Friday, November 9, 2018

REALITAS API PENYUCIAN …





Bayside - REALITAS API PENYUCIAN …



Kutipan dari buku The End of the Present World and the Mysteries of the Future Life oleh pastor Charles Arminjon, yang diterbitkan tahun 1881:

2Mak 12:46 Ini sungguh suatu pikiran yang mursid dan saleh. Dari sebab itu maka disuruhnyalah mengadakan korban penebus salah untuk semua orang yang sudah mati itu, supaya mereka dilepaskan dari dosa mereka.

Keberadaan api penyucian secara eksplisit disampaikan oleh Kitab Suci dan oleh tradisi yang menetap dalam Gereja Yahudi dan Kristen. Dikatakan dalam kitab Makabe bahwa: adalah pemikiran yang suci dan sehat untuk berdoa bagi orang-orang mati, agar mereka dapat terbebas dari kesalahan dan ketidak-sempurnaan dimana dengan hal itu mereka telah menodai diri mereka sendiri selama hidup di dunia: ut a peccatis solvantur. (lht. 2 Mac. 12:46) Berbicara tentang pengkhotbah yang malas dan sombong yang dalam pelaksanaan pelayanan mereka, disesatkan oleh kasih akan pujian dan menyerah pada pikiran kesombongan dan perasaan berpuas diri, St. Paulus mengatakan bahwa mereka akan diselamatkan, tetapi setelah pertama kali diadili oleh api: sic quasi per ignem. (lht. 1 Kor. 15:32) St. Gregorius mengajarkan bahwa jiwa-jiwa yang bersalah atas pelanggaran-pelanggaran yang belum cukup ditebus oleh mereka selama hidup di dunia, mereka akan dibaptis dalam api: ab igne baptizabuntur. Itu akan menjadi baptisan kedua mereka. Baptisan pertama diperlukan untuk memperkenalkan kita ke dalam Gereja di dunia, dan baptisan yang kedua untuk memperkenalkan kita ke dalam Gereja di Surga.

Menurut St Sirilus dan St. Thomas, api di Api Penyucian adalah sama dengan api di neraka. Ia memiliki intensitas yang sama, dan berbeda hanya karena sifatnya yang sementara. Liturgi kudus mengajarkan kepada kita bahwa Api Penyucian adalah sebuah jurang yang mengerikan, tempat di mana jiwa-jiwa berada dalam kesedihan dan harapan yang kejam, sebuah bara api di mana jiwa-jiwa disana terbakar tanpa henti, mengalami akibat api yang lembut, yang disulut oleh nafas keadilan Ilahi, dimana kekuatan api itu menjadi ukuran dari pembalasan yang paling adil dan paling mengerikan: Dies irae, dies ilia ... Lacrymosa meninggal ilia, qua resurget ex favilla judicandus homo reus.

Dalam Kanon dari Misa, Gereja menyampaikan permohonannya kepada Allah untuk mendapatkan bagi jiwa-jiwa ini locum lucis, sebuah tempat cahaya: di mana mereka saat ini berada di malam hari, dan diselimuti kegelapan yang pekat dan tak dapat ditembus. Gereja berusaha mendapatkan bagi mereka locum refrigerii, sebuah tempat penyegaran; karena jiwa-jiwa disana berada dalam rasa sakit yang tak tertahankan. Sekali lagi, Gereja meminta locum pacis bagi mereka, sebuah tempat kedamaian: karena mereka ditelan oleh rasa takut dan kecemasan yang tak terkatakan.

Deskripsi sederhana ini membuat seluruh tubuh kita gemetar karena ngeri. Mari kita cepat-cepat mengatakan bahwa penghiburan bagi jiwa-jiwa yang tertawan ini juga tak dapat diungkapkan besarnya.

Memang benar bahwa mata mereka belum disegarkan oleh cahaya yang lembut, dan para malaikat tidak turun dari Surga untuk mengubah api mereka menjadi embun yang menyegarkan; tetapi mereka memiliki harta yang paling manis, yang cukup untuk membangkitkan orang yang paling sedih di bawah beban kesengsaraannya, dan membawa fajar ketenangan kepada keadaan yang paling penuh kesedihan dan penderitaan mereka: mereka memiliki kebaikan yang, di bumi, diluputkan dari orang-orang yang paling celaka dan kekurangan, ketika mereka telah menyelesaikan semua penderitaan dan kesakitan: mereka memiliki harapan. Mereka memiliki harapan dalam tatanan tertinggi, dalam tingkatan yang mengesampingkan semua ketidakpastian dan ketakutan, yang membuat hati bisa beristirahat, dalam keamanan yang terdalam dan paling mutlak: "sebuah mahkota yang pantas menanti aku." (lht. 2 Tim. 4: 8)

Jiwa-jiwa ini diyakinkan akan keselamatan mereka. St Thomas memberi kita dua alasan untuk kepastian tak tergoyahkan ini, yang begitu menghibur, sehingga membuat mereka, dalam arti tertentu, melupakan rasa sakit mereka. Pertama-tama, jiwa-jiwa ini tahu bahwa adalah karena iman maka orang-orang yang bersalah tidak dapat mengasihi Tuhan, tidak mau membenci dosa-dosa mereka, atau tidak mau melakukan perbuatan baik apapun: sekarang mereka memiliki kesadaran batin bahwa mereka mengasihi Tuhan, bahwa mereka membenci kesalahan mereka dan tidak bisa lagi melakukan kejahatan. Terlebih lagi, mereka tahu dengan keyakinan iman bahwa jiwa-jiwa yang mati dalam keadaan dosa berat dilemparkan ke dalam neraka tanpa penundaan lagi, saat mereka menghembuskan desahan terakhir mereka. Mereka telah menghabiskan hari-hari mereka di dunia di tengah segala kekayaan, dan suatu saat mereka harus turun kedalam neraka. (lht. Ayub 21:13)

Sekarang, jiwa-jiwa yang saya bicarakan ini tidak menyerah kepada keputusasaan, tidak melihat wajah para iblis, tidak mendengar kutukan dan hujatan mereka; dari fakta ini, mereka dengan tanpa salah bisa menyimpulkan bahwa mereka tidak mati dalam keadaan dosa berat , tetapi berada dalam keadaan rahmat dan berkenan bagi Tuhan.

Juga, betapa besar sumber kebahagiaan itu bagi mereka untuk dapat berseru dengan keyakinan St. Paul: "Tidak ada lagi kekambuhan ke dalam dosa! Tidak ada lagi perpisahan antara Tuhan dan diriku sendiri: Certus sum enim! Karena aku yakin! Tidak ada lagi keraguan yang menakutkan tentang tujuan hidupku. Ah! sudah berakhir, aku diselamatkan ... Aku telah mendengar dari mulut Allahku pernyataan yang tidak dapat dibatalkan tentang keselamatanku; Aku tahu demikian karena tidak pernah lagi aku meragukannya bahwa suatu hari nanti gerbang-gerbang kota Surgawi akan terbuka untuk masuknya diriku ke tempat itu dengan kemenangan dan bahwa langit, bumi, kerajaan dan kekuatan bersama-sama tidak berdaya untuk memisahkan aku dari kemurahan hati Allah dan menjauhkan aku dari mahkota kekalku; 'karena aku yakin bahwa baik kematian maupun kehidupan, tidak juga malaikat atau pemerintah, baik masa kini maupun masa depan, atau kekuatan, baik ketinggian maupun kedalaman, maupun makhluk yang lain, akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang datang kepada kita di dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.'"(Rom 8:38 -39)

Oh, tidak diragukan lagi jiwa ini akan berseru: Betapa tajamnya rasa sakitku! Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan kerasnya hukumanku; tetapi hukuman dan penderitaan ini tidak mampu untuk membawaku menjauh dari Tuhan, untuk menghancurkan api kasih-Nya dalam diriku: "Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Percobaan, atau kesusahan, atau kelaparan?" (Roma 8:35) Oh! Kelemahanku sekarang tidak lagi dapat mengungkapkan dirinya dalam bentuk ledakan amarah, dalam ketidak-sabaran dan gumaman. Aku akan mengundurkan diri dan datang kepada kehendak dan kesenangan Allah, aku memberkati tangan yang menghukum diriku; Aku menerima semua siksaanku dengan sukacita.

Siksaan-siksaan ini tidak dapat menghancurkan jiwaku atau membuatnya gelisah, pahit, atau cemas: Non contristabit justum quidquid ei acciderit (lih. Ams. 12:21). Saya tahu bahwa mereka ditahbiskan dan dimoderasi oleh Penguasaan Ilahi yang, demi kebaikan makhluk, akan mengatur segala sesuatu dengan kasih dan kesetaraan.

Saya bisa mengatakan lebih banyak: Saya harus lebih memilih siksaan-siksaan saya demi kesenangan surga, jika hal itu bisa diberikan kepada saya untuk menikmatinya agar saya tidak melawan keinginan dari Kehendak Kedaulatan itu yang saat ini saya akan benar-benar tunduk dan tidak dapat ditarik kembali. Keinginan dan aspirasi saya bisa dirangkum dalam satu semboyan: "Semua yang Tuhan inginkan, adalah seperti yang Dia inginkan, dan pada saat Dia menginginkannya." Ya Allah dari hatiku, hartaku dan semua milikku, siapakah diriku ini hingga Engkau berkenan untuk turun kepadaku dan, dengan tangan-Mu, memurnikan jiwa yang tidak bersyukur dan tidak setia ini!

Oh, tusuklah langsung hingga jauh kedalam daging, agar aku bisa menimba dari cawan-cobaan-Mu yang tak terbayangkan! Agar aku hanya mendengar kehormatan-Mu dan menaruh perhatian pada kepentingan keadilan-Mu, dan sampai hal ini sepenuhnya dipuaskan, janganlah Engkau menghiraukan keluhan atau eranganku.

Jiwa-jiwa yang malang! Mereka hanya memiliki satu nafsu, satu hasrat yang membara, satu harapan: menghancurkan rintangan yang menghalangi mereka untuk maju ke arah Tuhan, yang selalu memanggil dan menarik mereka kepada diri-Nya dengan semua energi dan semua kekerasan dari keindahan-Nya, kerahiman-Nya, dan kasih-Nya yang tak terbatas.

Oh, jika mereka bisa, mereka akan dengan senang hati membangkitkan dan mengobarkan api yang menelan dan membakar dirinya, dan bersaing satu sama lain untuk mengumpulkan segala siksaan, segala sakitnya pemurnian di Api Penyucian, untuk mempercepat datangnya hari bahagia dari pembebasan mereka. Dalam jiwa-jiwa ini masih ada jejak sisa dosa, paduan penderitaan, cacat, dan noda yang tidak memungkinkan mereka untuk bersatu dengan Substansi Ilahi.

Ketidaksempurnaan mereka, kesalahan-kesalahan kecil yang menyebabkan mereka ternoda, telah membuat gelap dan buram mata batin mereka. Jika saja, sebelum pemurnian mereka sepenuhnya, cahaya Surga yang terang dan mempesona menyinari mata mereka yang kabur dan sakit, mereka akan merasakan kesan seribu kali lebih menyakitkan dan lebih membakar daripada yang mereka rasakan di tengah-tengah kegelapan terdalam dari jurang. Allah sendiri ingin segera mengubah mereka menjadi serupa dengan kemuliaan-Nya dengan cara menerangi mereka dengan cahaya murni keilahian-Nya; tetapi sinar ini, karena terlalu terang dan mempesona, tidak dapat menembus mereka. Mereka akan terhalang oleh sampah dan sisa-sisa dari debu dan lumpur duniawi yang dengan semua itu mereka masih dalam keadaan ternoda.

Adalah penting bahwa, karena telah dibuang ke dalam sebuah cawan pembakar yang melumatkan, mereka akan menyingkirkan sisa ketidaksempurnaan manusia, sehingga, dari keadaan dosa, sehitam karbon, mereka akan dapat muncul dalam bentuk kristal bening yang berharga dan transparan. Mereka harus dibuat menjadi lembut, dibersihkan dari setiap campuran dengan bayang-bayang dan kegelapan, hingga mereka menjadi mampu menerima, tanpa perlawanan, segala pancaran dan kemegahan dari Kemuliaan Ilahi, yang mengalir dalam kelimpahan di dalam jiwa mereka, pada suatu hari nanti, dan akan memenuhi mereka, seperti sebuah sungai tanpa tepi atau dasar.

Bayangkan seseorang yang terserang penyakit mengerikan yang menggerogoti dagingnya dan membuatnya menjadi obyek pengucilan dan kejijikan bagi orang-orang di sekitarnya. Dokter, yang berusaha menyembuhkannya, menggunakan forsep dan api tanpa rasa ragu. Dengan instrumennya yang mengerikan itu, dia akan memeriksa sumsum tulang pasien itu.

