Sunday, October 8, 2023

Pastor Joseph Illo - Surat Terbuka Untuk Paus Francis

 Pastor Joseph Illo:

Surat Terbuka Untuk Paus Francis

 

10/6/2023

Aslinya silakan lihat di sini:

https://www.frilloblog.com/blog/an-open-letter-to-pope-francis?fbclid=IwAR1asCO1a34jqM8_4wEijMJqpFqgkjVm8Q5mf9mORuTTR9WiSR5L0q6tqEU

 

Paus Francis yang terkasih,

Saya menulis kepada Anda dalam semangat parrhesia, sebuah kata alkitabiah yang telah Anda gunakan beberapa kali untuk mendorong kita berbicara dengan bebas, berani, dan tanpa rasa takut akan perselisihan. Dalam pidato pembukaan Anda kepada delegasi Sinode pada hari Rabu lalu, Anda mengatakan bahwa “setiap orang perlu mengekspresikan diri mereka secara bebas.” Mohon terimalah kata-kata saya berikut ini dengan bebas, bukan dari Roma, tetapi dari pinggiran, dari seorang pastor paroki yang sederhana.

Bapa Francis, saya harus memberitahu Anda bahwa Anda telah mempersulit pekerjaan saya sebagai pastor paroki. Saya bekerja di salah satu paroki yang mengalami kemunduran di San Francisco, California, sebuah kota yang bangga karena telah berkembang melampaui iman kepada Tuhan. Di kota saya, iman secara terbuka diejek dan diserang, dan umat paroki saya berjuang untuk percaya kepada Yesus. Sebagian besar anggota keluarga, teman, dan rekan kerja mereka telah meninggalkan iman Kristen. Umat paroki saya tidak boleh memakai salib atau menyebut nama Yesus di tempat kerja karena takut kehilangan pekerjaan. Sekolah kami mengajarkan anak-anak mereka sejak taman kanak-kanak untuk meragukan kemuliaan alami tubuh mereka, dan meremehkan pernikahan dan kehidupan berkeluarga. Umat paroki saya berpegang teguh pada kebenaran sederhana dari iman kami, khususnya ajaran Gereja tentang pribadi manusia.

Ketika Anda mempromosikan homoseksualitas, Bapa Suci, Anda telah sangat menyakiti saya dan paroki saya. Jika Anda tidak berbicara dengan jelas mengenai hal ini, Anda membuat tugas imamat saya menjadi sangat sulit. Anda telah mengatakan bahwa dua pria tidak dapat “menikah,” dan bahwa tindakan homoseksual adalah salah, namun Anda juga mendorong para uskup yang mau memberkati persatuan sesama jenis. Seorang siswi dari paroki saya, yang kuliah di universitas milik Jesuit, “menikahi” wanita lain menurut hukum Amerika Serikat. Dia kemudian melakukan operasi pengangkatan payudara dan rahimnya agar terlihat seperti pria. Dia membenci ibunya karena membesarkannya sebagai seorang Katolik, dan ibunya sangat bersedih atas kehilangan putri dan cucunya. Tapi mahasiswa ini menunjuk pada Anda, Bapa Suci. Dia mengatakan Anda mengizinkan pemberkatan kepada relasi homoseksual di Jerman, dan Anda mendukung para pastor dan kardinal yang mempromosikan hubungan homoseksual. Dia tahu bahwa Anda telah menunjuk seorang kardinal Eropa yang mempromosikan relasi homoseksual untuk memimpin Sinode ini.

Anda adalah bapa rohani saya, Papa Francesco. Ketahuilah bahwa Anda menyakiti saya, dan menyakiti paroki saya. Kami membutuhkan Anda untuk mengajarkan Injil Yesus Kristus dengan jelas di saat kebingungan dan rasa sakit hati yang besar. Kami ingin Anda mengajarkan kebenaran sederhana dari Kitab pertama Alkitab, Kitab Kejadian, bahwa Tuhan menjadikan kita laki-laki dan perempuan, dan karena alasan ini “seorang laki-laki menyatu dengan istrinya, dan keduanya menjadi satu daging.” Jika Anda tidak mengajarkan hal ini dengan jelas, kami para pastor paroki tidak dapat menginjili umat kami dengan baik, dan semua umat akan menderita.

Pastor Joseph Illo, Paroki Star of the Sea, San Francisco, California, Amerika Serikat

 


Francis berkata kepada klerus: Putuskan sendiri apakah kamu akan memberkati dosa…  Silakan baca di sini

 

 

 

-------------------------------------

 

Silakan membaca artikel lainnya di sini:


LDM, 30 September 2023

Schneider: Para Musuh Tuhan Bercokol Dalam Majelis Sinode 

Kebingungan Semakin Memburuk

Paus Francis dan Skisma, tinjauan ulang

Agama Baru Sinodalitas

Apakah Sinode Horor Akan Hadir pada Tahun 2023/24?

LDM, 4 Oktober 2023