Wednesday, January 11, 2017

TIGA PULUH ORANG KARDINAL MENYATAKAN KEPRIHATINAN MEREKA...

TIGA PULUH ORANG KARDINAL MENYATAKAN KEPRIHATINAN MEREKA TERHADAP DRAFT AMORIS LAETITIA



 Cardinals and bishops wait for the start of a consistory in St Peter's Basilica at the Vatican last month (AP)



posted Wednesday, 11 Jan 2017


A 'sejumlah besar' dari konferensi uskup-uskup juga menyatakan rasa was-was mereka

Seruan apostolik dari Paus Francis Amoris Laetitia telah menimbulkan kekhawatiran luas di kalangan kardinal dan uskup, demikian menurut laporan terbaru.

Edward Pentin, reporter Vatikan veteran dari media National Catholic Register, melaporkan: "Sebelum dokumen itu diterbitkan, 30 orang kardinal, setelah melihat dan membaca draft dari seruan apostolik itu, mereka menulis kepada Paus mengungkapkan rasa keberatan mereka, terutama pada isu mengenai Komuni bagi umat Katolik yang bercerai dan menikah lagi; mereka memperingatkan bahwa dokumen itu akan bisa melemahkan tiga Sakramen penting dari Gereja: Ekaristi, Perkawinan dan Pengakuan Dosa.

Pentin juga mengatakan bahwa "sejumlah besar" konferensi uskup-uskup telah menyatakan keprihatinan tentang isi dokumen itu. Selanjutnya, Kongregasi untuk Ajaran Iman (the Congregation for the Doctrine of the Faith (CDF), setelah melihat sebuah draft, menyampaikan beberapa halaman untuk dilakukan revisi. Namun hal ini tidak diterima, demikian menurut Pentin. Paus juga tidak bersedia menjawab kepada 30 orang kardinal itu maupun konferensi para uskup '.


Respon terbuka yang paling signifikan atas Amoris Laetitia sejauh ini adalah berupa lima dubia yang dikeluarkan oleh empat orang kardinal, yang meminta klarifikasi dari PF. Salah satu dari empat kardinal itu, Kardinal Raymond Burke, baru-baru ini mengatakan bahwa mereka mungkin akan  mengeluarkan koreksi formal kepada Paus jika dia tidak juga menjawab. Yang lainnya, Kardinal Walter Brandmüller, mengatakan bahwa koreksi tersebut lebih dahulu akan disampaikan secara pribadi.

No comments:

Post a Comment