Tuesday, December 29, 2020

Bertemu Orang Yang Mendirikan Illuminati

 

 

Kassel in 1783, the capital of the Protestant state of Hesse, whose Prince Karl was one of many high-profile figures linked to the Illuminati.

IMAGE COURTESY BRIDGEMAN/ACI OIL PAINTING BY J. H. TISCHBEIN  

 

BERTEMU ORANG YANG MENDIRIKAN ILLUMINATI 

https://www.nationalgeographic.com/history/magazine/2016/07-08/profile-adam-weishaupt-illuminati-secret-society/

 

Bagaimana seorang profesor Bavaria akhirnya menciptakan sebuah kelompok yang akan menjadi pusat teori konspirasi dunia selama dua abad? 

 

BY ISABEL HERNÁNDEZ

 


 

 

Pemikir JERMAN abad ke -18 Adam Weishaupt akan tercengang jika dia tahu bahwa ide-idenya suatu hari nanti akan memicu teori konspirasi global, dan menginspirasi berbagai novel dan film blockbuster terlaris.

 

Sampai dia berusia 36 tahun, sebagian besar rekan senegaranya akan sama tertegunnya saat mengetahui bahwa profesor yang secara lahiriah terhormat ini, adalah musuh negara yang berbahaya, yang perkumpulan rahasianya, Illuminati, dianggap mengancam tatanan masyarakat luas.

 

Lahir pada tahun 1748 di Ingolstadt, sebuah kota di Elektorat Bavaria (sekarang bagian dari Jerman modern), Weishaupt adalah keturunan orang Yahudi yang berpindah agama menjadi Kristen. Yatim piatu di usia muda, pamannya yang terpelajar mengurus pendidikannya, dan mendaftarkannya di sekolah Yesuit. Setelah menyelesaikan studinya, Weishaupt menjadi profesor hukum alam dan kanon di Universitas Ingolstadt, menikah, dan membentuk sebuah keluarga. Di permukaan, itu adalah karier yang cukup konvensional — sampai 1784, ketika negara bagian Bavaria mengetahui ide-idenya yang sangat menghasut.



RITUAL-RITUAL RAHASIA, RINCIAN detil


 

Freemason, seperti perkumpulan masyarakat rahasia lainnya,

selalu mengadakan upacara-upacara inisiasi.

IMAGE COURTESY BRIDGEMAN/ACI

ENGRAVING FROM 1733

 

 

Berbagai makalah rahasia yang disita oleh otoritas Bavaria mengungkapkan detil menarik tentang ritual Illuminati. Seorang pemula yang bersiap untuk lulus ke level yang lebih tinggi dari minerval, misalnya, harus mempresentasikan laporan rinci tentang judul buku yang dimilikinya, identitas musuhnya, dan titik lemah dari karakternya. Setelah diinisiasi sebagai minerval, dia berjanji untuk mengorbankan semua kepentingan pribadi untuk kepentingan masyarakat rahasia itu.

 

Melihat lebih dekat pada masa kecilnya, bagaimanapun, terungkap bahwa Weishaupt selalu memiliki pikiran yang gelisah. Sebagai anak laki-laki, dia adalah seorang yang rajin membaca, membaca buku-buku karya filsuf Pencerahan Prancis terbaru di perpustakaan pamannya. Bavaria pada waktu itu sangat konservatif dan Katolik. Weishaupt bukanlah satu-satunya yang menuduh bahwa monarki dan gereja sedang menindas kebebasan berpikir manusia.

 

Yakin bahwa ide-ide religius tidak lagi menjadi sistem kepercayaan yang memadai untuk mengatur masyarakat modern, ia memutuskan untuk menemukan bentuk lain dari "iluminasi," serangkaian ide dan praktik yang dapat diterapkan untuk secara radikal mengubah cara negara-negara Eropa dijalankan. 

Freemasonry terus berkembang di seluruh Eropa pada periode ini, menawarkan alternatif yang menarik bagi para pemikir bebas. Weishaupt awalnya berpikir untuk bergabung dengan sebuah lodge atau pondok Freemason. Kecewa dengan banyak ide Freemason, bagaimanapun, ia menjadi asyik dalam buku-buku yang berhubungan dengan tema esoteris, seperti Misteri Tujuh Orang Bijak di Memphis dan Kabbala, dan memutuskan untuk mendirikan sebuah perkumpulan rahasia baru sendiri. 

