Thursday, July 12, 2018

TDB Epperson Bab 4


TATA DUNIA BARU

Oleh A. Ralph Epperson


Bab 4


Misteri-misteri kuno


"Dia yang tahu rahasianya, tidak mau berbicara. Dia yang berbicara, tidak tahu rahasia itu.”

Alice Bailey, salah satu anggota kunci dari agama New Age, menulis: "Oleh karena itu tidak ada yang mempertanyakan bahwa pekerjaan yang harus dilakukan dalam membiasakan masyarakat luas kepada sifat-sifat Misteri adalah sangat penting pada saat ini. Misteri-misteri ini akan dilaksanakan melalui media Gereja dan Persaudaraan Masonik." (88) Pertanyaan tentang apa sebenarnya Misteri-misteri Kuno itu telah dijawab, sebagian, oleh Albert G. Mackey, Mason tingkat ke-33 lainnya, dalam dua jilid bukunya yang berjudul ENCYCLOPAEDIA OF FREEMASONRY. Dia menulis ini di bawah subjek Misteri-misteri Kuno: "Setiap dewa-dewa berhala... selain bersifat publik dan terbuka, juga merupakan sebuah pemujaan rahasia yang disampaikan kepadanya, dimana tidak ada yang diijinkan masuk ke dalamnya kecuali mereka yang telah dipilih melalui upacara persiapan yang disebut Inisiasi.

Ibadah rahasia ini disebut Misteri-misteri." (89)

Murid dari Ordo Masonik dapat mengetahui bahwa ketika Albert G. Mackey menulis, tulisannya dapat diandalkan. Dia dianggap sebagai salah satu penulis Masonik utama sepanjang masa. Ini adalah komentar dari informasi biografi yang disajikan mengenai Albert G. Mackey di bagian depan  bukunya ENCYCLOPAEDIA: "... tulisannya dihargai secara universal karena ketulusannya, catatan-catatan yang jujur ​​dan masuk akal. (Dia) adalah seorang pemimpin yang sedang dalam penelitian ... yang menghargai ketepatan." (90)

Carl Claudy, Mason lain yang menulis tentang masalah Lodge, juga memuji Mackey: "(Dia) adalah salah satu siswa terbesar dan yang paling banyak diikuti oleh otoritas Dunia Masonik yang pernah dikenal." (91)

Dan dalam bukunya yang berjudul, INTRODUCTION TO FREEMASONRY, dia memuji Mackey dengan kata-kata ini: "Albert Gallatin Mackey: salah satu siswa terbesar dan yang paling banyak diikuti oleh otoritas dunia Masonik yang telah dikenal. (Dia) adalah Master of Freemasonry." (92)

Jadi, Mackey dapat dipercaya ketika dia memberi tahu para pembacanya bahwa pemujaan dewa-dewa berhala memiliki sebuah ibadah rahasia yang tidak terlihat oleh orang kebanyakan. Pembaca dapat mempercayainya ketika dia mengidentifikasi nama dari ibadah rahasia ini. Dia memberi tahu pembacanya, "Ibadah rahasia ini disebut sebagai Misteri-misteri."

Orang lain yang telah menulis tentang subjek Misteri-misteri Kuno adalah Manly P. Hall, seorang Mason tingkat ke-33. Dia telah menulis dalam bukunya yang berjudul, WHAT THE ANCIENT WISDOM EXPECTS OF ITS DISCIPLES: "Di masa lalu para dewa berjalan bersama manusia dan ... mereka memilih dari antara putra-putra manusia yang paling bijaksana dan paling benar.

Dengan putra-putra yang ditahbiskan secara khusus dan memperoleh pencerahan ini mereka meninggalkan kunci-kunci kebijaksanaan agung mereka, yang merupakan pengetahuan tentang baik dan buruk. (hal Ini akan dibahas nanti.)

.. orang-orang yang menerima pencerahan inilah yang mendirikan apa yang kita kenal sebagai Misteri-misteri Kuno." (93)

Dia menulis komentar tambahan tentang misteri-misteri ini pada buku tulisannya yang lain, yang berjudul THE SECRET TEACHINGS OF ALL AGES: "The arcana (didefinisikan sebagai rahasia atau pengetahuan tersembunyi) dari Misteri-misteri Kuno tidak pernah diungkapkan kepada para anggota biasa (didefinisikan sebagai mereka yang tidak diinisiasi kepada misteri-misteri batin) kecuali melalui media simbol-simbol. Simbolisme memiliki dua peranan : untuk menyembunyikan kebenaran-kebenaran suci dari orang-orang yang belum diinisiasi dan untuk  mengungkapkan kepada mereka yang dianggap memenuhi syarat untuk memahami simbol-simbol." (94)

Manly P. Hall mempersembahkan buku terakhir ini dengan mengatakan bahwa: "… dalil-dalil yang tersembunyi di dalam figur-figur simbolik, alegori dan ritual kuno adalah doktrin rahasia tentang misteri-misteri batin kehidupan, yang doktrinnya telah dilestarikan secara toto (secara keseluruhan) di antara sekelompok kecil pikiran yang telah diinisiasi sejak awal dunia ini." Dia melanjutkan dengan menyebutkan bahwa Misteri-misteri ini "… adalah perkumpulan rahasia, yang mengikat para anggota mereka mereka dengan kerahasiaan yang tidak dapat diganggu gugat, dengan ancaman kematian bagi pengkhianatan atas kepercayaan sakral mereka." (96)

