Thursday, November 3, 2016

Vol 2 - Bab 28 : Keringanan bagi jiwa-jiwa suci

Volume 2 : Misteri Kerahiman Allah

Bab 28

Keringanan bagi jiwa-jiwa suci
Indulgensi
Doa-doa yang mendatangkan indulgensi

Terdapat indulgensi tertentu yang mudah diperoleh dan bisa diterapkan bagi orang yang meninggal. Kita ingin menyenangkan hati pembaca semua dan kami menunjukkan hal-hal yang pokok :

1.                  Doa : ‘Oh Yesus yang amat baik dan manis’ ---- doa ini mendatangkan indulgensi penuh bagi mereka yang telah mengaku dosa dan didamaikan kembali dengan Allah. Mendaraskan doa ini dihadapan patung/gambar Yesus yang disalib, dan menambahkan beberapa doa lain bagi intensi Bapa Suci.
2.                  Indulgensi dari manik-manik rosario. Indulgensi yang besar terdapat didalam doa Rosario. Jika kita menggunakan manik-manik itu yang diberikan oleh Paus atau oleh imam yang menerima hak untuk memberikannya.
3.                  Doa ‘Jalan Salib’. Seperti telah kita katakan pada bab terdahulu. Beberapa indulgensi penuh dan sejumlah besar indulgensi sebagian, terdapat didalam doa Jalan Salib. Indulgensi ini tidak memerlukan persyaratan pengakuan dosa dan Komuni Kudus sebelumnya. Cukuplah orang tersebut berada dalam keadaan rahmat dan memiliki penyesalan hati yang tulus atas dosa-dosanya. Pelaksanaan Jalan Salib itu memerlukan dua syarat : a) melewati 14 stasi dari yang satu kepada yang lainnya, sepanjang keadaan yang ada memungkinkan; b) pada saat yang sama merenungkan Kesengsaraan Tuhan Yesus Kristus. Umat beriman yang tidak tahu bagaimana melakukan meditasi yang berkesinambungan selama 14 stasi ini bisa juga dengan merenungkan beberapa peristiwa dari Kesengsaraan Yesus yang sesuai dengan kemampuannya. Kami menganjurkan penambahan doa lagi, tanpa menjadikannya sebagai sebuah keharusan, yaitu dengan menambahkan doa Bapa Kami dan Salam Maria dihadapan setiap salib pemberhentian dan melakukan tindakan penyesalan hati atas dosa-dosa kita.
4.                  Tindakan iman, pengharapan dan kemurahan hati. Indulgensi sebanyak 7 tahun dan 7 macam karantina setiap kali hal itu dilaksanakan.      
5.                  Litani Perawan Terberkati ---- indulgensi sebanyak 300 hari.
6.                  Membuat Tanda Salib --- 50 hari indulgensi bagi setiap kali membuat Tanda Salib. Jika dilakukan dengan air suci, menjadi 100 hari indulgensinya.  
7.                  Doa-doa singkat : ‘Yesusku ! kasihanilah kami’ ---- indulgensi 100 hari. “Yesus yang amat patuh dan dan rendah hati, jadikanlah hatiku seperti HatiMu” ---  indulgensi 300 hari. “Hati yang manis dari Maria, jadilah keselamatanku” ---- indulgensi 300 hari.
8.                  ‘Terpujilah Yesus Kristus, untuk selama-lamanya. Amin’. Indulgensi 50 hari, dimana 2 orang saling mengucapkan dan menjawab kalimat ini.   
9.                  Doa Angelus --- indulgensi 100 hari, baik pagi atau malam hari, setelah terdengar bunyi lonceng Gereja, pada waktu berlutut dan dengan hati yang penuh sesal.


No comments:

Post a Comment