maria

Jika seseorang merasa putus asa karena kesulitan untuk mencapai Surga, biarlah dia berpaling kepada Bunda Maria.

 


Bunda Maria adalah perlindungan dan harapan

semua orang berdosa

 

Perawan Tersuci adalah bahtera yang terberkati, kata St. Bernard, di mana siapa pun yang berlindung kepadanya akan lolos dari bangkai kapal kutukan kekal. Pada saat air bah, bahkan binatang buas pun diselamatkan di dalam bahtera Nuh. Jadi, di bawah perlindungan Maria, bahkan orang berdosa pun diselamatkan.

Suatu hari, dalam sebuah penglihatan, St. Gertrude melihat Bunda Maria dengan jubahnya terbuka lebar. Di bawah lipatan-lipatannya terdapat banyak sekali hewan liar: singa, beruang, harimau - semuanya berlindung di sana. Orang Kudus itu memperhatikan bahwa Perawan Maria tidak mengusir pergi binatang-binatang itu. Dia menyambut binatang-binatang itu dengan ramah dan membelai mereka. Dari sini, St. Gertrude menyimpulkan bahwa selain orang-orang berdosa yang paling ganas sekali pun tidak ditolak oleh Maria, tetapi mereka bahkan disambut dan diselamatkan oleh Bunda Maria, dari kematian kekal.

Marilah kita memasuki bahtera ini,
bahtera Bunda Maria; marilah kita berlindung di bawah jubah Bunda Maria dan dia tidak akan menolak kita, tetapi akan mengamankan keselamatan kekal kita.

Cara lain yang aman untuk
memperoleh keselamatan, menurut pendapat penulis ini, adalah meminta bantuan kepada St. Josef, pasangan yang suci dari Maria, dan memintanya juga untuk menjadi perantara bagi kita guna mencapai keteguhan akhir dan penyesalan yang sempurna atas dosa-dosa kita.

Kesimpulan

Telah diketahui dengan baik bahwa anak-anak kegelapan dikuasai oleh pengejaran kesenangan, harta benda dan kekuasaan. Apa yang kurang diakui adalah bahwa anak-anak terang, yang sibuk mengejar keselamatan, sering menyia-nyiakan banyak waktu mereka, yang seharusnya digunakan untuk memuliakan Tuhan. Hal ini menghalangi mereka untuk mengumpulkan harta yang lebih besar di Surga. Penyia-nyiaan seperti itu dapat mengarah ke Neraka atau tinggal lama sekali dalam Api Penyucian yang memurnikan mereka. Oleh karena itu, marilah kita berusaha dengan sekuat tenaga, selagi kita masih bisa, untuk menimbun harta di Surga.

Tampaknya sudah tepat untuk mengakhiri serial tentang Neraka ini dengan memohon berkat yang secara tradisional digunakan oleh klerus bagi umat mereka dan oleh umat awam bagi keluarga dan teman mereka:

 

Benedictio Dei omnipotentis, Patris et Filii et Spiritus Sancti

descendat super nobis et maneat sempre.

Dalam nomine Patris, et Filii, et Spiritus Sancti. Amin. (1)

 

Semoga Berkat Tuhan Yang Mahakuasa, Bapa, Putra dan Roh Kudus,

turun atas kita semua dan tetap untuk selamanya.

Dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Amin. (1)

 

 

*****

 

LDM - Penglihatan Dan Renungan LDM 13 September 2020

Bagaimana Pemerintah Cina Menggunakan Warganya Sebagai Tikus Percobaan

Dogma tentang Neraka – Bagian I

Dogma tentang Neraka – Bagian II

Dogma tentang Neraka – Bagian III

“Iblis dan Karl Marx”: sebuah ulasan

Dogma tentang Neraka – Bagian IV

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment