Thursday, July 12, 2018

TDB Epperson Bab 7


TATA DUNIA BARU

Oleh A. Ralph Epperson

 

 

Bab 7

 

Ular, Bintang Dan Matahari

 

 

 

Maka siswa sejarah harus menemukan makna tersembunyi di balik simbol-simbol dalam literatur Masonik dan dalam upacara inisiasi rahasia untuk memahami Ordo Masonik.

Salah satu simbol pertama yang perlu diperhatikan adalah simbol ular, yang juga disebut naga.

Manly P. Hall menulis bahwa penggunaan simbol ini sudah setua manusia purba, ketika dia menulis ini dalam bukunya yang berjudul, THE SECRET TEACHINGS OF ALL AGES: "Di antara hampir semua bangsa kuno ini, ular telah diterima sebagai simbol kebijaksanaan. .. " (131)

Di sini Hall menyatakan bahwa ular itu adalah simbol "kebijaksanaan." Patut diingat bahwa Lord Maitreya, pemimpin New Age masa depan, juga akan mengklaim dirinya memiliki "kebijaksanaan."

Hall melanjutkan: "Pemujaan ular dalam berbagai bentuknya telah meresap ke dalam hampir seluruh bagian bumi."

"Ular adalah simbol dan prototipe dari Juruselamat Universal, yang menebus dunia dengan memberi ciptaan pengetahuan tentang dirinya serta perwujudan baik dan jahat." (132)

Dan kemudian Hall menghubungkan ular dengan Misteri-misteri Kuno yang telah dibahas sebelumnya. Dia melanjutkan dengan komentar bahwa ular itu disembah oleh para imam agama itu: "Para Imam dari Misteri-misteri dilambangkan sebagai ular, kadang-kadang disebut juga dengan nama Hydra." (133)

Dia kemudian menunjukkan bahwa Misteri-misteri Kuno telah diwariskan kepada berbagai budaya lain, hingga ia dibawa ke masa sekarang: "Raja-raja Ular (perhatikan bahwa Hall menulis dua kata ini dengan huruf besar, seperti yang dilakukan orang untuk menyebut dewa atau bangsawan) memerintah atas bumi ini.

Para Raja-raja Ular inilah yang mendirikan Sekolah-sekolah Misteri yang kemudian muncul sebagai Misteri-misteri Mesir dan Brahmana ... Ular adalah simbol mereka ... Mereka adalah Anak-Anak Cahaya yang sejati, dan dari mereka telah turun garis panjang para ahli dan inisiat yang telah terbukti mumpuni dan bertindak sesuai dengan hukum." (134)

Penulis lain, Wilfred Gregson, memberi tahu pembacanya mengapa Hall memakai huruf besar pada dua kata "Raja Ular" ketika dia menulis: "Satu simbol dari keunggulan besar di seluruh peradaban kuno adalah ular, di mana ia melambangkan 'Kearifan Ilahi'." (135)

Begitulah Hall memiliki alasan untuk memakai huruf besar, karena dia telah menemukan bahwa ular itu mewakili keilahian.

Perhatikan juga bahwa Gregson, meskipun dia memilih untuk tidak menggunakan kata "ular", tetapi dia menegaskan bahwa penggunaan huruf kapital oleh Hall adalah benar ketika dia menyatakan bahwa ada hubungan antara "Kebijaksanaan Ilahi" dan ular.

Hall juga membuat hubungan yang sama dalam komentar-komentar ini: "Ular itu benar dan sejalan dengan prinsip-prinsip kebijaksanaan, karena itu ia menggoda manusia agar menyadari tentang dirinya sendiri." (136)

Seekor ular "sering digunakan oleh orang dahulu untuk melambangkan kebijaksanaan." (137)

Simbol ular memiliki kebenaran tersembunyi lainnya, demikian menurut Kenneth Mackenzie. Dia mengidentifikasi kebenaran dalam kutipan ini ketika dia menggambarkan seekor Ular Yang Kurang Ajar: "Itu adalah sejenis Mediator, dan sebuah janji penebusan."

Kata ‘Brazen’ didefinisikan sebagai "berani, atau kurang ajar." Dan kata ‘kurang ajar’ didefinisikan sebagai "tanpa malu-malu tetap berani atau tidak sopan."

Patut diingat bahwa Lucifer adalah seorang kerubim yang telah diurapi di surga, yang kemudian jatuh ke dalam dosa karena dia mencari kekuatan ilahi. Kisah ini tercakup dalam Yesaya 14: 12-14 dari Perjanjian Lama: "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi… Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.

Oleh karena itu, dapat dikatakan dengan jelas bahwa Lucifer akan dianggap ‘tanpa malu-malu tetap berani atau tidak sopan.’

Tampaknya Brazen Serpent bisa jadi adalah Lucifer itu!

