Monday, August 20, 2018

FREEMASON DAN KELICIKAN MEREKA...


FREEMASON DAN KELICIKAN MEREKA:
APA YANG HARUS DIKETAHUI OLEH UMAT KATOLIK

Untuk melihat mengapa Gereja Katolik telah secara keras dan berulang kali mengutuk keanggotaan dalam Freemasonry atau gerakan-gerakan sekutunya, kita membutuhkan pandangan sekilas pada ajaran dan sejarah Masonik.

February 7, 2017
by Sandra Miesel

Banyak umat Katolik yang memandang Freemason sebagai konspirasi yang berbahaya — bahkan Satanis — yang didirikan untuk menghancurkan Iman. Di sisi lain, Freemason suka  menampilkan dirinya sebagai “Ordo kuno yang didedikasikan demi Persaudaraan Umat Manusia dan Kebapaan Tuhan.” Beberapa dari saudara-saudara mungkin menganggap deskripsi itu cukup serius, tergantung pada ruang mana dari bangunan Masonik yang mereka huni. Tetapi Pondok Masonik memiliki banyak ‘ruangan, ruang tambahan, dan bangunan luar’ (ini adalah arti kiasan yang menunjukkan betapa ordo Masonik memiliki berbagi macam kegiatan terselubung dan tersembunyi) lainnya dimana para penghuninya tidak selalu kenal atau bersaudara terhadap satu sama lain, apalagi berbakti kepada Tuhan.

Unit dasar Freemasonry “reguler” adalah Blue (atau Craft) Lodge, yang “bekerja” (membubuhkan) tiga gelar tradisional — Entered Apprentice, Fellow Craft, dan Master. Inisiasi adalah bisnis utama dari Kuil Masonik lokal. Para anggota belajar bagaimana melakukan genggaman tangan, belajar mengenal tanda-tanda, dan belajar ritual. Mereka menghidupkan kembali mitos utama mereka, kematian dan kebangkitan Hiram Abiff, pembangun legendaris dari Kuil Solomon. Dengan satu pengecualian, Lodges lokal Amerika dikelompokkan dalam Grand Lodges negara yang diakui oleh Mother Lodge di London. Istri-istri Master Mason dapat bergabung dengan Ordo Bintang Timur, putri-putri mereka bergabung dalam Pekerjaan Para Putri atau dalam Ordo Pelangi untuk Para Gadis, dan putra-putra mereka bergabung dalam Ordo De Molay.

Sebuah kelompok minoritas yang gigih dari para Mason Anglo-Amerika memperoleh gelar tambahan untuk mengajarkan simbolisme yang lebih canggih dalam organisasi-organisasi terpisah yang disebut Tubuh Penahan (Appendant Bodies) yang tidak dikendalikan oleh Mother Lodge. Ini adalah Ritus York (10 kelas lebih) dan Ritus Skotlandia ‘Kuno dan Diakui’ (30 lebih banyak tingkatan) yang dibagi menjadi Yurisdiksi Utara dan Selatan. Pemegang gelar tertinggi dalam Ritus memenuhi syarat untuk bergabung dengan Ordo Arab Kuno dari Nobles of the Mystic Shrine (Shriners) untuk melakukan kegiatan filantropi dan kesenangan.



Kiri: Lambang Masonik Square dan Kompas (us.fotolia.com/Serj Siz`kov); kanan: Paus Leo XIII, yang mencela Masonic Lodge sebagai "musuh yang licik dan penipu"(Wikipedia).

Asal-usul dan sejarah awal

The Craft berasal dari Kepulauan Inggris dan mayoritas anggotanya masih tinggal di negara-negara berbahasa Inggris. Menurut Asosiasi Masonic Service, ada sekitar 1,2 juta Freemason di Amerika Serikat, turun dari angka semula sekitar 4 juta orang pada tahun 1958. Jauh lebih sedikit anggota pria di negara-negara Latin yang merupakan bagian dari sistem Grand Orient yang terpisah, yang komponennya biasanya tidak diakui oleh Mother Lodge. Lebih sedikit lagi yang masih mempraktekkan bentuk-bentuk “Masonry pinggiran” seperti Co-Masonry, yang menerima baik pria maupun wanita. Prince Hall Lodges, awalnya untuk orang kulit hitam, tetapi mereka umumnya dianggap sebagai "tidak teratur" oleh Mason Amerika.

Untuk melihat mengapa Gereja Katolik telah secara keras dan berulang kali mengutuk keanggotaan dalam Freemasonry atau gerakan-gerakan sekutunya, kita membutuhkan pandangan sekilas pada ajaran dan sejarah Masonik. Freemason berpura-pura melestarikan rahasia kuno yang diwariskan dari para pembangun bait Salomo dan kultus misteri pagan melalui Knights Templar abad pertengahan. Beberapa dari mereka bahkan mengatakan bahwa Adam, Nuh, dan St. John the Evangelist sebagai Brother Masons. The Craft mengklaim mampu menawarkan "Cahaya" atau “terang” yang tidak dapat diperoleh di tempat lain, yang akan menyempurnakan inisiat (anggota pemula) dan memperbaiki masyarakat. Komentator modern mereka, Henry Wilson Coil, menggambarkan Freemasonry sebagai "sistem moralitas dan etika sosial, agama primitif, dan filsafat hidup."

Tetapi asal muasal the Craft, seperti yang diakui oleh para ahli sejarah Masonik, terletak pada esoterisme Renaissance, yang disuntikkan ke dalam tradisi pekerja, yang dikembangkan oleh para tukang batu abad pertengahan. Didorong oleh minat pada kemungkinan adanya simbol-simbol dari suatu arsitektur, orang-orang yang bukan tukang batu profesional ("non-operatif") mulai bergabung dengan pondok-pondok pekerja di Skotlandia pada 1590-an. Kelompok ini baru saja dirubah menjadi organisasi permanen oleh pembangun utama istana raja, seorang Katolik bernama William Schaw. Profesor David Stevenson telah banyak mendokumentasikan transformasi ini dalam buku The Origins of Freemasonry: Scotland’s century 1590-1710  (Cambridge University Press, 1988).

Pondok-pondok freemason "non-operative" muncul di Inggris pada 1640-an, menarik kaum bangsawan dan intelektual dari berbagai agama ke dalam kelompok ‘the Craft.’ Pada 1717, empat Pondok  London bersatu sebagai Grand Lodge of England, yang mengeluarkan konstitusi pada 1723 dan menjadi Mother Lodge dari semua Mason biasa. Menyebar ke seluruh dunia, Freemasonry mencapai Benua Amerika pada tahun 1721 dan negara Amerika Serikat pada tahun 1730. Pengasuh Katolik Stuarts yang diasingkan, membawa ajaran the Craft ke Prancis, di mana terbukti sangat populer di kalangan aristokrat dan orang-orang yang menerima Pencerahan.

Pengajuan awal dari Pondok Masonik saat itu adalah sebagai tempat bagi orang-orang dari berbagai agama untuk bersosialisasi dan berdiskusi dengan tenang, karena saat itu mendiskusikan agama dan politik adalah terlarang. Haydn, Mozart, dan banyak tokoh lainnya ikut bergabung. Tetapi dengan menghindari perselisihan sektarian maka secara tak terelakkan akan mendorong Freemasonry ke arah Deisme belaka. ‘Tuhan’ mereka yang jarang disebut adalah Arsitek Agung Alam Semesta, yang dapat dijangkau oleh akal dan penalaran manusia semata. Kepercayaan kepada Makhluk Tertinggi dan keabadian jiwa adalah yang diperlukan dari anggota reguler Freemason abad ke-18.

Freemasonry Inggris dan Eropa Utara terus mempertahankan keyakinan samar-samar ini dan yang berfungsi sebagai agama denominator-terendah-umum "di mana semua orang setuju." Mereka bahkan menampilkan Alkitab selama ritual mereka sebagai "Kitab Hukum Suci." Mereka adalah pendukung setia pembentukan tatanan sosial yang berlaku. Sampai saat ini, mereka mendominasi dunia politik, profesi, militer, keuangan, dan bahkan polisi. Sebelum Pangeran Charles, banyak bangsawan Inggris adalah para Mason yang bersemangat, seperti juga beberapa uskup Anglikan. Buku Martin Short yang berjudul Inside the Brotherhood: Further Secrets of the Freemasons adalah merupakan survei yang baik tentang pengaruh mereka di Inggris.

