Friday, November 20, 2020

Leonardo Boff, teolog dari teologi pembebasan, akan berbicara dalam konperensi yang disponsori Vatikan

 

Liberation theologian, Leonardo Boff 

 

Teolog dari teologi pembebasan, sahabat akrab Francis, diundang untuk berbicara dalam sebuah konperensi yang disponsori oleh Vatikan

 

https://www.lifesitenews.com/news/pope-francis-favorite-liberation-theologian-to-speak-at-vatican-sponsored-economics-conference

 

Teolog pembebasan, Leonardo Boff, 81, adalah salah satu pembicara utama dalam 'The Economy of Francesco.' Menurut seorang globalis, Jeffrey Sachs, yang mencatat pesan tentang konferensi tahun lalu, tujuannya adalah 'untuk menciptakan ekonomi dunia baru yang adil, makmur, dan berkelanjutan secara lingkungan.'

 

Thu Nov 19, 2020 - 3:10 pm EST ·        

 

By Dorothy Cummings McLean 

 

VATICAN CITY, 19 November 2020 (LifeSiteNews) - Seorang teolog kontroversial, sahabat dekat Francis, akan memberi kuliah di konferensi online internasional yang disponsori oleh Vatikan.

 

Teolog dari teologi pembebasan, Leonardo Boff, 81, adalah salah satu pembicara utama dalam acara "The Economy of Francesco." Acara bagi kaum muda itu berlangsung selama tiga hari, yang dimulai hari ini, berkantor pusat di Assisi, Italia. Menurut Jeffrey Sachs, yang merekam pesan tentang konferensi tahun lalu, tujuannya adalah "untuk menciptakan ekonomi dunia baru yang adil, makmur, dan berkelanjutan secara lingkungan." Sachs sendiri, seorang kolaborator dengan influencer sayap kiri, George Soros, dijadwalkan untuk berbicara di konferensi itu pada sore ini.

 

Boff, yang diyakini sebagai sumber dari banyak ide ekologi dan teologis dari paus Francis, dijadwalkan untuk berbicara besok bersama dengan pastor Vilson Groh. Judul kuliah mereka adalah "Tanggung jawab sosial-ekologis: pandangan global, tindakan teritorial."

 

Mantan imam Fransiskan Brasil ini, adalah salah satu dari sejumlah tokoh gerejawi yang pengaruh kontroversialnya atas teologi Katolik pada 1960-an atau 1970-an membuat mereka menjadi perhatian pengawas doktrinal Vatikan pada 1980-an. Pada tahun 1985, Boff melaporkan bahwa Kongregasi Ajaran Iman, yang saat itu di bawah pimpinan Kardinal Joseph Ratzinger, telah memintanya untuk “diam dan bertobat” karena pandangan-pandangannya yang keras. Pada tahun 1984, dia dipanggil ke Roma untuk menjelaskan ide-ide dalam buku karyanya The Church: Charisma and Power. Menanggapi tuduhan terhadap dirinya dalam kaitannya dengan Teologi Pembebasan yang dianutnya, Boff menyatakan bahwa dia tidak terinspirasi oleh Karl Marx.

 

“Saya menyatakan bahwa saya bukanlah seorang Marxist,” kata Boff.

 

"Sebagai seorang Kristiani dan seorang imam Fransiskan, saya mendukung kebebasan, hak, agama, dan perjuangan mulia demi keadilan menuju masyarakat baru."

 

Menurut The New York Times, Boff menyatakan bahwa misi Gereja adalah "pembebasan" dan bahwa "Injil berpihak pada orang miskin."

 

Pada tahun 1992, ketika Boff sekali lagi diminta untuk tetap diam, dia meninggalkan ordo Fransiskan. Dia menikah tanpa izin Gereja dan melanjutkan suatu bentuk pelayanan imamat ‘khusus’ saat ini. Boff juga banyak menulis tentang masalah ekologi.

Sebagai kritikus keras terhadap Kardinal Ratzinger, ide-ide Boff menjadi acuan dalam disertasi akademis pada 1990-an, dan dia menikmati kebangkitannya di akhir hidupnya sekarang berkat terpilihnya Jorge Bergoglio sebagai paus. Ketika ensiklik tentang lingkungan dari paus Francis ‘Laudato si' diterbitkan, para kolaborator Boff yang bermata tajam, melihat kehadiran gagasan-gagasan teman mereka (Boff) dalam ensiklik kepausan itu. Pemikiran Boff muncul lagi dalam dokumen-dokumen resmi yang dirancang sebelum dan sesudah Sinode Amazon. Baru-baru ini, ide-ide Boff telah mewarnai pemikiran paus Francis bahwa epidemi virus Corona Covid-19 adalah hukuman bumi terhadap umat manusia atas "dosa ekologis" kita.

Boff mengungkapkan dalam sebuah wawancara tak lama setelah pemilihan paus Francis, bahwa dia mengenal paus Argentina itu secara pribadi dan mereka saling menyukai. Kemudian, Boff merilis sebuah foto yang diambil pada tahun 1972, yang memperlihatkan dirinya tampil bersama dengan pastor Jorge Bergoglio.

 

Membela Francis dari spekulasi awal bahwa dia adalah seorang yang sangat konservatif, Boff mengatakan bahwa mantan Uskup Agung Buenos Aires itu baru saja, dengan hati-hati, mengikuti garis partai ketika menyangkut masalah yang ‘panas.’