Penulis lain, John Anthony West, menulis sebuah buku berjudul, SERPENT IN THE SKY, di mana dia juga menghubungkan ular dengan ‘kebijaksanaan.’ Dia menulis: "... ular melambangkan intelek, sifat yang dengan apa bisa membedakan manusia. Ada kecerdasan yang lebih tinggi dan lebih rendah.

Jadi, secara simbolis, ada ular yang merangkak, dan ular dengan intelek yang lebih tinggi, yang memungkinkan manusia untuk mengenal Tuhan - ular surgawi, ular di langit." (138)

Penyembahan berhala yang agak terselubung terhadap ular di langit, di dalam pondok-pondok Mason, disinggung oleh penulis Masonik lainnya, Kenneth Mackenzie, dalam bukunya yang berjudul, THE ROYAL MASONIC CYCLOPAEDIA. Dia menulis: "Di antara tuduhan yang disukai terhadap Ordo Kesatria Templar, bagi apa Jacques de Molay telah menderita kemartiran, adalah berupa pemujaan berhala atau gambar yang disebut sebagai Baphomet.

Telah dikemukakan bahwa Baphomet tidak lain adalah Ancient of Days, atau Pencipta.

Tidak bisa dikatakan lebih banyak lagi di sini tanpa kita mengungkapkan hal-hal yang tidak benar, tentang apa yang kita maksudkan dengan Mason, karena kita terikat untuk menyimpan, menyembunyikan dan tidak pernah mengungkapkan." (139) Jadi, menurut Mason ini, ular, entah bagaimana, merupakan simbol dari subjek penyembahan Masonik, dan ternyata fakta ini adalah rahasia yang tidak dapat diungkapkan oleh kaum Mason ke seluruh dunia.

Seorang pendeta Kristen, Pendeta Alexander Hislop, menulis sebuah buku yang mencakup beberapa diskusi tentang masalah penyembahan ular. Dalam buku itu, yang berjudul TWO BABYLONS, dia menjelaskan bahwa penyembahan ular bukanlah sesuatu yang baru. Itu adalah praktek kuno.

"Bersama dengan matahari (simbol ini akan dibahas kemudian) sebagai dewa api-agung, dan pada waktu tertentu, diidentifikasi dengan dia, adalah ular yang disembah. Dalam mitologi dunia primitif, ular secara universal adalah simbol dari matahari.

... karena matahari adalah penerang agung dari dunia fisik, maka ular dianggap sebagai pencerah spiritual yang agung, dengan memberi manusia 'pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.' (140)

Dia kemudian mendiskusikan sebuah koin yang dicetak di Tirus, pusat kebudayaan kuno Fenisia. (Koin ini juga merupakan subjek artikel dalam majalah The Good News edisi September 1986.) Koin itu menggambarkan seekor ular yang terjerat di sekitar tunggul pohon. Di sebelah kiri tunggul berdiri tumpah ruah yang kosong, dan di sebelah kanan ada pohon palem yang tumbuh subur. Ular pada koin itu adalah simbol dari dewa yang kuat yang oleh orang Roma disebut Aesculapius. Nama itu berarti ‘ular yang memerintah manusia.’

Artikel itu kemudian melaporkan: "Dalam mitologi, Aesculapius diyakini sebagai anak dari Matahari, dan dengan demikian ia adalah 'enlightener' (pencerah) umat manusia.

Sementara legenda itu berlanjut, Aesculapius akhirnya diserang oleh petir yang dilemparkan oleh Zeus yang marah, raja para dewa, dan Aesculapius dilemparkan ke dunia bawah." (141) Tunggul pohon melambangkan dewa ‘yang jatuh’ dan kerajaannya yang hancur. Dalam mitologi banyak peradaban kuno, gambar pohon tumbang digunakan untuk melambangkan pemenggalan atas dewa atau pahlawan besar, atau seseorang yang terputus di tengah-tengah kekuatan mereka. Ular pada koin itu terlihat melilit di sekitar tunggul yang mati, mengerahkan kekuatannya dalam upaya untuk mengembalikan kerajaannya yang jatuh.

Cornucopia adalah simbol kuno dari sesuatu yang banyak atau melimpah, tapi cornucopia itu kosong pada koin. Hal ini diartikan bahwa kelimpahan telah terputus atau terhenti karena ‘dewa’ yang agung telah dihentikan. Namun implikasinya adalah bahwa ‘tanduk kelimpahan’ akan kembali ketika "dewa" yang jatuh itu dikembalikan kepada posisi "yang sah", posisinya semula.

Pohon palem yang ditunjukkan pada koin adalah simbol kemenangan. Jadi tampaknya koin itu dicetak untuk menggambarkan kembalinya dewa ular yang telah jatuh ke dunia.

Alkitab berbicara tentang seekor ular yang jatuh dalam kitab Wahyu, pasal 12, ayat 9. Namun, dalam kasus ini, ular itu berhubungan dengan simbol ular yang lain: "si naga besar."

Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.

Apakah ular yang disembah dalam Misteri-misteri Kuno dan digunakan sebagai simbol dalam upacara-upacara Masonik, adalah simbol Setan, iblis? Seperti yang telah dibahas, memang ada bukti bahwa inilah kasusnya.

Simbol lain yang perlu dianalisis adalah bintang.

Pada halaman yang berseberangan dengan halaman 124 pada ENCYCLOPAEDIA karya Mackey ada gambar yang menunjukkan "simbol-simbol Freemasonry."

Termasuk dalam dua puluh simbol Masonik yang ditampilkan disitu adalah gambar dari bintang jatuh.

Dapat dikatakan bahwa bintang cemerlang atau bintang jatuh akan menjadi salah satu bintang yang bergerak cepat di alam semesta. Salah satu arah dimana ia bisa bergerak adalah menuju bumi. Jika bergerak ke arah bumi, maka ia disebut "bintang jatuh.

Lucifer adalah "malaikat yang jatuh," menurut Yesaya, seorang nabi Perjanjian Lama, yang menulis ini dalam Yesaya 14:12: "Wah, engkau sudah jatuh dari langit, oh Lucifer…

Perhatikan bahwa Yesaya juga mengatakan bahwa Lusifer jatuh dari surga. Dan bagian lain dari Alkitab melaporkan bahwa dia jatuh ke bumi.

Jadi, dapat dibayangkan bahwa simbol bintang "jatuh" atau "menyala" bisa menjadi simbol Lucifer.

Berbagai penulis telah menggunakan tulisan mereka untuk mendiskusikan bintang sebagai simbol. Profesor Adam Weishaupt, pendiri Illuminati, adalah orang yang menjelaskan apa yang dia anggap sebagai bintang sebagai simbol: "... Bintang menyala adalah Obor Penalaran." (142)

Mackey menulis bahwa bintang: ",,,adalah simbol Tuhan."

Dia kemudian menghubungkan bintang yang menyala itu dengan simbol lain ketika dia menulis: "Bintang Yang Terbakar ... mengarahkan kita kepada matahari ..." (143)

Dan kemudian dia menghubungkannya dengan upacara inisiasi rahasia di dalam pondok Masonik: "Pada Tingkat Keempat dari Ritus yang sama (Ritus Skotlandia Freemasonry), Bintang Terang itu sekali lagi dikatakan sebagai simbol cahaya Kuasa Ilahi yang menunjuk kepada jalan kebenaran." (144)

Dan Hutchens, penulis Masonik yang telah menulis buku terbaru tentang Masonry, lebih lanjut menafsirkan simbol bintang: "Bintang sebagai jenis dari segudang sinar matahari yang menerangi sistem dunia lain yang tak terhitung jumlahnya, adalah lambang Cahaya Masonik dalam pencarian yang dilakukan oleh setiap Mason – sebagai pengetahuan yang benar tentang Keilahian, dan hukum-hukum-Nya yang mengendalikan alam semesta." (145)

Terkait erat dengan simbol bintang adalah simbol matahari. Albert Pike mengidentikkan hal itu dengan penyembahan masa lalu dalam kutipan ini dari tulisan-tulisannya: "Penyembahan matahari menjadi dasar dari semua agama kuno." (146)

"... ribuan tahun yang lalu, kaum pria memuja Matahari ... Awalnya mereka melihat di luar bulatan matahari untuk mencari Tuhan yang tak terlihat ... Mereka mempersonifikasikan Tuhan itu sebagai Brahma, Amun, Osiris, Bel, Adonis, Malkarth, Mithras, dan Apollo. Krishna adalah Dewa Matahari Hindu." (147)

"... bangsa Galia menyembah Matahari dengan nama Belin atau Belinis." (148)

"Matahari adalah simbol kuno dari kekuatan yang memberi hidup dan daya untuk berkembang dari Dewa. Matahari adalah manifestasi dan gambarnya yang kelihatan." (149)

"Matahari adalah tanda hieroglif Kebenaran, karena ia adalah sumber Cahaya." (150)

Maka Albert Pike mengidentifikasi matahari sebagai simbol dewa yang harus disembah. Dia memilih untuk mengkapitalisasi huruf pertama dalam kata, "s," sebagai orang yang akan mengakui nama suatu dewa.

Albert Mackey mengulangi pendapat Pike dengan komentar-komentar seperti ini tentang "penyembahan matahari:"

"... agama itu adalah yang tertua dan yang paling umum dari semua agama kuno. Eusebius mengatakan bahwa Fenisia dan Mesir adalah yang pertama yang menganggap dan mengakui sifat keilahian dari matahari."

"Hampir tidak ada simbol-simbol Mason yang lebih penting dalam penandaan mereka atau lebih luas dalam aplikasi mereka daripada matahari, sebagai sumber cahaya material, dimana hal ini mengilhami pikiran Mason tentang cahaya intelektual yang selalu dicari-cari olehnya.

Kemudian, di dalam Masoneria, Matahari disajikan kepada kita yang pertama sebagai simbol cahaya, tetapi kemudian secara lebih tegas lagi, sebagai simbol penguasa yang berdaulat." (151)

Jadi, matahari adalah simbol dari sesuatu yang hanya diketahui oleh orang-orang beriman dalam agama yang dikenal sebagai Misteri Kuno.

Orang-orang yang percaya ini, yang disebut sebagai pakar, tentu tahu bahwa orang-orang tidak akan menerima agama misteri mereka, jadi mereka harus menyembunyikannya dari mereka. Karenanya, tugas itu (menyembunyikan misteri ini) menjadi salah satu tugas untuk menciptakan agama di sekitar keyakinan yang mereka tahu akan diterima oleh orang banyak, karena hal itu adalah masuk akal, setidaknya sejauh para ahli menjelaskannya. Tetapi tujuan dasarnya adalah untuk menciptakan agama populer sebagai penutup untuk penyembahan rahasia mereka.

Agama rahasia itu akan dibangun di sekitar kepercayaan kepada matahari.

Matahari akan menjadi sarana yang sempurna untuk membangun sebuah agama di sekitarnya karena sifat dasarnya. Matahari bisa terlihat jelas dan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Ia terbit di pagi hari (tampaknya dilahirkan) dan kemudian terbenam di malam hari, (tampaknya mati) dan kemudian tampak "dilahirkan kembali" keesokan paginya. Ia juga tampak berkeliaran di langit, bergerak lebih jauh ke utara (atau selatan) setiap malam. Kemudian kembali ke posisi yang ditetapkan baginya dua kali setahun.

Jadi matahari tampaknya memiliki kelahiran atau kematian yang utama, dua kali setiap hari dan dua kali setiap tahun.

Akan sangat mudah bagi para ahli untuk menjelaskan kepada orang-orang bahwa hanya sesuatu yang lebih besar dari manusia, dewa, yang memiliki kemampuan untuk mati dan hidup kembali. Jadi, para ahli itu akan mengajarkan orang-orang bahwa mereka harus berdoa kepada dewa atau mereka akan memilih untuk tidak kembali. Mereka mendorong pemujaan matahari sehingga matahari akan kembali kepada umat manusia lagi, baik sekali sehari, atau setiap enam bulan sekali.

Albert Pike mengonfirmasi pandangan ini dengan penjelasan mengapa manusia purba memuja matahari: "Bagi mereka (manusia purba) ... perjalanan Matahari, bersifat sukarela dan bukan mekanis ..." (152)

Jadi manusia purba menganggap matahari sebagai sesuatu yang bergerak secara sukarela. Dengan kata lain, matahari tidak harus kembali lagi setiap pagi. Manusia harus dengan cepat menentukan bahwa karena matahari tidak harus kembali, maka manusia harus mulai memintanya agar ia muncul kembali. Manusia pasti sudah tahu betapa pentingnya matahari bagi kehidupan dan kesejahteraannya dan dia pasti telah memutuskan untuk berkesimpulan bahwa jika matahari memilih untuk tidak kembali, maka semua umat manusia akan binasa. Jadi itu adalah lompatan mudah dari sebuah keyakinan bahwa matahari yang diperlukan itu adalah sebuah entitas yang memilih untuk bergerak melintasi langit di siang hari, dengan keyakinan bahwa ia akan kembali hanya jika manusia berdoa agar ia kembali.

Tetapi ada sesuatu yang lebih menarik untuk menganggap bahwa Pike tidak menjelaskan apa-apa dengan komentar itu.

Tentunya, untuk membuat agama yang baru itu berhasil, orang-orang yang beriman kepadanya harus mampu memprediksi gerakan matahari. Tidaklah terlalu lama sebelum beberapa orang awam mulai menyadari bahwa matahari bukanlah makhluk yang sebenarnya atau dewa yang harus disembah, tetapi matahari adalah sesuatu yang bergerak sesuai dengan hukum yang tepat. Jika orang-orang awam mengetahui aturan ini, mereka tidak akan membutuhkan para ahli yang telah menghitung siklus periodik matahari. Jadi, untuk menjaga kekuatan mereka tetap utuh, mereka akan mengajarkan kepada orang-orang bahwa jika manusia tidak mengakomodasi keinginan mereka, mereka akan memastikan bahwa matahari tidak kembali.

Mereka bahkan bisa memprediksi, karena pengukuran mereka menjadi lebih canggih, waktu dan tanggal yang tepat ketika bulan akan berjalan di antara matahari dan bumi, hingga menyebabkan matahari "menghilang" (gerhana matahari).

Mereka kemudian bisa menipu orang-orang untuk mempercayai bahwa mereka adalah penyebab dari hilangnya matahari itu. Mereka kemudian dapat menjelaskan kepada orang-orang bahwa jika mereka tidak terus membayar mereka dengan semacam tanda penghargaan tertentu, maka mereka tidak akan melakukan syafaat atau tindakan pengantaraan atas nama mereka, dan matahari tidak akan muncul kembali.

Untuk menjaga pikiran orang-orang biasa agar tidak tahu bahwa seluruh agama mereka adalah penipuan, para ahli akan melakukan upacara yang indah dan penuh hiasan di sekitar pemujaan matahari. Dan mereka mengharapkan orang-orang membayar mereka untuk ritual yang rumit itu. Dan untuk membuat ritual mereka valid, para ahli selalu mengklaim bahwa matahari mematuhi doa-doa mereka, dengan demikian mereka meyakinkan orang-orang akan kebutuhan mereka untuk mempertahankan jumlah para pengikutnya. Orang-orang akan terus memberikan penghargaan tertentu kepada para ahli ini selama mereka tampaknya berhasil.

Sekarang, jika para ahli tahu bahwa matahari adalah simbol dari sesuatu yang tidak didukung oleh orang banyak, seperti keyakinan bahwa Lucifer, iblis, adalah dewa yang mereka sembah, maka mereka harus melanjutkan dengan sandiwara mereka, sehingga orang-orang tidak akan memutuskan untuk berhenti beribadah. Karena jika orang-orang itu mengetahuinya, mereka tidak akan lagi mendukung kegiatan mereka. Mereka harus menjaga kepercayaan mereka dari orang-orang, dan menyembunyikan ibadah rahasia mereka dalam simbol-simbol tersembunyi.

Maka beribadah melalui penyembahan matahari adalah sebuah agama yang penuh dengan kemakmuran.

Hutchens menulis tentang sikap seperti itu dalam bukunya:

Di Tabernakel, para saudara,
berpakaian hitam, berduka citalah Osiris,
yang mewakili matahari, cahaya, kehidupan, kebaikan dan keindahan.
Mereka merenungkan cara bumi untuk kembali merasa senang dengan kehadirannya.

Pike menghubungkan matahari dengan Osiris, yang dikatakan oleh Hutchens sebagai layak untuk  berkabung: "Tiga lampu di Altar (di dalam Kuil Masonik) mewakili Osiris, Isis dan Horus. Osiris diwakili oleh Matahari." (154) Mackey melangkah lebih jauh dan memberi tahu pembacanya bahwa: "Osirus adalah matahari ..." (155)

Dalam bukunya yang berjudul, INTRODUCTION TO FREEMASONRY, Carl H. Claudy, sang penulis, dia sendiri adalah seorang Mason, menghubungkan penyembahan matahari dengan upacara di dalam Pondok Masonic: "Pondok ... membuat dia (yang berarti sang inisiat) berada di jalan yang mengarah kepada Cahaya, tetapi itu adalah tugas baginya untuk ...melakukan perjalanan melalui jalan berliku ke Timur simbolik." (156)

Matahari fisik terbit di timur, dan kaum Mason menjelaskan bahwa pencarian mereka akan cahaya dimulai di timur. Perhatikan bahwa Claudy mengkapitalisasi kata "Timur," tampaknya ini sebagai penghormatan kepada tempat di mana mereka percaya bahwa dewa ini berada.

Para Mason memberitahu dunia bahwa mereka mengelilingi (didefinisikan sebagai berjalan di sekitar) lantai Bait Suci selama upacara inisiasi mereka. Claudy menjelaskan mengapa ritual ini dilakukan: "Ketika si calon pertama-tama mengitari ruang penginapan di sekitar altar, dia berjalan selangkah demi selangkah bersama ribuan orang-orang yang telah menyembah Yang Mahatinggi dengan cara peniruan yang sederhana.

Jadi, pemikiran tentang perjalanan berkeliling bukan lagi sekadar parade, tetapi ia adalah upacara yang penting, menghubungkan semua orang yang mengambil bagian di dalamnya dengan aspirasi spiritual dari masa lalu yang suram dan jauh." (157) Dia lebih lanjut memberitahu pembacanya tentang mengapa upacara ini adalah bagian dari kegiatan mereka: "Para pemula berjalan mengelilingi altar yang berisi bakaran api yang adalah Allahnya, dari timur ke barat dengan melalui selatan (perhatikan bahwa utara tidak termasuk dalam upacara ini. Signifikansi dari pengabaian arah utara itu akan dibahas kemudian) Begitulah perjalanan berkeliling menjadi bagian dari semua perayaan agama mereka."

