Sunday, November 10, 2019

USKUP SCHNEIDER MEREKOMENDASIKAN 'DOA REPARASI' UNTUK TINDAKAN PENYEMBAHAN BERHALA DI SINODE AMAZON


USKUP SCHNEIDER MEREKOMENDASIKAN 'DOA REPARASI' UNTUK TINDAKAN PENYEMBAHAN BERHALA DI SINODE AMAZON

Oleh : Diane Montagna

ROMA, 8 November 2019 (LifeSiteNews) - Uskup Athanasius Schneider mengundang semua umat Katolik untuk mendoakan doa reparasi khusus atas tindakan “penyembahan berhala” yang dilakukan selama Sinode Amazon.

Dalam komentarnya kepada LifeSite, Uskup Schneider mengatakan bahwa dia berharap agar doa reparasi ini (lihat teks lengkap di bawah) akan “disebarkan secara luas.” Dia menambahkan bahwa doa ini dimaksudkan sebagai “bantuan bagi umat beriman” sementara tindakan reparasi lainnya (mis. Misa, Rosario Suci, Adorasi Sakramen Mahakudus, dll.) dipersembahkan di seluruh dunia.

Doa reparasi ini pertama kali diterbitkan pada 26 Oktober, menjelang penutupan Sinode Amazon, dalam sebuah surat terbuka yang dengan tegas mengutuk penggunaan patung Pachamama di Vatikan.

Memperkenalkan doa tersebut di dalam surat terbukanya, Uskup Schneider menulis: “Dengan air mata berlinang dan kesedihan yang tulus di dalam hati, seseorang haruslah mempersembahkan doa-doa syafaat dan pemulihan kepada Allah demi keselamatan kekal jiwa Paus Fransiskus, Wakil Kristus di bumi, dan keselamatan para imam Katolik dan umat beriman yang telah melakukan tindakan penyembahan seperti itu, yang dilarang oleh Wahyu Ilahi.”

Di bawah ini adalah teks lengkap dari Doa Reparasi tersebut..

Doa Reparasi untuk tindakan penyembahan berhala selama Sinode terakhir untuk Amazon.

Ya Allah Tritunggal Mahakudus, Bapa, Putera dan Roh Kudus, melalui tangan Maria, Perawan dan Bunda Allah yang Tak Bernoda, terimalah dari hati kami yang penuh sesal, tindakan reparasi yang tulus atas perbuatan penyembahan berhala terhadap simbol-simbol dan patung-patung kayu selama Sinode untuk Amazon, yang telah berlangsung di Roma, Kota Abadi, jantung dunia Katolik.

Curahkanlah ke dalam hati Bapa Suci kami Paus Fransiskus, para Kardinal, Uskup, imam dan umat yang setia, Roh-Mu, yang akan mengusir kegelapan dari pikiran mereka, sehingga mereka dapat mengenali kefasikan dalam tindakan-tindakan semacam itu, yang telah menghina Keagungan Ilahi-Mu, dan mempersembahkan kepada-Mu tindakan reparasi umum dan pribadi.

Limpahkanlah ke atas semua anggota Gereja, cahaya dari kepenuhan dan keindahan Iman Katolik. Nyalakanlah di dalam diri mereka semangat yang membara untuk membawa keselamatan dari Yesus Kristus, sungguh Allah dan sungguh manusia, kepada semua orang, terutama masyarakat di wilayah Amazon yang masih diperbudak dalam pelayanan dari benda-benda yang rapuh dan hal-hal yang fana, seperti simbol-simbol dan berhala ibu bumi yang bisu dan tuli. Nyalakanlah api iman di dalam diri orang-orang itu, terutama di dalam diri orang-orang suku Amazon yang belum memiliki kebebasan anak-anak Allah, dan yang tidak memiliki kebahagiaan yang tak terkatakan karena mengenal Yesus Kristus dan memiliki di dalam Dia partisipasi dalam kehidupan kodrat Ilahi-Mu.

Allah Tritunggal Mahakudus, Bapa, Putra dan Roh Kudus, Engkau yang adalah satu-satunya Allah yang benar, yang selain daripada-Mu tak ada allah lain dan tak ada keselamatan, kasihanilah Gereja-Mu. Pandanglah terutama kepada air mata dan penyesalan serta keluh kesah dari yang kecil di dalam Gereja. Pandanglah air mata dan doa-doa dari anak-anak kecil, para remaja, para pemuda dan wanita muda, para ayah dan ibu dari keluarga-keluarga, dan juga para pahlawan Kristen sejati, yang dalam semangat mereka demi kemuliaan-Mu dan dalam kasih mereka kepada Bunda Gereja, telah mencampakkan ke dalam air, simbol-simbol kekejian yang telah mencemari Bunda Gereja.

Kasihanilah kami:
lepaskanlah kami, ya Tuhan,
parce Domine, parce Domine!
Kasihanilah kami:
Kyrie eleison!
Amin.


No comments:

Post a Comment