Tuesday, July 24, 2018

4 TANDA ANTIKRIS


4 TANDA ANTIKRIS
Kedatangan Antikristus adalah sebuah tanda akhir.


By Stephanie Hertzenberg 


Shutterstock.co
Identitas Antikristus telah lama menjadi sumber perdebatan dan kecemasan bagi umat Kristiani. Alkitab memperingatkan bahwa banyak orang akan dikuasai oleh kebohongannya atau tidak bisa mengenali dia apa adanya. Tidak ada umat Kristiani yang ingin menjadi salah satu dari mereka yang ditipu oleh sosok yang menakutkan dan iblis ini.

Mengingat bahwa taruhannya tidak lebih atau kurang dari jiwa yang kekal dari seseorang, maka banyak yang berusaha mengidentifikasi Antikristus. Internet dipenuhi dengan blogger dan pengkhotbah yang mengklaim bahwa tokoh politik ini atau pengkhotbah itu adalah Antikristus. Spekulasi yang ada tidak terbatas pada kedalaman web saja. Banyak sekali gereja telah menyampaikan khotbah-khotbah yang memperingatkan tentang apa yang akan dikatakan oleh Antikristus dan banyak kelompok-kelompok studi Alkitab yang telah memperdebatkan di mana Antikristus akan berasal.

Alkitab dibumbui dengan ayat-ayat peringatan tentang nabi palsu ini dan menyinggung soal tindakan-tindakan yang akan mengungkapkan siapa dia sebenarnya. Masalah dan sumber perdebatan datang dari upaya yang mencoba untuk menenun lusinan komentar tersamar dan petunjuk kenabian menjadi sebuah gambaran yang jelas. Sayangnya, seseorang harus membawa banyak sekali petunjuk dan referensi kepada kerajaan-kerajaan kuno agar menjadi gambaran tunggal yang kohesif. Hal ini membuat umat Kristiani terjebak dalam ketidakpastian yang sama seperti semua perdebatan yang berusaha untuk memperjelas masalah. Namun demikian, studi Alkitab yang berkelanjutan tidak memberi kita gambaran umum tentang seperti apa Antikristus itu. Berikut adalah empat tanda yang akan mengisyaratkan identitas sejati dari Antikristus.

Karisma

Antikristus akan mempengaruhi banyak orang kepada dirinya. Fakta ini tidak dapat disangkal berdasarkan deskripsi Antikristus di seluruh Alkitab. Dia akan dikagumi, dan kemungkinan besar dia akan menjadi pembicara yang handal yang akan memenangkan hati dan pikiran orang melalui kemampuannya untuk berbicara “hal-hal hebat.” Mereka yang mengikuti Antikristus akan menjadi bersemangat dan mengikutinya tanpa bertanya-tanya lagi. Mereka akan mencaci dan menganiaya orang-orang yang mencurigai Antikristus atau mengingkari dia. Dalam hal ini, banyak orang yang percaya bahwa Antikristus akan serupa dengan Adolf Hitler.

Hitler dikenal sangat karismatik. Mereka yang benar-benar pernah bertemu dengannya dalam kehidupan, mengatakan bahwa dia sangat terampil dalam menjalin koneksi dengan orang-orang dan mengatakan hal yang tepat pada saat yang tepat. Hitler memberikan suatu kepastian melalui kekuatan pendapatnya, dan dia memiliki bakat untuk menancapkan cakar pengaruhnya ke dalam pikiran atau keinginan bawah sadar seseorang. Antikristus cenderung memiliki karunia yang serupa. Dia akan memberikan dukungan pada apa yang dipercaya seseeorang, tetapi dia enggan untuk mengatakannya, dan dengan demikian, dia mendapatkan kesetiaan  dari mereka.

Kepandaian

Antikristus adalah juga seorang yang pintar. Daniel 11 menggambarkan Antikristus yang mampu mengendalikan seseorang melalui "intrik," dan Daniel 8 mengatakan dia akan menjadi "ahli penipuan." Hal ini mendukung gagasan Antikristus sebagai sesuatu yang mirip dengan seorang psikopat yang cerdas dan menawan. Kecerdikan perhitungan ini akan membantu membawa Antikristus ke tingkat popularitas global dengan berbagai cara.