Di bagian lain dari bukunya yang berjudul INTRODUCTION TO FREEMASONRY, Claudy melaporkan bahwa gaya berjalan ini dapat dilacak kepada agama kuno di masa lalu. Dia menulis: "Perjalanan berkeliling... ada pada upacara-upacara Mesir kuno." (158) Jadi, praktek para Mason modern ini didasarkan pada praktek-praktek keagamaan kuno di zaman dahulu.

Jadi para Mason mengatakan kepada kami bahwa anggota pemula berjalan berkeliling dalam lingkaran karena dia menyembah matahari. Kemudian mereka memberi tahu kami bahwa mereka melakukannya untuk alasan yang sama.

Ada alasan tertentu bahwa arah utara sebagai lokasi yang akan dikunjungi dalam perjalanan mereka di sekitar lantai kuil tidak termasuk dalam upacara inisiasi mereka, dan enam penulis Masonik terkenal telah memberi tahu kami mengapa demikian.

Kapten William Morgan menawarkan pembacanya penjelasan dengan komentar ini dari bukunya: "... oleh karena itu bagi kita, kaum Masonik, istilah utara adalah sebuah tempat kegelapan." (159)

Mackey menegaskan pernyataan itu dalam bukunya: "Utara, secara aturan Masonik, disebut sebagai tempat kegelapan." (160)

Dan Pike mengkonfirmasikan komentar yang dibuat oleh dua Mason lainnya dengan pernyataan ini: "Untuk semua Mason, Utara segera menjadi tempat kegelapan, dan cahaya terang dari Pondok mereka, tidak ada yang di Utara." (161)

Dan Kenneth Mackenzie menambahkan pikirannya yang menegaskan: "Utara selalu dihargai sebagai tempat kegelapan." (162)

Hutchens menjadi penulis Mason kelima yang mengkonfirmasi detail ini: "Seperti dalam tingkatan yang lain, ritual penutupan memberikan ringkasan atas pelajaran yang diajarkan dalam tingkatan itu. Kami mendengar di Barat elang berkumpul dan malapetaka tirani sudah dekat. Di Selatan, kebenaran berjuang melawan kesalahan dan penindasan. Di Utara, fanatisme dan intoleransi berkurang. Di Timur, orang-orang mulai tahu hak-hak mereka dan menjadi sadar akan martabat mereka dan bahwa sinar matahari akan segera menyinari puncak gunung-gunung." (163)

Hutchens memberi tahu pembacanya bahwa Utara adalah tempat "fanatisme dan intoleransi" bermukim. Apa yang dia maksudkan dengan ini dan apa yang diwakili oleh simbol Utara akan dibahas dalam paragraf-paragraf selanjutnya dari penelitian ini.

Dan penulis Mason keenam yang menegaskan bahwa Utara adalah tempat kegelapan adalah Carl Claudy, yang menulis ini dalam bukunya berjudul, INTRODUCTION TO FREEMASONRY: "... tempat kegelapan, Utara." (164)

Dan alasan mengapa kaum Mason tidak memasukkan arah Utara dalam ritus mereka ditemukan dalam Alkitab dalam Yesaya 14:13: "Aku (yang berarti Lucifer) hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.

Tuhan dari Alkitab duduk di Utara, dan Lucifer berharap suatu hari untuk memperoleh tahta Allah untuk menjadi miliknya. Tetapi, sampai saat itu, "Utara adalah tempat kegelapan."

Tetapi, sementara utara adalah wilayah yang dikecualikan, timur adalah "tempat cahaya," dan harus dihormati. Hutchens memberi tahu pembacanya mengapa demikian: "... Timur - sumber cahaya dan dengan demikian sumber pengetahuan." (165)

Albert Mackey mengutip Etienne Francois Bazot, seorang penulis Masonik Perancis dalam bukunya ENCYCLOPAEDIA: "Penghormatan yang dimiliki oleh kaum Mason untuk Timur ... mengandung hubungan dengan agama primitif yang kemerosotan pertamanya adalah berupa  penyembahan matahari." (166)

Rex Hutchens kemudian memberitahu pembacanya bahwa Mason memasang lampu-lampu di sekitar ruang Pondok mereka selama upacara inisiasi untuk tingkat ke 25, yang disebut Knight of the Sun. Dia menulis: "Langit-langit ruangan harus dihias untuk mewakili langit dengan bulan, planet-planet utama dan rasi bintang Taurus dan Orion. Sebuah cahaya tunggal yang kuat, berupa bola kaca yang besar, mewakili matahari, berada di Selatan.

Dalam arti fisik cahaya yang lebih besar berasal dari matahari dan transparansi memberikan cahaya yang lebih suram...secara simbolis, matahari atau cahaya terang adalah mewakili Kebenaran dan cahaya yang lebih suram adalah representasi simbolis manusia akan Kebenaran." (167) Mackey lebih lanjut membahas ritus perputaran ini, sebagaimana dia menyebutnya, dalam ENCYCLOPAEDIA-nya. Dia mengatakan bahwa ritus itu:". .. ada di dalam Freemasonry.

