Wednesday, October 4, 2023

Kebingungan Semakin Memburuk

 


 Kebingungan Semakin Memburuk

 https://www.complicitclergy.com/2023/10/04/confusion-worse-confounded/ 

 

October 4, 2023 from The Catholic Thing by Robert Royal

 

Jika Anda ingin ada dua kata untuk menggambarkan situasi Sinode tentang Sinodalitas, peristiwa yang dimulai hari ini di Roma, maka Anda akan mengalami kebingungan yang mendalam. Kecuali Anda ingin menambahkan kebingungan yang ketiga, secara sengaja. Karena sudah jelas dari serangkaian tindakan konkrit selama ini, bahwa apa yang dikatakan bukanlah apa yang akan terjadi. Dan apa yang akan terjadi belum diumumkan. Namun ada semacam metode untuk mengatasi kegilaan ini.

 

Pertama-tama, format Sinode ini memang sudah menimbulkan kebingungan – dan itu ada alasannya.

 

Di satu sisi, kita telah diberitahu oleh otoritas sinode tertinggi – mulai dari Paus hingga orang-orang di bawahnya – bahwa sinodalitas adalah pemulihan dimensi kuno Gereja yang dilestarikan di Timur namun telah hilang di Barat. Hal ini berarti, meskipun tidak dapat diasumsikan, bahwa ini adalah pernyataan niat yang benar. Karena….

 

Di sisi lain, kita mendengar kata-kata pemimpin Gereja Katolik Yunani – yang merupakan bagian dari tradisi Timur (meskipun dalam persekutuan dengan Roma) – yang memperingatkan: 

 

Jika Barat memahami sinodalitas sebagai tempat atau momen di mana setiap orang, baik awam maupun klerus, bertindak bersama untuk mencapai suatu keputusan gerejawi, doktrinal, kanonik, dan disipliner, apa pun itu, maka jelaslah bahwa sinodalitas seperti itu tidak ada di Timur.

 

Secara historis, hal ini benar dan tidak diragukan lagi. Itulah sebabnya ketika sinode-sinode mulai diselenggarakan setelah Konsili Vatikan II, sinode-sinode tersebut adalah sinode para uskup, yang sedang berbincang dengan Paus, yaitu sinode-sinode yang mempunyai wewenang apostolik untuk memerintah, mengajar, dan menguduskan. Itulah tradisi Timur yang menurut kami telah hilang di Barat.

 

Konfigurasi baru ini, yang muncul begitu saja dari orang-orang yang dibentuk oleh beberapa arus budaya, yang tidak menguntungkan dalam beberapa dekade terakhir, menunjukkan bahwa klaim lebih lanjut dari para penyelenggara sinode di Roma saat ini – bahwa sinode tersebut bukanlah sebuah upaya demokratisasi Gereja – bukan sekedar sebuah sejarah. kesalahan tentang tradisi. Itu sudah jelas. Satu-satunya pertanyaan adalah mengapa itu dilakukan?


Sinode tersebut tidak akan menjadi parlemen – seperti yang dikatakan paus Francis. Namun sinode ini akan berfungsi seperti itu, hanya saja, pada akhirnya, raja non-herediter yang kita sebut “paus” saat ini, dapat menggunakan atau mengabaikan musyawarah tersebut, sesuai dengan keinginannya sendiri, seperti kebiasaannya. Dan kita sudah mempunyai beberapa petunjuk tentang apa artinya hal ini, dalam beberapa hal yang konkrit, meskipun kita diberitahu bahwa tidak banyak hal penting yang akan diputuskan bulan ini. (Oktober tahun depan mungkin akan berbeda.)

 

Sudah ada pernyataan-pernyataan pencegahan (yang pastinya membingungkan atau ambigu) mengenai perubahan-perubahan penting. Ada lima orang Kardinal – sekarang enam dengan persetujuan Kardinal Müller, dan tujuh karena mendiang Kardinal Pell yang agung telah menyetujuinya sebelum dia meninggal – Para Kardinal dari setiap benua, mengajukan pertanyaan (dubia) kepada paus Francis yang kemudian kali ini dijawab oleh kepala dikasteri kepausan yang baru tentang Ajaran Iman, dengan kecepatan jawabannya yang amat mengejutkan. (Kardinal Burke mengungkapkan pada kuliah umum di Roma tadi malam bahwa ada Kardinal lain yang diam-diam mendukung pertanyaan dubia mereka.)

 

Kita akan menggali hal itu lebih dalam secara spesifik dalam beberapa hari dan minggu mendatang, namun perlu dicatat terlebih dahulu beberapa fakta yang jelas saat ini.

 

Yang paling mencolok adalah bahwa pemberian berkat kepada relasi sesama akan berada pada kebijaksanaan para uskup dan imam setempat, yang berarti bahwa hal ini akan diwajibkan ketika sosok-sosok penguasa lokal tersebut mulai mendapat tekanan dari para aktivis lokal dan media sekuler.

 

 

Silakan membaca lebih jauh di sini The Catholic Thing


-------------------------------------

 

Silakan membaca artikel lainnya di sini:


Ned Dougherty, 19 September 2023

Kardinal Sarah: Francis Sebagai Agresor Melawan Perdamaian

LDM - Penampakan Universal Perawan Maria Terberkati Dinubuatkan

LDM, 25 September 2023

Pedro Regis 5496 - 5500

LDM, 30 September 2023

Schneider: Para Musuh Tuhan Bercokol Dalam Majelis Sinode