Friday, October 9, 2020

TENTANG API PENYUCIAN

 “Rosario adalah doa yang paling indah dan yang paling kaya akan rahmat dari semua doa. Itu adalah doa yang paling menyentuh hati Bunda Allah… dan jika anda ingin damai memerintah di rumah anda, lakukanlah doa rosario keluarga.” Paus Saint Pius X

 

tentang Api Penyucian

 
Pastor Reginald Martin, O.P.

 

https://www.rosarycenter.org/on-purgatory/

 

[Pastor Reginald memasuki biara Dominikan pada tahun 1968, dan ditahbiskan pada tahun 1974. Dia melakukan pelayanan kampus Provinsi Barat di Universitas Washington dan Universitas Oregon, dan dengan sangat bersemangat menjadi direktur Rosario Center dari tahun 2004 hingga 2016. Saat ini dia adalah direktur dari Vallombrosa Retreat Center dan Chaplain untuk para biarawati Dominika di Biara Corpus Christi — keduanya di Menlo Park, California.]

 

Pengalaman manusiawi kita mengajarkan bahwa kita tidak asing dengan dosa. Ini adalah pemikiran yang menakutkan, ketika kita mempertimbangkan kalimat dari Kitab Suci, “Tidak ada yang kotor boleh masuk ke dalamnya [Kerajaan Allah]… tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam Kitab Kehidupan Anak Domba.” (Why.21: 27) Ini adalah pengingat yang kuat tentang nilai kehidupan yang bijak, dan alasan yang sangat besar untuk bersyukur. Tuhan telah menyediakan sarana yang dengannya kita dapat disucikan dari dosa bahkan setelah kematian kita.

 

Obat ini, tentu saja, adalah Api Penyucian, dan apa yang diminta oleh Iman kita untuk kita percayai tentang Api Penyucian dapat diungkapkan dengan sangat ringkas:

 

Jiwa orang benar yang pada saat kematian masih terbebani oleh dosa ringan atau hukuman sementara karena dosa, masuk ke dalam Api Penyucian. (De Fide)

 

Dua puluh empat kata ini luar biasa maknanya untuk apa yang tidak mereka (kalimat ini) ucapkan, sebagaimana apa yang mereka (kalimat ini) nyatakan. Mereka (kalimat ini) tidak mengatakan apa-apa tentang di mana Api Penyucian berada, berapa lama jiwa menghabiskan waktu di sana, atau apa yang cenderung ditemukan jiwa begitu ia tiba disana. Para teolog telah memberikan refleksi atas semua pertanyaan ini, dan kita akan membahasnya sebentar lagi. Untuk saat ini, bagaimanapun, mari kita pertimbangkan hanya keyakinan Gereja Katolik bahwa Tuhan menawarkan cara yang dengannya mereka yang tidak sepenuhnya siap untuk memasuki Kerajaan-Nya, akan dimurnikan sehingga mereka dapat masuk surga secara layak.

 

Api Penyucian bukanlah kesempatan kedua; itu adalah langkah terakhir dalam perjalanan seumur hidup yang menuntun kepada Tuhan. Iman kita meyakinkan kita bahwa Tuhan memberikan rahmat yang sesuai untuk setiap langkah perjalanan ini, dan Api Penyucian adalah pemenuhan janji Yesus bahwa Dia akan hadir di saat langkah terakhir kita dengan membawa kasih yang sama yang menyapa kita pada langkah pertama kita dulu. 

Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. (Yoh 6:39)

 

Api Penyucian, seperti Misa, mewartakan janji dan kuasa dari kasih Kristus yang memelihara dan meninggikan. Dan seperti Ekaristi, Api Penyucian mengundang kita untuk mengidentifikasi diri kita sendiri dalam drama spiritual yang diingatkan oleh Santo Paulus kepada kita bahwa kita berbagi dengan Kristus.

