Tuesday, December 19, 2023

Bergoglio Secara Resmi Menyetujui Pemberkatan Atas Dosa

 


  

Bergoglio Secara Resmi Menyetujui Pemberkatan Atas Dosa

 

https://www.complicitclergy.com/2023/12/18/bergoglio-formally-approves-the-blessing-of-sin/

 

 

December 18, 2023 from Complicit Clergy by Staff

 

 

Hari ini Dikasteri Vatikan untuk Ajaran Iman mengeluarkan deklarasi bertajuk “Pemohon Fidusia” yang secara resmi membuka pintu pemberkatan bagi perkawinan homoseksual. Dalam pernyataan resminya mengenai masalah ini, Vatikan berupaya untuk membedakan pemberkatan ini dengan pernikahan, namun hal ini tidak akan menjadi masalah bagi mereka yang berupaya meremehkan dan sengaja melemahkan ajaran Gereja.

 

Pertanyaan tentang pemberkatan hubungan homoseksual telah dibahas pada tahun 2021. Kongregasi Ajaran Iman mengeluarkan jawaban terhadap pertanyaan: “Apakah Gereja memiliki wewenang untuk memberikan berkat kepada hubungan sesama jenis?” Tanggapannya adalah: “Negatif” diikuti dengan penjelasan. Mengenai hakikat dan tujuan ritus sakramental, tanggapannya menyatakan bahwa sesuai dengan hakikat dan tujuan sakramental, apa yang diberkati harus secara obyektif dan positif diperintahkan untuk menerima dan mengungkapkan rahmat Tuhan, sesuai dengan rancangan Tuhan yang tertulis dalam ciptaan, dan sepenuhnya diungkapkan oleh Kristus Tuhan. Oleh karena itu, hanya realitas-realitas yang dengan sendirinya diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut yang sesuai dengan hakikat berkat yang boleh diberikan oleh Gereja. Karena hubungan sesama jenis bertentangan dengan “rencana Allah yang tertulis dalam ciptaan”, maka dengan sendirinya pemberkatan hubungan sesama jenis tidak mungkin dilakukan.

 

Katekismus Baltimore mendefinisikan bid'ah semacam ini sebagai dosa berat. Dinyatakan: “Penyangkalan terhadap satu pasal iman saja akan menjadikan seseorang sesat dan berdosa berat, karena Kitab Suci mengatakan: 'Barangsiapa menaati seluruh hukum tetapi melanggar satu pokok saja, maka dia bersalah terhadap seluruhnya'” (Q. 1171).

 

Silakan lihat artikel lainnya di sini:


Menormalkan Sodomi: Warisan Sejati dari Francis

 

 

-------------------------------------

 

Silakan membaca artikel lainnya di sini:


Ned Dougherty, 30 Nopember 2023

LDM, 8 Desember 2023

Surat Terbuka Kedua Kepada paus - Berkaitan Dengan Pemberhentian Uskup Joseph Strickland

Hanya Dengan Cara Kembali kepada Ajaran dan Iman Tradisional

LDM, 12 Desember 2023

Pedro Regis 5531 - 5535

LDM, 17 Desember 2023