Dokter itu akan menyerang sumber dan akar penyakit di pusat yang paling dalam. Begitu kerasnya kejang-kejang dari si pasien hingga dia hampir mati; tetapi, ketika operasi penyembuhan selesai, pasien itu akan merasa terlahir kembali, karena penyakitnya telah hilang, dan dia telah pulih dalam kecantikan, dalam masa mudanya, dan dalam kekuatannya. Ah! Jauh dari terbang ke dalam kemarahan disertai dengan segala keluhan dan celaan, pasien itu tidak memiliki kata-kata atau berkat yang cukup besar untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada dokter yang terampil itu, yang dengan membuatnya menderita seribu kesengsaraan, dokter itu memberinya hal yang paling berharga: kesehatan dan kehidupan.

Demikian juga dengan jiwa-jiwa di Api Penyucian. Mereka sangat gembira ketika mereka melihat noda dan kotoran mereka lenyap melalui efek yang luar biasa dari hukuman yang menyembuhkan itu. Di bawah jilatan api yang memurnikan itu, diri mereka yang dalam keadaan rusak, disegarkan dan dipulihkan. Api itu sendiri, St. Thomas mengatakan, kehilangan intensitasnya sesuai dengan besarnya ia menelan dan menghancurkan kesalahan dan ketidaksempurnaan suatu jiwa. Suatu penghalang dengan ukuran yang tak terlihat masih memisahkan jiwa-jiwa ini dari tempat pembebasan mereka. Oh! Mereka merasakan perjalanan sukacita yang tak terlukiskan, ketika mereka melihat sayap-sayap yang tumbuh yang memungkinkan mereka segera bergerak maju menuju tempat tinggal di Surga.

Mereka sudah melihat fajar pembebasan mereka. Meski mereka belum mencapai tempat yang dijanjikan itu, tetapi seperti Musa, mereka telah menyusun gambaran mental tentang tempat itu. Mereka memiliki firasat mengenai terangnya dan pantai-pantainya yang menyenangkan, menghirup wanginya dan anginnya yang berbau harum. Setiap hari, setiap saat, mereka melihat fajar pembebasan mereka semakin meningkat di cakrawala yang tidak begitu jauh; mereka bisa merasakan tempat istirahat kekal mereka semakin dekat dan dekat saja: Requies de labore. Apa lagi yang harus saya katakan? Jiwa-jiwa ini memiliki kasih yang kali ini telah menguasai secara lengkap dan mutlak dari hati mereka; mereka mengasihi Allah, mereka sangat mengasihi Dia sehingga mereka bersedia untuk dilebur dan dimusnahkan demi kemuliaan-Nya.

St John Chrysostomus berkata, "Orang yang dikobarkan oleh api kasih Ilahi tidak peduli pada kemuliaan maupun cela, seolah-olah dia berada sendirian dan tidak terlihat di dunia ini. Dia tidak peduli dengan semua godaan. Dia tidak lagi terganggu oleh penjepit yang menyiksa, alat pembakar, atau compang-camping lainnya seolah penderitaan itu dialami oleh orang lain, bukan tubuhnya sendiri. Apa yang penuh dengan manisnya dunia ini tidak menarik sama sekali baginya, karena semua itu tak berasa baginya; dia lebih merisaukan keterikatan kepada si jahat daripada keterikatan kepada emas yang tujuh kali dimurnikan dalam cawan pembakar, dia merasa lebih ternoda oleh karat dalam jiwanya. Seperti itulah pengaruh dari kasih Ilahi ketika ia dengan kuat memeluk jiwa, bahkan sejak di dunia ini.”

Sekarang, kasih Ilahi bertindak atas jiwa-jiwa yang saya bicarakan ini dengan kekuatan yang lebih besar, karena dengan dipisahkan dari tubuh mereka, mereka dirampas dari semua penghiburan manusia dan diserahkan kepada seribu tindakan kemartiran, mereka dipaksa untuk mencari jalan keluar kepada Tuhan dan untuk mencari semua yang tidak mereka miliki di dalam Dia saja

Salah satu penderitaan terbesar mereka adalah pengetahuan bahwa rasa sakit yang mereka alami itu tidak bermanfaat bagi mereka. Malam hari telah tiba bagi mereka, ketika mereka tidak bisa lagi berusaha atau memperoleh sesuatu: "Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja." (Yohanes 9: 4) Saat manusia dapat membuat penebusan sendiri bagi dosa-dosanya, saat untuk mengumpulkan pahala dan meningkatkan mahkota surgawinya, telah berakhir dengan tibanya saat kematian. Saat dia memasuki kehidupan yang lain, setiap manusia menerima pernyataan atas hukumannya yang kekal.