 

Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. (Rm 6: 3-4)

 

Api Penyucian telah menjadi isi bagi iman kita sejak masa awal kita. Dalam Kitab Kedua Makabe, Yudas dan para pengikutnya mengatur untuk menguburkan rekan-rekan mereka yang telah meninggal, Merekapun lalu mohon dan minta, semoga dosa yang telah dilakukan itu dihapus semuanya. Tetapi Yudas yang berbudi luhur memperingatkan khalayak ramai, supaya memelihara diri tanpa dosa, justru oleh karena telah mereka saksikan dengan mata kepala sendiri apa yang sudah terjadi oleh sebab dosa orang-orang yang gugur itu. (2 Mac 12:42)

 

Banyak Reformator Protestan tidak percaya bahwa Kitab Makabe telah diilhamkan, sehingga Gereja sering berpaling ke tempat lain untuk mengidentifikasi kepercayaan Alkitabnya tentang Api Penyucian. St. Yohanes mencatat perkataan Yesus, "Dia yang hidup dan percaya padaku tidak akan mati selamanya." (Yoh 11:26)

 

Tetapi Kitab Wahyu mengamati bahwa tidak ada yang dapat mengklaim kemuliaan ini (Surga) tanpa dimurnikan lebih dulu, karena tidak ada yang kotor yang dapat memasuki Kerajaan Allah. Jadi, para teolog Gereja telah mengajarkan bahwa suatu bentuk pemurnian harus dapat diakses setelah kematian.

 

Salah satu dari teolog ini, St. Gregorius Agung, mengarahkan kita pada kata-kata Yesus, "... dia yang akan berbicara menentang Roh Kudus, tidak akan diampuni dia, baik di dunia ini maupun di dunia yang akan datang." (Mat 12:32)

 

St.Gregory berkata: Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak. (Mat 12:32)

 

Mengenai kesalahan kecil tertentu, kita harus percaya bahwa sebelum Penghakiman Terakhir ada suatu api yang memurnikan. Dia yang adalah kebenaran mengatakan bahwa siapa pun yang mengucapkan hujatan terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni baik di zaman ini maupun di zaman yang akan datang. Dari kalimat ini kita memahami bahwa pelanggaran tertentu dapat dimaafkan di zaman ini, tetapi pelanggaran lainnya tidak akan dimaafkan sampai  di zaman yang akan datang.

 

Kita bisa mengutip ayat-ayat Alkitab lainnya untuk memperkuat kepercayaan kita pada Api Penyucian, (misalnya, 1 Kor 3:12), tetapi yang mungkin jauh lebih menarik - dan berharga bagi kehidupan rohani kita - adalah mempertimbangkan sifat karunia yang telah diberikan Tuhan kepada kita di Api Penyucian.

 

Untuk memulai, kita boleh bertanya mengapa Api Penyucian dapat dianggap sebagai "hadiah" ketika para teolog dan mistikus Gereja yang hebat semuanya menggambarkan rasa sakit di Api Penyucian jauh lebih parah daripada yang kita tanggung dalam hidup di dunia ini? Jawabannya cukup sederhana: rasa sakit di Api Penyucian tidak berbahaya, tidak seperti rasa sakit yang menimpa kita di bumi. Rasa sakit di Api Penyucian dimaksudkan untuk kebaikan kita, untuk mengingatkan kita betapa besar kasih Tuhan yang telah kita korbankan oleh karena dosa kita, dan betapa banyak sukacita surgawi yang akan kita rasakan jika kita tidak begitu sering memilih perbuatan yang hina.

 

Santo Agustinus mengajarkan, "Api Penyucian adalah lebih parah daripada rasa sakit apa pun yang dapat dirasakan, dilihat, atau diterima di dunia ini…." Ini karena, di Api Penyucian, kita akan menyadari bahwa salah satu konsekuensi dari kehidupan kita yang berdosa di dunia ini adalah tertundanya penglihatan kita akan Tuhan. St. Thomas Aquinas mengatakan, "Semakin sensitif suatu dosa, semakin besar pula rasa sakitnya." Jadi, tanpa tubuh kita mengalihkan perhatian kita dari kerinduan kita akan Tuhan, dan melindungi kita dari rasa sakit ini, kita tidak akan memiliki apa pun untuk berdiri di antara kita dan rasa sakit dari penundaan persatuan dengan Tuhan yang sangat kita nantikan.

 

Beberapa orang akan bertanya berapa lama kita harus menghabiskan waktu di Api Penyucian? Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus ingat bahwa sekali kita "melepaskan ikatan fana ini" kita tidak lagi berurusan dengan jam duniawi. Surga dan Neraka adalah realitas kekal; keduanya mutlak, dan sekali jiwa diserahkan ke salah satu tempat itu, tidak ada yang bisa mengubah kondisi jiwa itu. Api Penyucian, sebaliknya, adalah keadaan "sementara," dan suatu jiwa akan menanggung lebih banyak atau lebih sedikit rasa sakit di Api Penyucian daripada yang lain. Yang menentukan pengalaman di Api Penyucian adalah kondisi jiwa pada saat kematian. Jika seseorang terus menerus melakukan dosa ringan, dia bisa berharap untuk menanggung hukuman yang lebih berat (yaitu, lebih lama) di Api Penyucian. Bagian dari pengalaman Api Penyucian adalah untuk mengajar jiwa tentang kebodohan dosa, dan memulihkan jiwa kepada kondisi kesehatan rohani yang sempurna yang akan membuatnya memenuhi syarat untuk masuk kedalam Surga. Beberapa jiwa lebih membutuhkan manfaat penyembuhan ini daripada yang lain; ini, dapat dimengerti, dan mereka harus menjalani pengalaman Api Penyucian yang lebih intens.

 

Selama berabad-abad, umat beriman Gereja telah berusaha untuk menentukan sifat rasa sakit yang ditanggung jiwa di Api Penyucian. Seperti yang telah kita lihat, para teolog mengajarkan bahwa rasa sakit itu ada dua. Kami telah mempertimbangkan rasa sakitnya kehilangan, yang bersifat sementara, yaitu kehilangan pandangan akan Tuhan. Tetapi jiwa-jiwa di Api Penyucian juga menderita sakit indera. Dan di sinilah kita menemukan apa yang, sejak Abad Pertengahan, digambarkan sebagai "api" di dalam Api Penyucian. Hukuman ini sering dibandingkan dengan hukuman yang dialami orang terkutuk di Neraka. Jadi beberapa orang berpendapat bahwa Api Penyucian terletak di lingkungan neraka. Kitab Suci tidak memberikan petunjuk, dan para guru Gereja juga diam tentang hal itu. Sifat "api" di Api Penyucian juga sulit dipahami.

 

Meskipun demikian, persamaan antara hukuman yang ditanggung oleh jiwa di Api Penyucian mirip dengan hukuman di Neraka karena keduanya adalah hukuman yang harus ditanggung oleh jiwa setelah kematian; keduanya adalah hukuman spiritual; dan rasa sakit mereka jauh lebih besar dari apapun yang bisa kita bayangkan dalam hidup ini. Di sana, bagaimanapun, kesamaan neraka dan Api Penyucian berakhir. Tidak seperti mereka yang dihukum dengan hukuman kekal di Neraka, jiwa-jiwa di Api Penyucian memiliki iman, harapan, dan kasih. Selain itu, mereka bersukacita dalam mengharapkan hadiah untuk meredakan rasa sakit mereka, dan meskipun mereka tidak dapat melihat Tuhan yang mereka rindukan, namun mereka tidak meragukan kehadiran-Nya atau keselamatan akhir mereka.