 

“Vatikan telah menetapkan seperti ini: semua uskup tingkat tinggi harus menjaga antrean. Tidak ada yang perlu dipertanyakan. Tapi itu bisa berubah sekarang,” kata Boff kepada majalah berita Jerman Der Spiegel.

 

Dalam wawancara itu, Boff menyatakan bahwa dirinya senang karena paus baru ini telah mengambil nama Francis, karena dalam pandangannya "St.Francis dari Assisi berpihak kepada sebuah gereja untuk orang miskin dan tertindas, untuk kesadaran lingkungan dan melawan kemewahan."

 

Boff juga mengatakan bahwa ada orang yang lebih baik yang duduk di Kursi Petrus daripada “Ratzinger,” ketika Benediktus XVI yang baru saja turun tahta.

 

Peter Kwasniewski, penulis beberapa karya teologi dan liturgi, mengatakan kepada LifeSiteNews bahwa kebangkitan karier Boff saat ini adalah salah satu dari banyak indikasi kepercayaan paus Francis terhadap Boff.

 

“Rehabilitasi terhadap Boff adalah salah satu dari ratusan tanda tegas yang diperlihatkan paus Francis selama masa kepausannya untuk memberi sinyal persis di pihak mana dia berdiri, tanpa harus mengatakannya sendiri,” kata Kwasniewski melalui media sosial.

 

“Teologi Pembebasan, campuran beracun dari Kristologi murahan dan ideologi Marxis, dinilai tidak Katolik dan bahkan anti-Katolik, di bawah John Paul II selama kepemimpinan Ratzinger di CDF,” lanjutnya.

 

“Seperti biasa, Teologi Pembebasan memperoleh manfaat dari penggunaan pesan Injil yang selektif dan samar-samar. Ketidakadilan yang mereka khawatirkan adalah nyata, tetapi interpretasi dan solusi yang mereka usulkan tidak hanya meragukan tetapi, dalam banyak kasus, absurd secara filosofis dan sesat secara teologis.”

 

Menurut website Vatikan, Dicastery for Promoting Integral Human Development, konferensi "Economy of Francesco" ini mempertemukan para pemikir sosialis berpengalaman seperti Boff dan Sachs dengan "ekonom dan wirausahawan muda." Rupanya, "Ekonomi Fransiskus" sudah menjadi gerakan "anak muda dengan wajah, kepribadian, dan gagasan yang mapan, yang hadir dan tumbuh di seluruh dunia untuk mengubah ekonomi saat ini dan memberikan jiwa pada ekonomi masa depan." Menurut National Catholic Register, "sekitar 2.000" orang di bawah 35 tahun ikut serta secara online.

 

Penulis John Zmirak khawatir bahwa konferensi "Economy of Francesco" akan menghasilkan ‘kesetaraan buatan’ dan menyerang hak asasi manusia primordial atas properti pribadi.

 

“Dengan menuduh 'ketidaksetaraan' ekonomi manusia sebagai kejahatan dan menolak kepemilikan pribadi sebagai hak asasi manusia, maka konferensi ini (akan menetapkan) dirinya sendiri secara langsung bertentangan dengan ajaran-ajaran Gereja,” kata Zmirak.

 

“Leo XIII, bapak dari ajaran sosial Katolik modern, sangatlah jelas. Dia mengatakan bahwa bahkan amal kasih Kristiani, terutama keadilan, TIDAK menuntut orang kaya untuk melepaskan 'posisi' mereka di masyarakat. Dia juga menyebut properti pribadi sebagai sebuah hak 'suci', dan mereka yang menyerangnya asalah 'jahat,' ” lanjutnya.

 

“Fantasi-fantasi utopis kaum kiri Katolik, yang kebetulan menggemakan skema para insinyur dan miliarder sosial di Forum Ekonomi Dunia, adalah jerat beracun yang pantas menerima cemoohan kita.”

 

***** 

Mantan Mata-Mata Soviet: Kami Menciptakan Teologi Pembebasan

http://rosa-devosi.blogspot.com/2015/08/mantan-mata-mata-soviet-kami.html

http://veritas-vincit-international.org/2015/08/09/former-soviet-spy-we-created-liberation-theology/

 

Bunda Maria, Bayside, March 18, 1973

Teilhard de Chardin berada di dalam neraka

(Teilhard de Chardin adalah salah satu imam, promotor teologi pembebasan) 

"Banyak klerus Kami menjadi buta karena kasih mereka akan kesenangan dan kekayaan duniawi. Banyak orang yang telah menerima orang setinggi jabatan imam. Teilhard de Chardin berada di dalam neraka! Dia terbakar selamanya karena pencemaran yang dia sebarkan ke seluruh dunia! Seorang hamba Allah telah meraih pilihannya sendiri sebagai sebuah sarana manusia untuk masuk ke dalam kerajaan setan.

 

*****

 

Transhumanisme

Laporan Pelecehan Seks Di Inggris Telah Mengecam Paus

Skandal Keuangan Vatikan

Pedro Regis 5041 - 5045

Enoch, 13 Nopember 2020

LDM, 16 Nopember 2020

Enoch, 18 Nopember 2020