Salah satu caranya adalah dengan taktik militer. Ayat-ayat dalam kitab Wahyu dan kitab Daniel menggambarkan Antikristus sebagai pemimpin militer yang kuat, seorang jenius militer yang tak tertandingi di zamannya, yang akan mengembangkan kecenderungan untuk menyerang pada saat para korbannya merasa aman.

Yang lainnya adalah kemampuan Antikristus untuk menghindari apa yang dilihat orang sebagai perilaku yang memalukan. Dikatakan bahwa dia tidak akan "mementingkan... keinginan akan wanita," sehingga dia bisa menghindari skandal dari sebuah perselingkuhan. Kitab Wahyu juga mengatakan bahwa Antikristus akan diberi wewenang untuk "berperang." Tindakannya, dengan kekerasan seperti apa adanya, akan didukung oleh para pengikutnya yang tidak hanya penuh  semangat, tetapi juga didukung oleh apa yang dikenal orang-orang sebagai otoritas yang sah.

Penakluk

Antikristus akan memiliki kecerdikan untuk menjadi pemimpin militer yang sukses. Kitab Wahyu dan Daniel keduanya menggambarkan kecakapan militer Antikristus, tetapi ada perbedaan antara menjadi ahli taktik yang berbakat dan menjadi penakluk. Antikristus tidak diragukan lagi adalah sebagai penakluk.

Wahyu 6: 2 mengatakan bahwa Antikristus akan pergi “Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan.” Dia akan mengambil alih tanah yang bukan milik bangsanya dan menahan mereka. Penaklukannya kemungkinan akan terjadi setidaknya sebagian di Timur Tengah. Teori keterlibatan Antikristus di Timur Tengah sudah banyak diduga, terutama gagasan bahwa bagian dari strateginya adalah berdamai dengan Israel sebelum menyerang orang-orang Yahudi.

Penaklukan Antikristus juga akan dianggap sah. Wahyu 13 mengatakan bahwa Antikristus akan “diizinkan untuk berperang bagi orang-orang kudus Allah” dan “diberi (kuasa)… untuk memperluas wewenangnya atas setiap suku dan umat.” Wahyu 13 juga menyatakan secara terus terang bahwa Antikristus akan berhasil menaklukkan umat Allah, setidaknya untuk sementara waktu.

Pengendalian ekonomi

Seperti halnya dia mendapatkan pengendalian militer atas sebagian besar dunia, maka Antikristus juga akan mendapatkan pengendalian ekonomi. Dalam Wahyu 13, jumlah Binatang yang terkenal juga didiskusikan, dan ini terkait dengan kendali Antikristus terhadap perekonomian. Menurut Kitab Suci, Antikristus akan memaksa semua orang untuk "ditandai dengan sebuah tulisan" di tangan atau dahi mereka. Hanya mereka yang menandai ini akan diizinkan untuk “membeli atau menjual.”

Apakah Antikristus akan menggunakan kekuatan atau karisma untuk memaksa orang-orang untuk menerima tandanya, tidak disebutkan. Namun, pemakaian tanda itu bisa lahir dari faktor kepraktisan yang sederhana. Orang-orang akan dihadapkan kepada pilihan menolak menerima tanda ini atau kehilangan kesempatan mereka untuk berpartisipasi dalam segala jenis transaksi membeli dan menjual. Karisma dan kecerdikan Antikristus akan memungkinkan dia menjadikan hal ini seperti persyaratan perdagangan yang wajar. Dengan masyarakat menerima peraturan baru ini, bahkan mereka yang tidak setuju dengan Antikristus akan mau menerima dan mengambil tanda itu supaya mereka dapat memberi makan keluarga mereka.