Nasibnya telah ditetapkan secara kekal, dan dia tidak lagi memiliki pilihan untuk menyelesaikan perbuatan baik atau buruk, yang bisa dia pertanggung-jawabkan di hadapan pengadilan Tuhan. Namun, jika jiwa-jiwa di Api Penyucian tidak bisa bertumbuh dalam kekudusan dan mengumpulkan pahala-pahala baru dengan melalui kesabaran dan penyangkalan diri, tetapi mereka tetap sadar bahwa mereka tidak lagi kehilangan pahala, dan bagi mereka, itu adalah sukacita yang manis untuk menderita secara sukarela demi kasih, tanpa rasa cinta diri.

Tidak diragukan lagi, campuran kebahagiaan yang khas ini di tengah siksaan yang paling kejam, adalah merupakan sebuah keadaan yang tak bisa dipahami oleh pikiran tumpul kita; tetapi coba tanyakan kepada para martir: Teresas, Lucian, pecinta abadi dari Salib. Mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa, seringkali, dalam kesedihan dan di tengah-tengah kesengsaraan dan penderitaan rohani yang paling kejam, maka orang yang berusaha untuk hidup di dalam Allah akan mengalami semacam rasa pendahuluan dari Surga, dan dia akan merasakan sukacita dan kesenangan yang paling manis dan paling menggembirakan yang dicurahkan ke dalam hatinya.

Jiwa-jiwa di Api Penyucian mengasihi Tuhan; lebih jauh lagi, mereka dikasihi oleh gereja-gereja surga dan bumi (Gereja yang jaya dan Gereja yang militan), yang memelihara hubungan dan relasi berkelanjutan dengan mereka. Gereja Katolik menghimbau kemurahan hati anak-anaknya, dan melalui pengantaraan mereka, mencurahkan permohonannya dan membantu mereka (jiwa-jiwa di Api Penyucian) siang dan malam. Setiap saat, kemurahan hati dari para malaikat yang baik melimpahkan kepada mereka embun Surgawi yang dikirimkan oleh Yesus dalam Hati-Nya. Mereka saling mengasihi dan saling menghibur dengan percakapan yang tak terlukiskan.

Tidak ada teluk, berapapun luasnya, yang dapat memisahkan jiwa-jiwa ini dengan teman-teman mereka di dunia, dan kita bebas setiap saat untuk membawa kepada mereka setetes air yang dicari-cari orang bodoh secara sia-sia dari belas kasihan Lazarus. (lht. Lukas 16:24)

St.Yohanes pernah mengalami sebuah penglihatan yang indah: dia melihat sebuah bait suci, dan di tempat kudus bait suci ini, dia melihat sebuah altar, dan di bawah altar ini ada banyak jiwa yang menderita: vidi subtus altare animas interfectorum. (Why. 6: 9) Jiwa-jiwa ini tidak berada di depan altar, seperti yang pernah dikatakan oleh seorang komentator; mereka tidak diizinkan berada di sana. Mereka boleh menerima buah dari Kurban Ekaristi itu hanya secara tidak langsung, dengan cara melalui pengantaraan orang lain. Mereka berada di bawah altar, dan hanya menunggu saja, berdiam diri, dalam keadaan tersiksa, menunggu datangnya bagian yang kita sampaikan ke bibir mereka.


***


Gereja Katolik tidak membuat pernyataan tentang lokasi dari Api Penyucian. Berbagai pendapat yang berbeda telah diungkapkan atas masalah ini oleh para Doktor dan Bapa Gereja, dan kita bebas memilih salah satu pendapat dari mereka, tanpa takut kehilangan sifat ortodoksi atau takut kalau-kalau menjauhi Iman yang benar.

St. Thomas, St. Bonaventure, dan St. Augustinus mengajarkan bahwa Api Penyucian terletak di pusat bumi ini. Mereka mengutip, guna mendukung pendapat mereka, kata-kata yang dinyanyikan atas perintah Gereja: "Tuhan, bebaskanlah jiwa-jiwa umat beriman yang meninggalkan penderitaan neraka dan lubang yang dalam."

