Wednesday, October 4, 2023

Paus Francis dan Skisma, tinjauan ulang

 


 

 Paus Francis dan Skisma, tinjauan ulang

 https://www.complicitclergy.com/2023/10/04/pope-francis-and-schism-re-visited/ 

 

October 4, 2023 from The Catholic Thing by pastor Thomas Weinandy

 

 

Banyak hal telah terjadi sejak saya pertama kali menerbitkan artikel asli saya, “Paus Fransis dan Skisma,” di The Catholic Thing pada tanggal 8 Oktober 2019. Apa yang terjadi pada tahun-tahun berikutnya telah menegaskan banyak poin yang saya sampaikan saat itu. Di sini, atas permintaan Robert Royal, saya ingin meninjau kembali dan memperluas beberapa di antaranya.

 

Pertama, ketidaksukaan dan kritik paus Francis terhadap Gereja Katolik di Amerika Serikat, khususnya terhadap umat awam Katolik, semakin meningkat. Seperti yang saya sebutkan di kolom sebelumnya, Gereja Katolik Amerika adalah kritikus utama terhadap pernyataan-pernyataan paus Francis yang sering kali bersifat ambigu secara teologis. Selama empat tahun terakhir, ketika ambiguitas paus Francis semakin meningkat, sering kali disampaikan secara spontan, kritik terhadap pernyataan dan kebijakan gerejawinya pun meningkat.

 

Tanggapan kritis yang terus meningkat ini, dari berbagai media dan juru bicara, tidak banyak datang dari para pastor Amerika, namun dari umat awam Katolik Amerika. Tidak ada negara lain yang memiliki kaum awam terpelajar, baik pria maupun wanita, yang setia kepada Gereja, seperti di Amerika Serikat. Paus Francis merasa mustahil untuk menanggapi tantangan teologis dan filosofis dari umat awam Katolik di Amerika – selain dengan ucapan yang menuduh mereka kaku dan hanya memandang ke belakang.

 

Namun umat awam Katolik Amerika, saat ini dan di masa depan, tidak akan bisa diintimidasi hingga mau bersikap diam. Cemoohan verbal semacam itu hanyalah sebuah tanda bahwa paus Francis tidak siap secara intelektual untuk membahas isu-isu tersebut, sehingga dia telah kalah dalam pertarungan ilmiah.

 

Continue reading at The Catholic Thing

 

-------------------------------------

 

Silakan membaca artikel lainnya di sini:


Kardinal Sarah: Francis Sebagai Agresor Melawan Perdamaian

LDM - Penampakan Universal Perawan Maria Terberkati Dinubuatkan

LDM, 25 September 2023

Pedro Regis 5496 - 5500

LDM, 30 September 2023 

Schneider: Para Musuh Tuhan Bercokol Dalam Majelis Sinode 

Kebingungan Semakin Memburuk