Menghujat

Antikristus akan menjadi manusia penghujat. Sepertinya penghujatan akan menjadi cara mudah untuk mengidentifikasi Antikristus, tetapi pertimbangkan apa yang dinyatakan Alkitab sebagai menghujat: yaitu penggunaan nama Tuhan dengan sia-sia. Sekarang, coba pikirkan seberapa sering kalimat "oh my God," digunakan untuk menunjukkan rasa terkejut atau rasa gembira.

Mengenali Antikristus akan sulit, terutama di Dunia Barat saat ini, di mana agama sering dijaga agar tetap berada diluar urusan politik. Orang bisa dengan mudah bertindak dengan melakukan banyak penghujatan, terutama jika dia melakukannya dengan cara-cara yang biasa dilakukan masyarakat di sekitarnya. Tetapi, penghujatan Antikristus pada akhirnya akan mencapai tingkat ketinggian yang baru yang belum pernah didengar orang-orang, dan dia akan berusaha untuk mengatakan bahwa dia adalah Tuhan. Sampai saat itu, bagaimanapun juga, tidak ada orang yang cenderung mempedulikan seseorang yang menggunakan nama "Yesus Kristus" sebagai kutukan, ketika dia terkejut atau marah.

Keajaiban

Apa yang akan membuat Antikristus berbeda dari para pemimpin yang pandai dan karismatik lainnya adalah kemampuannya untuk melakukan keajaiban. Injil Matius dan Markus memperingatkan bahwa Antikristus akan melakukan mukjizat yang meyakinkan banyak orang bahwa dia adalah Mesias yang datang kembali, bukan musuh Kristus. Dalam 2 Tesalonika, dikatakan bahwa kedatangan Antikristus akan bertepatan dengan terjadinya banyak tanda dan keajaiban.

Salah satu mukjizat palsu ini dapat memberi kita beberapa ciri fisik Antikristus. Dalam Wahyu 13, kita tahu bahwa Antikristus akan selamat dari sebuah luka yang mematikan, biasanya dikaitkan dengan luka pada kepala atau wajah. Kelangsungan hidup Antikristus yang ajaib ini atau bahkan mungkin bangkit dari kematian, akan meyakinkan banyak orang bahwa Antikristus sebenarnya adalah Yesus yang datang kembali. Beberapa orang mengaitkan tanda ini dengan Zakharia 11:17 yang meminta agar lengan Antikristus “benar-benar layu dan mata kanannya sepenuhnya dibutakan.”

Sementara beberapa orang menafsirkan ayat-ayat ini: bahwa Antikristus akan benar-benar buta pada satu mata, mungkin dari luka parah apa pun dimana dia bisa bertahan, orang-orang yang lain percaya ayat itu menggambarkan luka yang lebih metafora (kiasan). Mereka yang akrab dengan sejarah kebangkitan Hitler untuk berkuasa tahu bahwa ada periode di mana terlihat sangat mirip dengan partai Nazi yang akan memudar. Pewahyuan mungkin menggambarkan suatu waktu di mana Antikristus akan kehilangan kekuatan dan dukungan, kemudian memperolehnya kembali secara spektakuler dan, dengan kembali menjadi terkenal, dia mendapatkan lebih banyak pengikut daripada sebelumnya.

Umat Kristiani harus waspada

Terlepas dari seringnya Antikristus disebutkan dalam Alkitab, hanya sedikit yang secara definitif mengidentifikasi dirinya sebelum dia menjadikan dunia di bawah kekuasaannya. Umat Kristiani harus waspada dan mempertahankan sikap untuk selalu bertanya. Mantra pria dan wanita yang karismatik dapat diredam melalui logika. Lagi pula, mereka yang mengalami bangkitnya Hitler kepada kekuasaan, mengatakan bahwa banyak pidatonya yang dapat “dibantah oleh akal.” Berhati-hatilah terhadap hal-hal yang kedengarannya sempurna, dan terhadap mereka yang tampaknya memiliki segala jawaban, terutama di saat yang memecah belah ini. Penalaran akan  berfungsi sebagai barikade yang kuat untuk menghadapi sikap fanatik yang dimiliki seorang pemimpin yang pintar dan karismatik.

1 comment: