Sunday, October 15, 2023

Sinode tentang Sinodalitas sekarang membahas tentang diakon perempuan…

 Sinode tentang Sinodalitas sekarang membahas tentang diakon perempuan,

imam yang menikah, dan pemerintahan umat awam dalam Gereja

https://www.lifesitenews.com/news/synod-female-deacons-married-priests-lay/?utm_source=daily-canada-2023-10-14&utm_medium=email

 

 

Para peserta Sinode kini akan menghabiskan beberapa hari ke depan untuk membahas topik-topik kontroversial, setelah para pejabat Gereja peserta sinode menolak berkomitmen bahwa para anggota harus menjunjung tinggi ajaran Gereja dalam diskusi.

 

Paus Francis dan Sinode tentang para pemimpin Sinodalitas, October 13, 2023.

Michael Haynes/LifeSiteNews

 

 

By Michael Haynes

 

Fri Oct 13, 2023 - 12:18 pm EDT

 

 

VATICAN CITY (LifeSiteNews) — Para peserta Sinode tentang Sinodalitas saat ini sedang mendiskusikan topik mengenai imam yang menikah, diakon perempuan, dan peningkatan pelayanan bagi umat awam sebagai bagian dari modul ketiga dari lima modul yang diadakan selama acara tersebut.

 

Membuka persidangan pada hari Jumat pagi, relator jenderal Kardinal Jean-Claude Hollerich memberikan pidato yang menyoroti tema-tema utama yang akan menjadi bahan diskusi pada sinode hingga hari Rabu.

 

Pertanyaan sentral dalam diskusi ini adalah “Tanggung Jawab Bersama dalam Misi: Bagaimana kita dapat berbagi karunia dan tugas dengan lebih baik dalam pelayanan Injil?” Namun, 35 kelompok lingkaran kecil akan membahas lima subbagian modul yang berbeda, dengan hanya satu sub-bagian yang ditugaskan kepada setiap kelompok selama durasi modul.

 

Di dalam lembar kerja yang diberikan kepada peserta sinode terdapat pertanyaan-pertanyaan yang harus ditangani:

 

· Kepemimpinan Gereja oleh umat awam

· Pelayanan oleh umat awam

· Klerikalisme

· Peran perempuan dalam pemerintahan Gereja

· Kemungkinan adanya diakon wanita

· Kemungkinan pastor yang menikah

· Pembentukan seminari untuk meningkatkan sinodalitas

· Peran uskup dalam gereja sinode

 

 

Hollerich, seorang tokoh heterodox/modernisme dalam Gereja, memberikan perhatian khusus untuk menyoroti tema perempuan dalam Gereja dalam pidato pembukaannya.

 

Silakan baca ini: Pejabat Sinode menolak menjawab apakah para anggota harus mengikuti ajaran Gereja atau tidak, dalam diskusi

 

“Kebanyakan dari kami adalah laki-laki. Namun pria dan wanita menerima baptisan dan Roh yang sama. Pembaptisan perempuan tidak kalah dengan pembaptisan laki-laki,” katanya, yang tampaknya merupakan singgungan terhadap perdebatan, sekaligus dukungan, mengenai pelayanan oleh perempuan dalam Gereja.

 

Bagaimana kita dapat memastikan bahwa perempuan merasa bahwa mereka adalah bagian integral dari Gereja misioner ini? Apakah kita, para pria, memahami keberagaman dan kekayaan karisma yang diberikan Roh Kudus kepada perempuan? Atau cara kita bertindak seringkali bergantung pada pendidikan kita di masa lalu, pola asuh dan pengalaman keluarga kita, atau prasangka dan stereotip budaya kita?

 

Apakah kita merasa diperkaya atau terancam ketika kita berbagi misi bersama dan ketika perempuan ikut bertanggung jawab dalam misi Gereja, berdasarkan rahmat Pembaptisan kita bersama?

 

Dia menempatkan imamat pria di samping “pelayanan baptisan lainnya,” menanyakan apakah para pastor “siap menerima bahwa semua bagian tubuh itu (pria/wanita) adalah penting.”

 

Selain pria , kebanyakan dari kami juga ditahbiskan menjadi pastor. Dalam umat Allah juga terdapat komponen-komponen lain, karisma-karisma lain, panggilan-panggilan lain, dan pelayanan-pelayanan lain. Apa hubungan antara pelayanan tertahbis dan pelayanan baptisan lainnya? Kita semua tahu gambaran tubuh yang digunakan Santo Paulus. Siapkah kita menerima bahwa seluruh bagian tubuh itu penting? Siapkah kita menerima bahwa Kristus adalah Kepala dari tubuh, dan bahwa tubuh hanya dapat berfungsi jika masing-masing bagian berhubungan dengan kepala dan bagian lainnya? Dapatkah tubuh Gereja kita bertindak selaras ataukah bagian-bagiannya bergerak ke segala arah?

 

 

Lembar kerja Sinode: Pemerintahan dan pelayanan oleh perempuan

 

Dengan berbagai kalangan kecil yang mengerjakan lembar kerja yang disediakan selama beberapa hari mendatang, tema dan pertanyaan yang diangkat dalam teks itulah yang memberikan petunjuk mengenai arah sinode ini: perubahan mendasar pada ajaran Yesus Kristus.

