Thursday, March 9, 2023

Anne, lokusi 10 / 11, 14 Februari 2023 (1)

 Anne, lokusi 10 / 11 

14 Februari 2023 (1) 

 

Maria, Ibu, Murid, dan Ratu Gereja 

Persatuan di dalam Gereja kita sangat penting demi perlindungan dan pelestarian

Ekaristi. Ada orang yang percaya bahwa mereka dapat melepaskan diri dari kursi otoritas kita dan mendirikan Gereja lain, meskipun mereka menyadari apa yang dipertaruhkan melalui tindakan seperti itu. Mereka percaya, dengan satu atau lain alasan, bahwa mereka memiliki visi yang paling akurat di mana Gereja kita harus berjalan di masa depan dan pengalaman apa yang harus diberikan kepada anak-anak Tuhan. Selalu ada, setiap saat, orang-orang yang tergoda dengan cara ini. Namun, agar tetap diurapi Tuhan dan diberkati Tuhan, tindakan mereka harus dilakukan dalam persekutuan, bahkan dengan persetujuan penuh, di bawah pimpinan Petrus. Sekali lagi aku menekankan, perasaan-perasaan mereka bukanlah hal baru, kesimpulan mereka juga tidaklah unik. Bahkan sejak hari-hari awal perpecahan Gereja meletus. Aku tidak takut dengan setiap perpecahan yang baru. Aku hanya mengarahkan mereka kembali kepada persatuan, bahkan ketika keharmonisan ternyata sulit diwujudkan. 

Tempat bekerja untuk pembaharuan adalah dari dalam otoritas Gereja. Aku memperhatikan dengan seksama setiap kelompok yang percaya bahwa Gereja harus dipisahkan dari otoritas yang sah untuk melindunginya. Tuhan selalu melindungi Gereja-Nya di dunia. Umat manusia akan terus berusaha mengetahui dan membedakan kehendak Tuhan melawan perjalanan waktu, dan akan selalu ada ketegangan. Inilah yang ingin kukatakan dengan jelas. Tuhan pasti memimpin Gereja saat ini dan setiap waktu. Dia selalu waspada terhadap anak-anak-Nya di dunia serta keadaan yang menyebabkan efek berbahaya bagi mereka. Tuhan membentuk dan mengembangkan Gereja melalui orang-orang yang mau mendengarkan-Nya, dan yang juga memperhatikan perubahan budaya dan memahami apa yang paling dibutuhkan manusia. 

Seorang ayah yang baik cenderung mengasuh anak-anaknya secara unik, dalam konteks waktu mereka, karena mereka bukanlah anak-anak yang sama dengan masa lalu. Bagaimana mereka bisa diasuh? Ayah yang baik cenderung mengasuh dan mendidik anak-anaknya secara berbeda sesuai dengan budaya di negara tempat mereka tinggal. Jika berkata sebaliknya berarti mengabaikan kebenaran tentang realitas daerah, termasuk bahasa, etnis, dan adat istiadat setempat. 

-------------------------------------

 

Silakan membaca artikel lainnya di sini:

 

Anne, lokusi 6 / 11, 6 Februari 2023

Anne, lokusi 7 / 11, 13 Februari 2023 (1)

Christina Gallagher, 22 Februari 2023, Rabu Abu

Lima Hal Luar Biasa Untuk Dipertimbangkan Tentang Kuasa Doa

Anne, lokusi 8 / 11, 13 Februari 2023 (2)

LDM, 6 Maret 2023

Anne, lokusi 9 / 11, 13 Februari 2023 (3)