Demikian juga, kutipan dari Kitab Wahyu ini: Tetapi tidak ada seorangpun yang di sorga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.(Wahyu 5: 3) Dari kalimat St. Yohanes ini, dapat dipastikan bahwa hanya orang-orang benar yang diundang untuk membuka kitab misterius itu. Sekarang, dengan referensi ini bagi mereka yang berada di bawah bumi, bukankah rasul Yohanes tampaknya memberi kita alasan untuk memahami bahwa ada beberapa orang yang ditahan di kedalaman yang gelap ini untuk sementara waktu?

Di bagian yang lain, Kitab Sirakh, dikatakan: "Aku akan masuk ke bagian bawah bumi, dan akan mengunjungi orang-orang yang tidur, dan harapan keselamatan akan muncul di hadapan mereka." (Bdk. Ecclus 24:45)

Para sarjana telah menunjukkan bahwa penulis yang diilhami dari Kitab ini, bermaksud untuk menunjukkan limbo, tempat di mana para Leluhur dan orang-orang kudus Perjanjian Lama beristirahat di pangkuan Abraham. Penjelasan ini menegaskan, bukannya membatalkan, pandangan dari St. Thomas dan St. Bonaventura.

Kenyataannya, jika para Bapa Bangsa dan orang-orang benar dari Perjanjian Lama, setelah dimurnikan dari semua dosa-dosa mereka, menerima wilayah yang lebih rendah di bumi sebagai tempat tinggal mereka sampai saat ketika dosa yang diwariskan kepada kita oleh Adam, telah benar-benar dihapuskan oleh Salib Kristus, maka tampaknya lebih tepat lagi jika jiwa-jiwa yang bersalah atas dosa-dosa yang mereka lakukan yang belum cukup mereka tebus, maka mereka harus dihukum dan ditahan di kedalaman bumi ini: Inferiores partes terrae.

Kesaksian St Agustinus menambahkan kemungkinan lebih jauh bagi pendapat ini: dalam Suratnya XCIX, ad Evodium, dia mengatakan bahwa ketika Kristus turun ke neraka, Dia pergi bukan hanya menuju limbo tetapi juga ke dalam Api Penyucian, di mana Dia membebaskan beberapa dari jiwa-jiwa yang ditawan disana, seperti yang ditunjukkan dalam Kisah Para Rasul: Solutis doloribus inferni. (Kis. Kis 2:24)

Pendapat kedua tentang lokasi Api Penyucian diberikan oleh St. Victor dan oleh St. Gregorius Agung dalam buku Dialogues. Keduanya mempertahankan pendapatnya bahwa Api Penyucian bukanlah adalah sebuah tempat yang tetap, dan bahwa sejumlah besar jiwa yang telah mati akan menebus kesalahan mereka selama di bumi, dan di tempat-tempat yang sama di mana mereka paling sering melakukan dosa.

Teologi suci menyatukan kesaksian-kesaksian yang berbeda ini dengan menetapkan, pertama, bahwa Api Penyucian adalah sebuah tempat yang tetap, dengan batas-batas tertentu, terletak di pusat bumi, di mana sebagian besar jiwa masuk kesana untuk menebus kesalahan-kesalahan mereka yang membuat jiwa mereka menjadi kotor.

Namun demikian, Api Penyucian tidaklah terbatas pada satu tempat ini saja. Entah karena beratnya dosa-dosa mereka atau melalui dispensasi khusus dari Kebijaksanaan Ilahi, ada sejumlah besar jiwa lain yang tidak perlu bersedih merana di dalam penjara itu, tetapi mereka menjalani hukuman mereka di bumi, dan di tempat-tempat di mana mereka telah berdosa. Penafsiran ini, yang berasal dari para teolog besar, menjelaskan dan menegaskan banyak penampakan dan wahyu yang diberikan kepada orang-orang kudus, dimana beberapa dari mereka memiliki tanda-tanda kebenaran yang membuat tidak mungkin untuk mengabaikannya.

Agar sepenuhnya dapat menjelaskan doktrin kita, kita akan memilih, di antara semua wahyu yang dikutip oleh St. Gregorius dalam bukunya yang berjudul Dialogues, yang mana otentisitasnya tak perlu dipertanyakan lagi.

