Wednesday, October 18, 2023

Semua umat Kristiani, bukan hanya Katolik, patut merasa khawatir dengan Sinode…

 


 

Semua umat Kristiani, bukan hanya Katolik, patut merasa khawatir dengan

Sinode paus Francis saat ini 

https://www.complicitclergy.com/2023/10/11/all-christians-not-just-catholics-should-be-worried-about-pope-francis-synod/ 


October 11, 2023 from The Federalist by John Daniel Davidson

 

Ada sebuah kecenderungan yang tidak menguntungkan di kalangan umat Katolik dan Protestan untuk menikmati kemalangan satu sama lain. Ketika beberapa pastor dari gereja besar evangelis dengan keras kepala menerima agenda LGBT, umat Katolik akan menyindir bahwa hal itu tidak bisa dihindari berkat Reformasi Protestan. Ketika paus Francis tampak meremehkan ajaran Kristen ortodoks melalui jawabannya yang sangat kacau terhadap pertanyaan beberapa pewawancara, umat Protestan akan membentak “paus komunis.”

 

Misalnya, pada minggu lalu, sebuah video pendek (dan memang cukup meresahkan) yang menampilkan paus Francis dikelilingi oleh para pemain sirkus yang berpakaian minim beredar di media sosial, memicu cemoohan pihak Protestan seperti, “Tidak ada kata terlambat untuk bergabung dengan Reformasi (Protestan)!”

 

Namun ada sesuatu yang sedang terjadi di Roma saat ini yang seharusnya mengkhawatirkan umat Protestan dan juga umat Katolik. “Sinode tentang Sinodalitas” Vatikan yang dimulai hari ini, yang pada pandangan pertama tampak seperti sebuah latihan referensial akademis, seperti mengadakan konferensi tentang konferensi.

 

Namun sinode ini bukan sekadar ada sekelompok uskup yang mempertimbangkan tata kelola gerejawi. Tujuan dan ambisi sebenarnya dari sinode ini adalah untuk mengubah Gereja Katolik secara mendasar – sesuatu yang harus menjadi perhatian umat Kristiani di mana pun, baik Katolik maupun Protestan. Sebagaimana dicatat oleh Michael Brendan Dougherty, inti dari sinode ini adalah “sekelompok besar uskup berdebat satu sama lain mengenai materi survei yang mereka pandu kepada sejumlah kecil umat awam Katolik di keuskupan asal mereka, dan apakah tumpukan makalah ini memberikan liputan yang cukup. agar Paus mulai membuang ajaran-ajaran moral dan dogmatis tertentu dari gereja demi pemahaman yang lebih baru.”

 

Pada titik ini, jelas bahwa inilah yang coba dilakukan oleh paus Francis. Bagaimana dia melakukannya? Dengan bersembunyi di balik daun ara “pengembangan doktrin” dan “amal kasih pastoral.” Misalnya, dalam komentarnya yang mengejutkan tentang pernikahan dan kemungkinan para pastor memberkati relasi homoseksual, yang dikeluarkan secara pribadi pada bulan Juli namun baru diumumkan minggu lalu. Komentar-komentar tersebut menegaskan apa yang telah lama diketahui oleh para pengamat paus Francis: bahwa dia, paus Francis, memang sengaja tidak mengatakan secara jelas mengenai hal-hal yang harus dijelaskan, dan ketidakjelasan ini menimbulkan kebingungan. Mengapa dia ingin menabur kebingungan? Untuk membuka ruang perubahan. Memang benar, salah satu cara untuk menafsirkan pernyataan Paus yang kacau balau tentang pemberkatan pada relasi homoseksual adalah bahwa dia membuka pintu bagi perubahan radikal dalam praktik Katolik tanpa secara teknis mengubah doktrin Katolik (sesuatu yang, bagaimana pun juga, tidak dapat dilakukan oleh Paus).

 

 

Silakan membaca lebih lanjut di sini: The Federalist

 

-------------------------------------

Silakan membaca artikel lainnya di sini:

Kelly Bowring: Revolusi Di Roma & Penghancuran Yerusalem

LDM - PERANG DUNIA III

LDM, 11 Oktober 2023

Sinode tentang Sinodalitas sekarang membahas tentang diakon perempuan…

Perang yang melibatkan Israel, Iran, Suriah dan Mesir dalam Kitab Kebenaran

Semua wali gereja anggota Mafia St. Gallen ditunjuk oleh Kardinal Baggio…

Bergoglio Terus Melanjutkan Perjalanan Homoseks Pribadinya