Tuesday, January 15, 2019

SURAT DARI VIGANÒ KEPADA MCCARRICK





SURAT DARI USKUP AGUNG CARLO MARIA VIGANÒ KEPADA CARDINAL THEODORE MCCARRICK


Hari ini kami menerbitkan dokumen keempat oleh Yang Mulia Uskup Agung Carlo Maria Viganò, tertanggal 13 Januari 2019, yang dirilis pada kesempatan perayaan Pembaptisan Tuhan dan St. Hilary of Poitiers, uskup Prancis yang gigih, bersama dengan Santo Athanasius, penjaga iman selama abad ke-4 di saat merebaknya bidaaht Arya. Dokumen ini adalah sebuah surat terbuka untuk Kardinal McCarrick yang mendesaknya agar segera bertobat.


Uskup Agung McCarrick yang terkasih,

Seperti yang telah dilaporkan sebagai berita oleh Kongregasi untuk Ajaran Iman, tentang tuduhan terhadap Anda atas kejahatan sexual terhadap anak-anak di bawah umur serta tindakan pencabulan terhadap para seminaris, dimana kasus itu akan diperiksa dan dihakimi segera dengan prosedur administrasi negara.

Tidak peduli keputusan apa pun yang akan diambil otoritas tertinggi Gereja dalam kasus Anda, tetapi apa yang benar-benar penting dan apa yang telah membuat sedih orang-orang yang mencintai Anda dan berdoa untuk Anda, adalah kenyataan bahwa selama bulan-bulan ini Anda belum memberikan tanda-tanda pertobatan sama sekali. Saya adalah di antara mereka yang berdoa demi pertobatan Anda, agar Anda dapat bertobat dan meminta pengampunan kepada para korban Anda dan Gereja.
Waktunya semakin habis, padahal Anda dapat mengakui dan bertobat atas segala dosa, kejahatan, dan penghinaan, dan melakukannya di depan umum, karena berita kejahatan Anda sendiri telah menjadi umum. Keselamatan kekal Anda dipertaruhkan disini.

Tetapi ada sesuatu yang sangat penting yang juga dipertaruhkan disini. Anda, secara paradoks, memiliki kesempatan dan harapan besar yang diberikan kepada Anda oleh Tuhan Yesus; Anda berada dalam posisi untuk melakukan kebaikan besar bagi Gereja. Bahkan, Anda sekarang berada dalam posisi yang tepat untuk melakukan sesuatu yang menjadi lebih penting bagi Gereja, daripada semua hal baik yang Anda lakukan untuknya sepanjang hidup Anda.

Pertobatan publik dari pihak Anda akan membawa langkah penyembuhan yang signifikan bagi Gereja yang telah terluka parah dan menderita. Apakah Anda bersedia memberikan hadiah itu? Kristus mati untuk kita semua ketika kita masih berdosa (Rm. 5: 8). Dia hanya meminta agar kita menjawab-Nya dengan bertobat dan melakukan hal baik yang harus kita lakukan. Kebaikan yang dapat Anda lakukan sekarang adalah memberikan pertobatan Anda kepada Gereja, secara tulus dan terbuka. Maukah Anda memberikan hadiah itu kepada Gereja?

Saya memohon kepada Anda, bertobatlah dari dosa-dosa Anda di depan umum, sehingga hal itu akan membuat Gereja bersukacita dan menampilkan diri Anda di hadapan pengadilan Tuhan dalam keadaan disucikan oleh Darah-Nya. Tolong, janganlah membuat kurban-Nya di salib tidak berlaku bagi diri Anda. Kristus, Tuhan kita yang Mahabaik, terus mencintai Anda. Serahkanlah seluruh kepercayaan Anda di dalam Hati Kudus-Nya. Dan berdoalah kepada Bunda Maria, seperti yang saya dan banyak orang lain lakukan, memintanya untuk menjadi perantara bagi keselamatan jiwa Anda.

"Maria Mater Gratiae, Mater Misericordiae, anak asuh Tu nos ab hoste et mortis hora suscipeʺ.

Mary Bunda Rahmat, Bunda Belaskasih, lindungilah kami dari musuh dan sambutlah kami di saat kematian kami.

Saudaramu di dalam Kristus,

† Carlo Maria Viganò

Sunday, January 13, 2019
The Baptism of the Lord
Saint Hilary of Poitiers

No comments:

Post a Comment