 

Masyarakat rahasia 

Weishaupt, katanya, tidak menentang agama itu sendiri, melainkan cara yang dipraktikkan dan dipaksakan. Pemikirannya, tulisnya, menawarkan kebebasan “dari semua prasangka agama; menumbuhkan kebajikan sosial; dan menjiwainya dengan prospek kebahagiaan universal yang besar, layak, dan cepat. Untuk mencapai ini, perlu untuk menciptakan "keadaan kebebasan dan kesetaraan moral, terbebas dari rintangan yang terus-menerus dilemparkan oleh subordinasi, pangkat, dan kekayaan kepada kita."

 

 

The Kreuztor Gate stands in Ingolstadt, the Bavarian city whose religious and political conservatism Weishaupt sought to challenge.

PHOTOGRAPH BY MARIA BREUER/IMAGEBROKER/AGE FOTOSTOCK 

 

Pada malam 1 Mei 1776, anggota Illuminati pertama bertemu untuk mendirikan sebuah ordo di hutan dekat Ingolstadt. Bermandikan cahaya obor, ada lima pria berkumpul. Di sana mereka menetapkan aturan yang mengatur tatanan organisasi. Semua kandidat masa depan untuk penerimaan anggota baru, membutuhkan persetujuan anggota lama, memiliki reputasi yang kuat dengan hubungan keluarga dan sosial yang mapan, dan kekayaan.

 

Pada awalnya, keanggotaan ordo ini memiliki tiga level: pemula, minerval, dan minerval tercerahkan. "Minerval" mengacu pada dewi kebijaksanaan Romawi, Minerva, yang mencerminkan tujuan ordo itu untuk menyebarkan pengetahuan sejati, atau pencerahan, tentang bagaimana masyarakat dan negara dapat dibentuk kembali menjadi lebih baik.  

Illuminati bertujuan untuk menciptakan "sebuah keadaan kebebasan dan kesetaraan moral." 

Selama tahun-tahun berikutnya, ordo rahasia Weishaupt berkembang pesat dalam ukuran dan keragaman, kemungkinan berjumlah 600 anggota pada tahun 1782. Mereka termasuk orang-orang penting dalam kehidupan publik Bavaria, seperti Baron Adolph von Knigge. Meskipun, pada awalnya, Illuminati terbatas pada siswa Weishaupt, keanggotaannya diperluas hingga mencakup para bangsawan, politisi, dokter, pengacara, dan ahli hukum, serta intelektual dan beberapa penulis terkemuka, termasuk Johann Wolfgang von Goethe. Pada akhir 1784, Illuminati memiliki 2.000 hingga 3.000 anggota.

 

Baron von Knigge memainkan peran yang sangat penting dalam organisasi dan ekspansi masyarakat rahasia ini. Sebagai mantan Freemason, dia mendukung untuk mengadopsi ritus yang serupa dengan Freemason. Anggota Illuminati diberi nama "rahasia" simbolis, yang diambil dari zaman kuno klasik: nama untuk Weishaupt adalah Spartacus, misalnya, dan nama untuk Knigge adalah Philo. Tingkat keanggotaan juga menjadi hierarki yang lebih kompleks. Ada total 13 derajat inisiasi, dibagi menjadi tiga kelas. Yang pertama mencapai puncaknya pada derajat illuminatus minor, yang kedua illuminatus dirigens, dan yang ketiga, derajat raja.

 


Adam Weishaupt, founder of the Illuminati

PICTURE COURTESY KARGER-DECKER/AGE FOTOSTOCK 

 

 

KONEKSI PERANCIS


 

Charles Theodore, Duke-Elector of Bavaria (1777-1799)

IMAGE COURTESY AKG/ALBUM 

 

Setelah Revolusi Prancis dimulai pada 1789, organisasi Illuminati dituduh menginginkan pemberontakan serupa melawan rezim Bavaria. Beberapa bahkan mengklaim bahwa Weishaupt telah bertemu dengan pemimpin revolusioner Prancis, Robespierre. Kenyataannya, Weishaupt lebih merupakan seorang reformer daripada seorang revolusioner yang hebat.  

Sebuah tugas rahasia 

Berbagai tekanan internal dan eksternal, bagaimanapun, akan segera mengakhiri ekspansi ordo ke eselon atas dari struktur kekuasaan Bavaria. Weishaupt dan Knigge semakin memperebutkan tujuan dan prosedur ordo, sebuah konflik yang, pada akhirnya, memaksa Knigge untuk meninggalkan masyarakat rahasia ini. Pada saat yang sama, mantan anggota lainnya, Joseph Utzschneider, menulis sepucuk surat kepada Grand Duchess of Bavaria, yang konon membuka tutup paling rahasia dari masyarakat ini.


Fakta yang terkumpul merupakan campuran dari kebenaran dan kebohongan. Menurut Utzschneider, anggota Illuminati percaya bahwa bunuh diri itu sah, bahwa musuhnya harus diracuni, dan bahwa agama adalah absurditas. Dia juga menyarankan bahwa Illuminati bersekongkol melawan Bavaria atas nama Austria. Setelah diperingatkan oleh istrinya, Duke-Elector of Bavaria mengeluarkan dekrit pada bulan Juni 1784 yang melarang pembentukan segala jenis masyarakat rahasia yang sebelumnya tidak diizinkan oleh hukum.

 

Illuminati awalnya mengira bahwa larangan umum ini tidak akan berdampak langsung pada mereka. Tetapi kurang dari setahun kemudian, pada Maret 1785, penguasa Bavaria mengeluarkan dekrit kedua, yang secara tegas melarang masyarakat rahasia itu. Dalam proses penangkapan para anggota, polisi Bavaria menemukan banyak dokumen yang sangat membahayakan, termasuk pembelaan terhadap tindakan bunuh diri dan atheisme, rencana untuk membuat cabang ordo perempuan, resep-resep dengan memakai tinta tak kelihatan, dan instruksi medis untuk melakukan aborsi. Alat bukti itulah yang dijadikan dasar untuk menuduh tatanan Illuminati itu berkonspirasi dalam menentang agama dan negara. Pada Agustus 1787, duke-elector mengeluarkan dekrit ketiga di mana dia menegaskan bahwa ordo Illuminati itu dilarang, dan menjatuhkan hukuman mati untuk orang yang menjadi anggotanya.

 

Weishaupt kehilangan jabatannya di Universitas Ingolstadt dan dibuang. Dia menjalani sisa hidupnya di Gotha di Saxony di mana dia mengajar filsafat di Universitas Göttingen. Negara Bavaria menganggap Illuminati telah bubar.

 

Warisan mereka, bagaimanapun, tetap bertahan dan memicu banyak teori konspirasi. Weishaupt dituduh — secara tidak benar — membantu merencanakan Revolusi Prancis. Illuminati telah terlibat dalam peristiwa baru-baru ini, seperti pembunuhan John F. Kennedy. Ide-ide Weishaupt juga mempengaruhi dunia fiksi populer, seperti Angels & Demons karya Dan Brown dan Pendulum Foucault karya novelis Italia, Umberto Eco. Meskipun grupnya dibubarkan, kontribusi abadi Weishaupt mungkin berupa gagasan bahwa perkumpulan rahasia tetap berada di belakang layar, menarik tuas kekuasaan.

 

 

Naik MENUJU PENCerahan

 

Di dalam Ordo Illuminati, struktur kelas 13 dirancang oleh Baron von Knigge, yang menerapkan model yang digunakan di lodge-lodge atau pondok masonik tempat ia menjadi anggotanya.

 

The Christian Eye of Providence (as shown on the great seal of the U.S.A.),

later a symbol of Freemasonry

IMAGE COURTESY LEEMAGE/PRISMA

 

Kelas Pertama
Setiap novis diinisiasi dalam filosofi kemanusiaan hingga ia menjadi minerval. Dia kemudian menerima ketetapan perintah dan dapat menghadiri berbagai pertemuan.

1. Initiate
2. Novice
3. Minerval
4. Illuminatus Minor

 

Kelas Kedua
Berbagai gelar di kelas ini terinspirasi oleh Freemasonry. Perekrutan utama illuminatus diawasi, dan illuminatus dirigens memimpin pertemuan para minerval.

5. Apprentice
6. Fellow
7. Master
8. Illuminatus Major
9. Illuminatus Dirigens

 

Kelas Ketiga
Tingkat iluminasi filosofis tertinggi. Anggotanya adalah para imam (versi mereka) yang mengajar anggota tingkat rendah. Ordo yang lebih rendah dari kelas ini sendiri berada di bawah otoritas seorang raja.

10. Priest
11. Prince
12. Magus
13. King

 

*****

 

Kisah Nyata Kelahiran Yesus Kristus Dari Maria Yang Dalam Keadaan Murni...

Francis - Tidak Ada Tempat Untuk Anda Di Neraka

Enoch, 25 Desember 2020

Perawan Maria menampakkan diri kepada seorang tahanan

Rosario Vs Globalisme

Viganò: Great Reset Akan Menciptakan Massa Budak Yang Anonim

Giselle Cardia, 22, 24, 27 Desember 2020