... orang-orang selalu berjalan tiga kali mengelilingi altar sambil menyanyikan sebuah lagu suci. Dalam melakukan prosesi ini, perhatian besar dilakukan untuk bergerak meniru jalannya matahari." (168)

Dia kemudian membantu pembaca memahami praktek ini di kuil-kuil Masonik: "Ritus Perputaran ini tidak diragukan lagi merujuk pada doktrin pemujaan matahari ..." (169)

Dan di bagian lain dari buku-buku yang dia tulis, Mackey secara langsung mengatakan bahwa ritus tersebut terhubung dengan penyembahan matahari.

Inilah yang ditulisnya dalam sebuah buku berjudul, MANUAL OF THE LODGE: "Paradigma di antara bangsa-bangsa berhala mengacu pada doktrin-doktrin agung dari Sabaisme atau penyembahan matahari." (170)

Sabaisme didefinisikan oleh Mackey dalam ENCYCLOPAEDIA sebagai: "SABAISME: Penyembahan matahari, bulan dan bintang-bintang, 'isi langit.' Ajaran ini dipraktekkan di Persia, Kasdim, India dan negara-negara Oriental lainnya, pada periode awal sejarah dunia." (171)

Dia kemudian menambahkan komentar yang agak tersamar: "... dan meskipun dogma penyembahan matahari tidak tentu ada dalam Freemasonry, kami menemukan kiasannya dalam Ritus Perputaran yang dilestarikannya ..." (172)

Seseorang dapat mengerti apa yang dimaksud Mackey dengan komentar itu: Mason tidak menyembah matahari, mereka menyembah Matahari!

Jadi, dia mengatakan yang sebenarnya, tetapi menyembunyikannya dalam bahasa simbolis.

Hutchens kemudian memberikan informasi secara sukarela bahwa pada tingkat ke 12 dari 32 tingkat, Ritus Perputaran selalu dipertahankan. Dia menulis: "Dalam semua Scottish Rite Degrees sejauh ini, kandidat telah membuat dua puluh satu putaran yang ditentukan di sekitar altar; tingkat ini menambah tujuh untuk total dua puluh delapan putaran.

Praktek ini, yang disebut circumambulation, perjalanan berputar, berasal dari zaman dahulu dan sudah ada di antara orang-orang Romawi, Semit, Hindu, dan lain-lain.

Hal ini dianggap sebagai ritual pemurnian.

Matahari dipercaya bergerak mengelilingi bumi; para inisiat meniru gerakan matahari ketika mereka membuat putaran di sekitar altar." (173)

Selanjutnya, pada tingkat kesembilan, simbol-simbol lain dari matahari dilibatkan dalam upacara. Hutchens mengatakan kepada pembacanya: "Setelah kewajiban dilakukan, sembilan lilin kuning dinyalakan. Kuning adalah wakil dari matahari, karenanya ia adalah cahaya dan pengetahuan." (174)

Dalam tingkat kesepuluh, simbol-simbol lebih lanjut yang mewakili matahari digunakan, menurut penulis ini: "Ada tiga set yang masing-masing terdiri dari lima lampu: lilin berwarna kuning, yang berarti pengetahuan dan juga sebagai warna matahari, mewakili Dewa." (175)

Petunjuk lain bahwa matahari dan ular adalah simbol yang dikenal dari Pondok Masonik diberikan oleh judul-judul dari dua di antara 32 tingkat di dalam Pondok Masonik.

Inisiasi tingkat 25 disebut Knight of the Brazen Serpent, dan inisiasi derajat 28 disebut Knight of the Sun.

Ada simbol lain dari matahari di dalam Pondok Masonik. Guru yang Penuh Ibadah, yang setara dengan Presiden dari Pondok, duduk di sisi timur bait suci. Kami diberi tahu mengapa "Guru yang Beribadah mewakili matahari saat terbit, karena dia sebagai Pengawas Senior (perwira lain dari Pondok) mewakili matahari pada pengaturannya, dan Pengawas Junior (petugas lain dari Pondok) mewakili matahari di meridian (titik setengah jalan.)" (176)

Individu dan organisasi lain selain Pondok-pondok Masonik juga terlibat, dalam berbagai tingkatan, dengan penyembahan matahari, atau dengan pengakuan bahwa matahari memainkan peran sentral dalam pemahaman mereka tentang sifat dunia.