Selama Revolusi Amerika, lebih banyak Mason adalah Loyalis daripada Patriot, dimana mereka ini termasuk para Founding Fathers Amerika Serikat seperti Washington, Franklin, Hancock, Hamilton, dan Monroe. (John Adams, bagaimanapun, mencela the Craft.) Anehnya, Freemasonry juga mendaftarkan Daniel Carroll, salah satu dari dua orang Katolik di Konvensi Konstitusi, saudara uskup pertama Amerika, Uskup Agung John Carroll dari Baltimore, dan sepupu Charles Carroll, satu-satunya orang Katolik yang menandatangani Deklarasi Kemerdekaan. Dalam pembelaan diri Carroll, dia berkata bahwa kutukan Paus terhadap Freemason belum diumumkan secara resmi di Amerika.

Lenyapnya seorang pria New York pada tahun 1826 telah mengungkapkan rahasia the Crafts yang kemudian memicu ledakan singkat perasaan anti-Masonik, tetapi kemudian Pondok-pondok Mason segera populer lagi. Selama abad kesembilan belas dan awal abad ke-20, umat Katolik Amerika menderita karena kekerasan the Craft ketika Freemason Amerika berubah menjadi Nativist dan anti-Katolik. Mereka sangat mencolok kekerasannya, baik dalam Ku Klux Klan yang asli maupun yang telah dihidupkan kembali. The Knights of Columbus, yang didirikan oleh Pastor Michael J. McGivney pada tahun 1882, menawarkan umat Katolik sebuah alternatif untuk menerima Pondok Mason ini.

Mason Amerika datang untuk memegang kekuasaan yang tidak proporsional di semua tingkat pemerintahan, termasuk lembaga kepresidenan, Kongres, dan Mahkamah Agung. Mereka memimpin perjuangan melawan sekolah-sekolah paroki dan menuntut pemisahan mutlak antara Gereja dan Negara. Jaringan pengaruh di kalangan Mason menahan persaingan dari orang luar dalam bisnis dan profesi. Keanggotaan dalam Lodge atau Pondok Mason menjadi lencana kehormatan bagi kelas menengah Protestan di puncak popularitas Freemasonry, 1920-1960.

Freemasonry dan anti-Katolik

Sementara itu, Grand Orient Lodges of France, Iberia, dan Amerika Latin membangun persepsi anti-Katolik yang jauh lebih suram. Mereka menarik orang-orang yang bermusuhan terhadap Gereja maupun Negara, yang menemukan organisasi Masonik beserta segala kerahasiaannya sebagai hal yang berguna untuk melakukan subversi politik. Para Mason amat menonjol peranannya dalam Revolusi Prancis dan kebangkitan Irlandia pada tahun 1798. Mereka membantu memimpin pemberontakan Amerika Selatan melawan Spanyol serta penyatuan Italia. Bahkan dengan menghilangkan kesan Deisme, Grand Orient Lodges berhenti menghormati Alkitab atau Kitab Hukum Suci. Mereka mendominasi gerakan Republik Perancis Ketiga yang sangat anti-klerus (1870-1940) dan menyita semua properti Gereja di Prancis. Mereka menganiaya dan membantai umat Katolik setelah Revolusi Meksiko dan selama Perang Saudara Spanyol. Bahkan di Uni Eropa saat ini, Mason menyukai sekularisasi radikal.

Marah dengan kegiatan-kegiatan ini, umat Katolik yang berpikiran dan menduga adanya konspirasi di dalam Mason, telah mengklaim bahwa mereka semua adalah bagian dari "persekongkolan Judeo-Masonic " yang juga menciptakan Komunisme. Bekerja bersama pendeta Irlandia yang produktif, pastor Denis Fahey, seperti halnya The Kingdom of Christ and Organized Naturalism (1943) adalah tipikal tokoh semacam itu. Mereka berpendapat bahwa adanya referensi kepada Perjanjian Lama dan penggunaan bahasa Ibrani dalam ritual Lodge membuktikan asal-usul Yahudi dari kelompok ‘the Craft.’ Tetapi para pendiri Freemasonry adalah orang-orang Kristen Skotlandia dan Konstitusinya disiapkan oleh seorang pendeta Protestan. Bukan hanya Marxisme sebagai entitas yang sepenuhnya berbeda, rezim Komunis selalu menekan Masonry, seperti yang dilakukan Hitler dan Mussolini. The Craft, bagaimanapun, juga dikritik sebagai pengaruh atau template untuk aliran Theosophy, beberapa tema dalam pemikiran New Age, dan Wicca, sebagaimana yang dikembangkan oleh Gerald Gardner.

