Sunday, July 16, 2017

Dari bu Lucy : PAUS BENEDIKTUS XVI MENGATAKAN ...

BREAKING:  PAUS BENEDIKTUS XVI MENGATAKAN BAHWA (PERAHU) GEREJA SUDAH 'HAMPIR TERBALIK'


LifeSiteNews – 15 Juli 2017
Oleh: Claire Chretien

15 Juli 2017 (LifeSiteNews) - Paus Benediktus XVI mengirim sebuah pesan yang menenangkan hati (dan meneguhkan) saat upacara pemakaman Kardinal Joachim Meisner hari ini (15 Juli 2017), dengan mengatakan bahwa dia merasa terharu oleh kesanggupan kardinal dubia ini untuk "hidup menurut keyakinan yang mendalam bahwa Tuhan tidak meninggalkan Gereja-Nya, bahkan ketika kapal itu sudah kemasukan begitu banyak air dan sepertinya sudah hampir terbalik."

Gereja "berada dalam kebutuhan yang mendesak, khususnya untuk meyakinkan para gembala yang dapat melawan kediktatoran semangat zaman ini, dan yang hidup dan berpikir dalam iman dengan kebulatan tekad," kata Paus Benediktus dalam sebuah pesan yang dibacakan oleh Uskup Agung Georg Gänswein, sekretaris pribadinya yang juga kepala rumah tangga kepausan.  Karena adanya "kebutuhan yang mendesak" ini, maka Meisner "merasa sulit untuk meninggalkan jabatannya."

"Yang membuat saya semakin terharu adalah bahwa, dalam periode terakhir hidupnya ini, dia belajar untuk melepaskan (kekuatirannya) dan hidup menurut keyakinan yang mendalam bahwa Tuhan tidak meninggalkan Gereja-Nya, bahkan ketika kapal tersebut sudah kemasukan begitu banyak air dan sepertinya sudah hampir terbalik."  demikian Paus emeritus menyimpulkan.

Meisner, yang berusia 83 tahun, adalah salah satu dari empat kardinal yang mengirimkan kepada Paus Fransiskus sebuah dubia yang menanyakan, apakah Amoris Laetitia (AL) selaras dengan moralitas Katolik. Saat meninggal, ia masih menunggu tanggapan dari Paus atas dubia tersebut. Meskipun Paus Fransiskus belum menjawab dubia itu, namun Paus telah memberikan persetujuannya untuk menafsirkan anjuran yang kontroversial itu (AL) dengan mengatakan bahwa mereka yang hidup dalam perkawinan yang tidak sah (perzinahan) dimungkinkan untuk menerima Komuni Kudus.

Pengacara Kanon Kurt Martens mengatakan bahwa, pesan Paus Benediktus itu adalah suatu "bentuk dukungan yang luar biasa namun diplomatis kepada para Kardinal dubia."

Pada bulan Juni 2017, Paus Benediktus menerima beberapa kardinal baru yang datang bersama Paus Fransiskus (ke kediamannya). Dia menyampaikan pesan singkat kepada mereka (di hadapan Paus Fransiskus) : "Tuhan menang pada akhirnya." 

Kardinal Meisner meninggal sambil memegang buku brevirnya, hendak mempersembahkan misa.


No comments:

Post a Comment