Sunday, November 3, 2019

DOKUMEN SINODE MEMPERKENALKAN KEBIADABAN PANTEISME...




DOKUMEN SINODE MEMPERKENALKAN KEBIADABAN PANTEISME – MENYAMAKAN ALLAH DENGAN ROH-ROH AMAZON





Paragraf 9 dokumen sinode Amazon menjelaskan dengan antusias bahwa pemahaman hidup di antara orang-orang Amazon dicirikan oleh keterkaitan’ antara Tuhan dan berbagai kekuatan spiritual. Istilah kekuatan spiritual disini berarti iblis-iblis berhala.

Hal ini juga mencakup sebuah ‘keharmonian’ dengan air, wilayah, alam, kehidupan masyarakat, dan budaya.

"Ini
adalah tentang hidup dalam keharmonisan dengan diri sendiri, dengan alam, dengan manusia dan dengan makhluk tertinggi, karena ada komunikasi antara seluruh kosmos, di mana tidak ada yang mengecualikan atau dikecualikan, dan di mana kita dapat membangun sebuah proyek kehidupan yang penuh untuk semua," demikian teks sinode itu berfantasi.

Jelaslah bahwa proyek ini
masuk ke dalam konsep hutan hujan Amazon dari John Dryden (tahun 1700) tentang orang biadab yang mulia - yang belum dirusak oleh peradaban dan menampilkan kebaikan bawaan manusia.

Stereotip ini berasal dari sentimentalisme abad ke-18 dan primitivisme romantis abad ke-19, dan banyak digunakan dalam karya-karya antropologis yang sudah ketinggalan zaman.

Hal itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan pandangan realistis tentang Allah dan manusia di dalam pewahyuan Kristiani.



No comments:

Post a Comment