 

Kami secara aktif berpartisipasi dalam kegembiraan penuh harapan yang dialami oleh jiwa-jiwa di Api Penyucian saat kami berdoa untuk mereka. Lumen Gentium, dokumen Konsili Vatikan II, mengingatkan kita:

 

Dalam kesadaran penuh akan persekutuan seluruh Tubuh Mistik Yesus Kristus, Gereja dalam anggota peziarahnya… [menghormati] dengan sangat hormat kenangan akan orang mati… [dan] bahwa mereka (jiwa di Api Penyucian) dapat dilepaskan dari dosa-dosa mereka, maka dia (Gereja di dunia) dapat menawarkan hak pilihnya untuk mereka yang berada di Api Penyucian. (LG, 50)

 

Hal ini menggemakan keyakinan St. John Chrysostom, yang berkhotbah:

 

Marilah kami menolong dan memperingati mereka. Jika putra-putra Ayub dimurnikan oleh pengorbanan ayah mereka, mengapa kita harus meragukan bahwa persembahan kita untuk orang mati akan membawa penghiburan bagi mereka? Marilah kita tidak ragu-ragu untuk menolong mereka yang telah meninggal dengan mendoakan mereka.

 

Pada abad ke-19 Kardinal Manning menyampaikan serangkaian khotbah tentang karunia-karunia Roh Kudus. Ketika dia berkhotbah tentang Kesalehan - yang oleh seorang penulis modern disebut kasih yang memberi "agama hati" - dia mengamati bahwa Api Penyucian adalah tempat di mana - tidak peduli seberapa aktif individu-individu dalam kehidupan – jiwa-jiwa dipaksa untuk menjadi pasif.

 

Mereka (jiwa-jiwa di Api Penyucian) tidak dapat melakukan apa pun… untuk diri mereka sendiri: mereka tidak lagi memiliki sakramen-sakramen; mereka bahkan tidak bisa berdoa untuk diri mereka sendiri. Mereka begitu sesuai dengan kehendak Allah, sehingga mereka menderita di sana dalam penyerahan diri dan keheningan… Oleh karena itu, adalah tugas kita untuk membantu mereka… dengan doa kita, penebusan dosa kita, penyangkalan diri dan mati raga kita, sedekah kita, dengan Korban Kudus Altar… Jika tidak ada yang mengingat mereka sekarang, Anda, setidaknya, jika Anda memiliki di dalam hati Anda karunia kesalehan, akan berdoa untuk mereka.

 

Sebuah motto pada jam matahari tua berbunyi, "omnes vulnerant, ultima necat." Ini mengacu pada jam-jam dari kehidupan kita dan berarti, "Mereka semua terluka, yang terakhir membunuh." St. Agustinus mengajarkan bahwa kita yang hidup secara alami merinding atas kematian karena hal itu begitu asing, sangat menakutkan, dan sangat menyedihkan. Keyakinan kita pada Api Penyucian seharusnya sangat menghibur, karena itu mengingatkan kita bahwa meskipun kematian adalah saat terakhir dalam hidup kita, namun di dalam kematian menyediakan hubungan yang paling intim dengan Kristus. Itu juga menawarkan kita kesempatan unik untuk menjangkau satu sama lain, dengan berdoa untuk mengurangi rasa sakitnya orang-orang yang telah meninggal, dan dengan memohon agar Tuhan segera memberikan kepada jiwa orang yang kita cintai yang sudah meninggal, persatuan dengan Tuhan yang sangat mereka rindukan.

 

*****

Enoch, 27 September 2020

LDM – Kutipan Nubuat Tentang Perang Dunia III

Ned Dougherty - Sep 2, 2020

Ned Dougherty - October 3, 2020

Ensiklik Terbaru Francis: Aborsi Tidak Ada Dalam Daftar Keprihatinan Politiknya ...

Giselle Cardia, 03 Oktober 2020 - Pesan dari Bunda Maria

Tentang Neraka: Kejelasan Adalah Sebuah Bentuk Belas Kasih...

 

 

 

No comments:

Post a Comment