Dalam sejarah Citeaux, dikisahkan bahwa ada seorang peziarah dari distrik Rodez, yang kembali dari Yerusalem, dipaksa oleh badai yang menyerang saat itu untuk masuk ke pelabuhan di sebuah pulau dekat Sisilia. Di sana dia mengunjungi seorang pertapa suci, yang bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan agama di negaranya, Perancis, dan juga bertanya apakah dia tahu biara Cluny dan Abbot Odilon. Peziarah itu menjawab bahwa dia tahu, dan menambahkan bahwa dia akan berterima-kasih jika pertapa itu mau mengatakan kepadanya apa tujuan dia menyampaikan pertanyaan itu. Sang pertapa menjawab, "Di dekat tempat itu ada sebuah kawah yang puncaknya dapat kita lihat; pada waktu-waktu tertentu, ia menyemburkan awan asap dan api. Saya telah melihat setan membawa keluar jiwa orang-orang berdosa dan melemparkan mereka ke dalam jurang yang amat menakutkan, untuk menyiksa mereka sementara waktu. Sekarang, pada hari-hari tertentu, saya mendengar roh-roh jahat berbicara di antara mereka sendiri, dan mengeluh bahwa beberapa dari jiwa ini telah melarikan diri dari mereka, dan mereka menyalahkan orang-orang saleh yang dengan doa dan pengorbanan mereka, mempercepat pembebasan jiwa-jiwa ini. Odilon dan para rahibnya adalah orang-orang yang tampaknya paling membuat setan merasa ketakutan. Itulah sebabnya, ketika Anda kembali ke negara Anda, saya meminta Anda dalam nama Tuhan untuk mendesak kepala biara dan biarawan Cluny untuk melipat-gandakan doa dan sedekah mereka untuk membebasakan jiwa-jiwa yang malang ini." Peziarah itu, sekembalinya di rumah, melakukan apa yang diperintahkan kepadanya. Kemudian Abbot Odilon yang kudus itu merenung dan menimbang segala sesuatunya dengan hati-hati. Dia memohon pencerahan dari Tuhan, dan kemudian mengesahkan bahwa di semua biara-biara ordonya, hari kedua bulan November setiap tahun, harus ditetapkan sebagai hari untuk memperingati semua umat beriman yang meninggal dunia. Seperti itulah asal-muasal dari Pesta seluruh jiwa-jiwa di Api Penyucian.


++++++++++++++++++++++++


Berikut Ini Beberapa Kutipan Dari Pesan-Pesan Bayside Yang Berkaitan Dengan Tulisan Di Atas:

"Ada sebuah Api Penyucian, sebuah tempat pembersihan, anakku – disana ada penderitaan hebat seperti di dalam jurang (neraka), tetapi mereka memiliki pengetahuan tentang sebuah penangguhan hukuman di masa yang akan datang. Ini adalah sebuah kerinduan yang suram dari roh untuk memandang Bapa. Ketahuilah, anakku, kerinduan hati di dalam api ini sangatlah besar yang menyelimuti keberadaan jiwa yang sedang menunggu disana." - Our Lady, Bayside, 29 Maret 1975

DOA
"Teruskanlah sekarang dengan doa-doa silihmu. Bertekunlah, karena saat-saat doamu akan membebaskan banyak jiwa dari Api Penyucian." - Our Lady, Bayside, 5 April 1975

MASYARAKAT
"Aku telah meminta kepadamu, anakku, untuk memberikan doa bagi masyarakat di Api Penyucian. Banyak bala tentara Surgawi akan mendapatkan anggota dari mereka yang datang dari tempat pembersihan itu ke dalam Kerajaan." - Our Lady, Bayside, 14 April 1973

BISA MELIHAT
"Aku meyakinkan kamu, anakku, seandainya manusia bisa melihat ke dalam Api Penyucian, maka dia akan memohon untuk menemukan - dia akan mencari setiap saat dalam hidupnya di bumi, untuk menemukan cara guna membersihkan dirinya dengan penebusan dosa dan penderitaan. Tahun-tahun yang ada di duniamu hanya singkat saja; tetapi waktu yang ada di balik tabir kematian adalah bersifat selamanya dan tanpa akhir." - Our Lady, Bayside, 22 Mei 1974

No comments:

Post a Comment