Wednesday, October 21, 2015

St. Bernardine of Siena berbicara tentang sodomi

St. Bernardine of Siena

‘Inilah dosa terbesar yang penah ada’

St. Bernardinus dari Siena, seorang pengkhotbah Fransiskan terkenal dari abad ke-15, membuat analisa psikologis dari tindakan sodomi, dimana si pelaku menderita kerugian kejantanan karena kejahatan ini.

Dia juga memperingatkan bahwa mereka yang menjalani kejahatan ini akan menderita siksaan yang lebih besar didalam neraka.

Tidak ada dosa yang memiliki kekuatan lebih besar atas jiwa selain dari tindakan sodomi yang terkutuk ini, yang selalu dibenci oleh semua orang yang hidupnya menurut hukum Allah....

Gairah untuk melakukan tindakan yang tak terkendali ini berbatasan langsung dengan kegilaan. Kejahatan ini mengganggu intelek, mengacaukan keseimbangan jiwa, menyeret ide-ide mulia kepada pikiran yang paling bejat, membuat pria menjadi penakut dan pemberang, keras kepala dan keras hati, seperti budak belian dan tidak mampu berbuat apa-apa.

Selanjutnya, keinginan, yang menjadi gelisah karena dorongan kenikmatan yang tak terpuaskan, tidak lagi mengikuti akal sehat, melainkan menuruti kekacauan dari nafsu....


Orang yang melakukan tindakan kejahatan sodomi akan lebih menderita nyeri di neraka dari pada orang lain, karena ini adalah dosa yang paling buruk yang pernah ada.

No comments:

Post a Comment