Wednesday, July 5, 2017

CARDINAL MEISNER MENINGGAL DUNIA...

CARDINAL MEISNER MENINGGAL DUNIA PADA 5 JULI 2017 







Cardinal Joachim Meisner, dari Jerman, salah satu dari empat cardinal pengusung dubia, telah meninggal dunia pada usia 83 tahun.  Dia meninggal secara mendadak ketika sedang tidur.
Semoga Allah memberikan istirahat kekal kepada beliau. Mari kita berdoa bagi beliau.

Cardinal Meisner menjadi Uskup Agung di Cologne selama 25 tahun. Dia disingkirkan oleh Mgr. Pio Vito Pinto (pendukung PF) karena banyak mengkritik PF. Beberapa saat sebelumnya Cardinal Meisner telah mengadakan pembicaraan cukup panjang dengan Cardinal Muller (mantan kepala CDF Vatikan), mengenai keprihatinannya atas situasi Gereja saat ini.

Tahun lalu, 4 orang cardinal, Cardinal Joachim Meisner dari Jerman, Cardinal Raymond Burke dari Amerika, Cardinal Carlo Caffarra dari Italia, dan Cardinal Walter Brandmüller dari Jerman, meminta klarifikasi kepada PF (dubia) mengenai Amoris Laetitia. Karena tidak dijawab oleh PF, maka mereka menyampaikan dubia itu kepada publik, hingga kita semua bisa tahu apa saja klarifikasi yang mereka inginkan itu. Selanjutnya 4 orang cardinal itu meminta kepada PF untuk bisa bertatap muka (audiensi), namun hal inipun tidak dijawab oleh PF.

Lima buah pertanyaan itu, yang hanya membutuhkan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ adalah mengenai Amoris Laetitia, dalam masalah umat yang bercerai (tanpa anulasi) dan menikah lagi, apakah mereka boleh menerima Komuni atau tidak. Pertanyaan ini disampaikan kepada PF dan Cardinal Gerhard Müller, yang saat itu menjabat sebagai kepala dari urusan doktrin di Vatikan (CDF). Dan atas perintah dari PF, Cardinal Muller juga tidak berani memberikan jawabannya. Cardinal Muller saat ini telah disingkirkan dari jabatannya dan digantikan oleh seorang Jesuit.


No comments:

Post a Comment