Elizabeth Clare Nabi, digambarkan sebagai pemimpin dalam Gerakan New Age, dan dia telah menulis ini dalam newsletter yang dia terbitkan yang disebut THE COMING REVOLUTION: "…  penyembuhan bangsa-bangsa dimulai dengan penyembuhan diri kita sendiri. Kita harus menarik keluar dari Great Central Sun - Cahaya abadi dimana kita telah urapi sejak awal." (177)

Adolf Hitler, kepala pemerintah Jerman sebelum dan selama Perang Dunia II, dan yang bertanggung jawab langsung atas pembunuhan lebih dari 50 juta orang, adalah juga seorang pemuja matahari.

Pada awal hidupnya, dia bergabung dengan organisasi rahasia bernama Thule Society. Dan empat puluh tahun setelah perang, beberapa sejarawan akhirnya menyelidiki keyakinan-keyakinannya yang aneh itu.

Dua dari penulis ini, Michel Bertrand dan Jean Angelini, telah menghasilkan sebuah buku berjudul, THE OCCULT AND THE THIRD REICH, dan salah satu kesimpulan mereka adalah: "Dalam kosmologi Nazi, matahari memainkan peran utama ... sebagai simbol sakral dari Arya, berbeda dengan simbolisme feminin dan magis dari bulan, yang dipuja oleh bangsa Semit."

Partai Nazi adalah nama Partai Pekerja Sosialis Jerman Nasional, partai yang bergabung dengan Hitler. Ia kemudian menjadi partai pengendali pemerintah Jerman sebelum dan selama perang.
... Fuhrer (bahasa Jerman untuk ‘pemimpin’, dalam hal ini yang berarti  Hitler) melihat pada orang-orang Yahudi, dengan rambut hitam dan berkulit gelap, sebagai sisi gelap dari spesies manusia, sementara bangsa Aryans yang berambut pirang dan bermata biru merupakan sisi terang dari kemanusiaan. Maka Hitler melakukan pemusnahan (makna untuk kata ‘menghilangkan’) dari dunia semua material dari unsur-unsur yang tidak murni ... untuk membawanya kembali kepada kemuliaan." (178)

Tetapi penyembahan matahari, sebagaimana dikatakan oleh kaum Mason, bukanlah hal baru. Alkitab juga berbicara tentang itu. Yehezkiel adalah nabi dari Perjanjian Lama yang menulis selama periode 571 hingga 592 SM. Dia menceritakan tentang bagaimana dia dibawa oleh Tuhan untuk melihat sebuah praktek pemujaan yang terjadi di dekat Kuil.

Ini adalah apa yang dia tulis dalam Yehezkiel 8: 15-16: " Kemudian dibawa-Nya aku ke pelataran dalam rumah TUHAN; sungguh, dekat jalan masuk ke bait TUHAN, di antara balai Bait Suci dan mezbah ada kira-kira dua puluh lima orang laki-laki, yang membelakangi bait TUHAN dan menghadap ke sebelah timur sambil sujud pada matahari di sebelah timur.

Dan Yehezkiel menunjukkan bahwa Tuhan Allah menganggap praktik ini "sebuah kekejian."

Ada referensi lain untuk penyembahan matahari dalam Perjanjian Lama, kali ini dalam Ulangan 17: 2-4, 7. Referensi itu berbunyi sebagai berikut: "Apabila di tengah-tengahmu di salah satu tempatmu yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, ada terdapat seorang laki-laki atau perempuan yang melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, Allahmu, dengan melangkahi perjanjian-Nya, dan yang pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya, atau kepada matahari atau bulan atau segenap tentara langit, hal yang telah Kularang itu; dan apabila hal itu diberitahukan atau terdengar kepadamu, maka engkau harus memeriksanya baik-baik. Jikalau ternyata benar dan sudah pasti, bahwa kekejian itu dilakukan di antara orang Israel, ….  Saksi-saksi itulah yang pertama-tama menggerakkan tangan mereka untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu."

Jadi Allah dalam Alkitab telah menjelaskan bahwa penyembahan matahari adalah sesuatu yang Da tidak ingin makhluk-Nya melakukannya.

Alkitab bahkan lebih jauh mengatakan, dalam kedua contoh itu, bahwa Dia menganggap praktek itu sebagai "kekejian" atau "kejahatan".

Tetapi untuk menunjukkan sejauh mana praktek ini telah menguasai komunitas Kristen, "doa" berikut ini didaraskan pada pemakaman baru-baru ini di sebuah gereja Kristen lokal: "Sekarang kamu tidak akan merasakan hujan, karena Ibumu, bumi, akan melipatkan lengannya di sekitarmu.

Sekarang kamu tidak akan merasakan dingin, karena Bapamu, Matahari, akan selalu menghangatkan kamu."

Penyembahan matahari itu berlanjut. Karena beberapa gereja Kristen ada yang berdoa kepada dewa Matahari dalam pelayanan gereja mereka. Dan mereka tidak mengerti siapa yang mereka doakan.

Secara gampangnya, Dewa Matahari yang mereka serukan itu adalah Lucifer!


No comments:

Post a Comment