Apa yang ditakutkan dari pengaruh "Judeo-Masonry" dan analisis buruk tentang kekurangan intrinsik dan tak dapat diperbaiki dari Craft, adalah berupa Relativisme dan Naturalisme. Blue Lodge Freemasonry memperlakukan semua agama sama, tetapi lebih rendah daripada "Cahaya" yang ditawarkan kepada para Brethren (anggota) pilihannya. Mereka mempercayai alasan dan penalaran mereka sendiri, bukan wahyu supranatural. Tetapi orang Kristen tahu bahwa keselamatan berasal dari Kehidupan, Kematian, dan Kebangkitan Yesus yang nyata, bukan legenda meragukan dari Hiram Abiff.

Selain itu, tingkat yang lebih tinggi dari Tubuh Pendukung (Appendant Bodies) Masonry adalah benar-benar penuh hujatan. The Royal Arch Degree of the York Rite mengungkapkan bahwa nama sebenarnya dari Tuhan adalah JAH-BUL-ON, yang merupakan gabungan dari bahasa Ibrani Jaweh (Yaweh) dengan nama-nama dewa kafir Baal dan Osiris. Gelar kedelapan belas Ritus Skotlandia (Rose Croix) menafsirkan kembali Salib dan nama singkatan I.N.R.I sebagai simbol-simbol pagan. Seorang kandidat untuk gelar ketiga puluh (Knight Kadosh) harus menginjak-injak tiara kepausan sambil berseru-seru: "Laknat bagi Penipu!" Dia bersumpah untuk menyebarkan ‘cahaya’ dan menggulingkan "takhayul, fanatisme, tipuan, dan intoleransi," yaitu sifat-sifat yang secara implisit diidentifikasi dengan agama Kristen, terutama agama Kristen Katolik . Buku Katolik terbaik yang menentang Lodge adalah Christianity and American Freemasonry (Ignatius Press) oleh William J. Whalen.

Sejak Freemasonry memasuki Eropa, Gereja Katolik telah menyaksikan dan memperingatkan hal itu. Pada tahun 1738, Paus Clement XII mengutuk the Craft karena ketergantungannya pada kebajikan alami belaka, sementara mereka mengabaikan peranan unik dari Kristus sebagai Juruselamat. Paus Clement juga mencela cara bersumpah yang keji, melibatkan darah, dan menuntut para anggotanya untuk melindungi rahasia Lodge sampai yang sekecil-kecilnya. Ironisnya, rahasia-rahasia berharga itu bukanlah rahasia. Semua detilnya telah diungkapkan berkali-kali, misalnya oleh Walton Hannah, bekas anggota Mason, dalam buku Darkness Visible: A Christian Appraisal of Freemasonry.

Paus Clement menetapkan bahwa umat Katolik yang bergabung dengan kaum Mason akan menerima exkom dimana penerimaan kembali kepada anggota Gereja hanya dilakukan oleh Paus sendiri. Sayangnya, hal ini memiliki pengaruh yang kecil sekali, karena peraturan itu tidak dipublikasikan di setiap negara, juga tidak dianggap serius di tempat mana ia diterbitkan. Delapan paus berikutnya harus mengulangi pesan itu, dan yang paling kuat adalah Paus Leo XIII dalam ensikliknya, Humanus genus tahun 1884. Dengan menyebut Lodge Masonik sebagai “musuh yang licik dan penipu,” Paus Leo menyatakan: “Janganlah ada umat yang mengira bahwa dia dapat, karena alasan apa pun, bergabung dengan sekte Masonik, jika dia menghargai nama Katoliknya dan keselamatannya yang kekal, sebagaimana dia harus menghargai semua itu.” Larangan yang keras ini dimasukkan dalam Undang-Undang Canon 1917.

Namun, setelah Konsili Vatikan II, pertentangan panjang antara Gereja dan Pondok Mason tampaknya mereda. Reinterpretasi terhadap hukum-hukum canon yang anti-Masonik pada tahun 1974 membuat beberapa umat Katolik berpikir bahwa hanya kelompok Mason yang secara aktif merencanakan menentang Gereja, dilarang bagi mereka.

Liberalisasi ini sayangnya tidak tepat waktu. Beberapa Freemason terkenal telah berkonspirasi untuk melawan Vatikan melalui banknya. Pada bulan Maret 1981, dua orang penasihat keuangan utama Paus Paul VI — yang dikenal sebagai anggota Mason — kedoknya dibuka sebagai anggota dari sebuah Lodge rahasia bernama Propaganda Due (P2) yang sedang mempersiapkan pengambilalihan fasis atas Italia. Kedua orang itu kemudian mati secara misterius, mungkin dibunuh. Vatikan kehilangan 240 juta dolar dengan kolapsnya bank Vatikan.

The P2 Lodge, yang merupakan istilah lain di Italia untuk organisasi Grand Orient Masonry dan juga Gereja, mendaftarkan 953 anggota termasuk tokoh peringkat tinggi, di pemerintahan, militer, layanan keamanan, akademisi, bisnis, hukum, media, dan keuangan di Italia. Tidak ada satupun yang menjadi anggota gereja. Meskipun ada sikap diam sepenuhnya dari mereka, tetapi hal itu tidak bisa menghilangkan prasangka keberadaan Masonry Ecclesiastical (Mason di dalam Gereja), karena adanya seorang tokoh yang begitu disayang di Italia dan Tradisionalis Radikal, menjadi bukti yang layak dipercaya.

Kebetulan atau tidak, Roma sudah memiliki pikiran kedua. Tepat sebelum skandal P2 pecah, uskup setempat telah diperingatkan pada tahun 1981 bahwa mereka tidak memiliki wewenang untuk menilai karakter asosiasi Masonik lokal dan mengendurkan pembatasan-pembatasan lama. Meskipun Undang-Undang Hukum Canon baru yang dikeluarkan pada tahun 1983 tidak menyebutkan the Craft atau kelompok-kelompok serupa dengan menyebut nama, Kardinal Joseph Ratzinger, kepala Kongregasi untuk Ajaran Iman, dengan tegas mengulangi larangan lama pada 26 November 1983: “Sikap penentangan Gereja terhadap asosiasi Masonik tetap tidak berubah, karena prinsip-prinsip mereka selalu dianggap tidak dapat didamaikan dengan doktrin Gereja.” Paus Yohanes Paulus II memerintahkan peraturan ini dimasukkan dalam hukum Gereja. Para uskup di Amerika Serikat juga melaporkan kesimpulan yang sama pada tahun 1985: seseorang tidak bisa menjadi Katolik dan Freemason.

Banyak institusi Kristen lainnya juga mengutuk Freemasonry, termasuk kaum Lutheran, Evangelis, Pentakosta, Baptis, dan pengikut Ortodoks dari Sinode Suci Yunani. Bahkan Gereja Mormon, yang pada mulanya dipengaruhi oleh Masonry, kemudian mereka mengutuk the Craft.

Gereja Katolik dan Lodge (Pondok Masonik) tidak pernah bisa didamaikan. Freemasonry mengajarkan agama saingan Naturalisme, apakah itu berupa persekongkolan, penganiayaan, menghujat, terlibat dalam filantropi, atau bahkan berperilaku sopan. Mason memperlakukan semua agama sebagai hal sama, tetapi lebih rendah dari kebijaksanaan Gnostiknya sendiri. Sayangnya, kedalaman pemikiran yang ditawarkan tidak pernah memperlihatkan dirinya dari balik bayang-bayang kerahasiaannya. Bahkan setelah seseorang telah menjalani setiap tingkatan yang dikenal di kelompok Masonik, dia tidak akan lebih tercerahkan daripada ketika dia memulainya dulu, tetapi bahkan dia semakin jauh dan jauh dari Cahaya sejati. Arsitek Agung Alam Semesta Deisme dan Freemasonry bukanlah Allah Tritunggal — Bapa, Putera, dan Roh Kudus — yang dimiliki oleh orang Kristen.

++++++++++++++++++++++++++++

(Editor’s note: The final sentence of this article was revised on February 8th for clarification. This article appeared in somewhat different form in The Catholic Answer, July/August, 2006.)



About Sandra Miesel  14 Articles
Sandra Miesel is an American medievalist and writer. She is the author of hundreds of articles on history and art, among other subjects, and has written several books, including The Da Vinci Hoax: Exposing the Errors in The Da Vinci Code, which she co-authored with Carl E. Olson.

* Silakan Lihat artikel:

ISI PERUT 5 MASYARAKAT RAHASIA YANG SUNGGUH MENGENDALIKAN DUNIA…



No comments:

Post a Comment