 

Lembar Kerja B2.2 menyatakan bahwa proses sinode telah mengakui “panggilan yang jelas untuk mengatasi visi yang menempatkan fungsi aktif apa pun dalam Gereja hanya pada para Pelayan yang ditahbiskan (Uskup, Imam, Diakon), sehingga mengurangi partisipasi orang-orang yang dibaptis (pria dan wanita) menjadi kolaborasi yang tersubordinasi.”

 

Akibatnya, kelompok yang membahas bagian ini harus melihat pada pertanyaan, “Bagaimana kita dapat memperbarui pemahaman tentang pelayanan yang tidak terbatas pada pelayanan orang yang ditahbiskan saja?” di antara pertanyaan-pertanyaan lainnya.

 

Silakan baca ini: Sinode tentang Sinodalitas ini membahas pendekatan ‘pastoral’ terhadap ‘cinta di antara pasangan gay’

 

Bagian B2.3 menyoroti bahwa semua kelompok sinode kontinental telah mengeluarkan “seruan agar isu partisipasi perempuan dalam pemerintahan, pengambilan keputusan, misi dan pelayanan di semua tingkat Gereja, untuk ditangani, dan agar partisipasi (kaum wanita) ini diberi dukungan struktur yang tepat sehingga hal ini tidak hanya sekedar aspirasi umum.”

 

Oleh karena itu, muncul pertanyaan mengenai kemungkinan dibentuknya “kementerian” baru bagi perempuan untuk menjawab seruan tersebut: “Kementerian baru apa yang dapat dibentuk untuk menyediakan sarana dan peluang bagi partisipasi efektif perempuan dalam lembaga-lembaga yang berwenang dalam melakukan penegasan dan pengambilan keputusan?”

 

Pelayanan baru tersebut bahkan mencakup panggilan untuk diakon perempuan, dengan bagian B2.3 diakhiri dengan petisi langsung berikut:

 

Sebagian besar Majelis Kontinental dan sintesis dari beberapa Konferensi Waligereja menyerukan agar persoalan inklusi perempuan dalam diakonat dipertimbangkan. Apakah mungkin untuk membayangkan hal ini, dan dengan cara apa?

 

 

Pastor Timothy Radcliffe dan Sr. Nathalie Becquart (suami istri) tiba di sinode,

12 Oktober 2023.

 

 

 

Imam yang menikah dan otoritas umat awam

 

Selain peran perempuan pada khususnya, terdapat pula topik yang sedikit lebih umum mengenai kaum awam dalam tata kelola Gereja, yaitu suatu arus bawah yang bergerak dari hierarki Gereja yang bersifat klerikal menuju Gereja yang semakin dipimpin oleh kaum awam.

 

Pertanyaan-pertanyaan disajikan untuk meminta para peserta untuk mengkaji apakah kaum awam dapat “melakukan peran sebagai pemimpin masyarakat, khususnya di tempat-tempat dimana jumlah pastor yang ditahbiskan sangat sedikit? Apa implikasi hal ini terhadap pemahaman Pelayanan yang ditahbiskan?”

 

Peran diakon tetap juga disorot – sebuah topik yang semakin menarik perhatian Vatikan ketika para pejabat berupaya menjawab krisis panggilan yang mewabah di banyak belahan dunia. “Bagaimana pelayanan diakonat permanen harus dipahami dalam Gereja sinodal misionaris?”


Silakan bacaMengapa Sinode tentang Sinodalitas ini MENDORONG untuk ‘menyambut’ mereka yang berada dalam hubungan/perkawinan ‘poligami’?

 

Namun selain itu, dan dalam bahasa yang mirip dengan seruan Sinode Amazon untuk viri probati, teks ini menimbulkan pertanyaan mengenai pastor yang menikah:

 

Seperti yang diusulkan beberapa benua, dapatkah dibuka refleksi mengenai disiplin akses terhadap Imamat bagi pria yang menikah, setidaknya di beberapa wilayah?

 

Saat membuka modul pada hari Jumat, Hollerich memperingatkan peserta sinode untuk tidak “memberikan jawaban tergesa-gesa yang tidak mempertimbangkan semua aspek dari pertanyaan-pertanyaan sulit ini,” karena ini adalah “beberapa poin penting dari Sinode kita.”

 

Janganlah kita memberikan jawaban tergesa-gesa yang tidak mempertimbangkan semua aspek dari pertanyaan-pertanyaan sulit ini. Kami memiliki teolog yang dapat kami konsultasikan, dan kami memiliki waktu untuk berdoa serta memperdalam pertanyaan-pertanyaan yang kami identifikasi sekarang untuk mencapai kesimpulan pada sesi kedua bulan Oktober 2024.

 

Hasil diskusi kecil selama beberapa hari ke depan akan diserahkan kepada pejabat Sekretariat Jenderal Sinode Uskup dan digunakan dalam penyusunan laporan akhir sinode Oktober 2023.

 

-------------------------------------

 

Silakan membaca artikel lainnya di sini:

 

LDM - TATA DUNIA BARU

LDM, 9 Oktober 2023

Pedro Regis 5501 - 5505

Kumpulan pesan LDM tentang konflik sosial dan rasial

Kelly Bowring: Revolusi Di Roma & Penghancuran Yerusalem

LDM - PERANG DUNIA III

LDM, 11 Oktober 2023