Manly P. Hall mengatakan kepada pembacanya bahwa tidak ada orang yang tahu identitas mereka yang telah menerima rahasia-rahasia ini. Dia menulis: "Anggota yang telah terampil maupun pemula yang sejati tidak akan mengungkapkan identitasnya kepada siapa pun, kecuali kepada orang yang layak untuk menerimanya." (97)

Dia menjelaskan lebih lanjut di mana beberapa anggota ini berada, ketika dia menulis: "... tidak diragukan lagi bahwa para anggota dari Yunani, Mesir, dan negara-negara kuno lainnya memiliki solusi yang tepat bagi orang-orang yang memiliki masalah besar di bidang budaya, intelektual, moral, dan sosial, dimana masalah-masalah yang belum terpecahkan itu menghadapi dan menghambat umat manusia pada abad kedua puluh." (98) Lebih lanjut dia memperkuat pemikiran itu ketika dia menambahkan: "Neo-Platonisme (yang didefinisikan oleh Hall sebagai sekolah yang didirikan oleh Plotinus sekitar tahun 240 M, yang meneliti masalah metafisika, studi pengetahuan) yang mengakui adanya sebuah rahasia dan doktrin yang sangat penting yang sejak zaman peradaban paling awal telah disembunyikan di dalam berbagai ritual, simbol dan alegori agama-agama dan filsafat. ""

Jadi secara ringkas, adalah mungkin untuk memahami apa Misteri-misteri Kuno ini. Tampaknya ada setidaknya empat kebenaran yang diperoleh dari informasi yang diberikan dalam komentar -komentar yang dibuat di atas. Kebenaran itu tampaknya adalah:

1. Misteri-misteri Kuno memiliki dua bentuk pemujaan dewa yang sama.

2. Pengetahuan tentang dewa yang sejati hanya diperuntukkan bagi mereka yang telah dipercaya menerima rahasia-rahasia ini.

3.  Mereka yang memahami rahasia-rahasia itu dilantik dan disumpah untuk menjaga rahasia yang paling ketat.

4. Mereka yang memiliki pengetahuan tentang rahasia-rahasia itu diakui memiliki semua jawaban atas seluruh masalah umat manusia.

Ada lagi rahasia tambahan bagi para pembawa rahasia: mereka harus diinisiasi dalam upacara inisiasi pribadi. Albert Pike menulis sedikit tentang hal ini: "Inisiasi ini dianggap sebagai kematian mistik; dan Epopt yang sempurna kemudian dikatakan mengalami regenerasi, baru lahir, dipulihkan kepada keberadaan kehidupan, cahaya dan kemurnian yang telah diperbaharui." (100)

Kenyataannya, pengalaman "baru lahir" ini mirip dengan pengalaman yang dialami oleh orang-orang Kristen yang "dilahirkan kembali" (di dalam Pembaptisan). Orang-orang Kristen menyebut pengalaman mereka sebagai kelahiran kedua, seperti yang dilakukan kaum Mason. Bahkan, Albert Pike menyebut upacara serupa sebagai pengalaman "lahir kembali".

Dia menulis: "Dalam Misteri-misteri India, tingkat Ketiga, si anggota yang diinisiasi dikatakan sebagai 'dilahirkan kembali.'" (101)

Upacara dalam misteri-misteri kuno ini dijelaskan oleh penulis Masonik, Manly P. Hall: "Dalam sistem inisiasi kuno, pencari kebenaran harus melewati kelahiran kedua, dan mereka yang mencapai status mulia ini kemudian dikenal sebagai 'yang lahir kedua kalinya.'

Kelahiran baru ini ... harus diperoleh secara pribadi melalui regenerasi karakter dan perilaku yang lengkap."(102) Upacara "kelahiran baru" ini melibatkan kematian simbolis, demikian menurut Mason Kenneth Mackenzie. Ia menulis: "Dalam misteri-misteri kuno, para calon tidak dapat berpartisipasi dalam rahasia tertinggi sampai dia ditempatkan di dalam Peti Mati.

Dalam hal ini dia secara simbolis dikatakan mati, dan kebangkitannya adalah kepada terang." (103)

Para Mason modern berpartisipasi dalam upacara yang hampir mirip dengan yang digambarkan oleh para penulis Masonik ini. Pada tingkat ketiga, yang disebut gelar Master Mason, di dalam Blue Lodge, kandidat benar-benar terlempar dari kakinya oleh beberapa Mason yang hadir. Dia dibungkus dalam selimut dan dipindah ke ujung barat Bait Suci mereka.

Di sana, setelah upacara lebih lanjut, dia "dibangkitkan" oleh cengkeraman rahasia yang disebut "Cengkeraman Tuan, atau cakar singa." (104)

Mereka yang belajar misteri-misteri ini juga mengetahui bahwa mereka memiliki sebuah proyek rahasia, yang digambarkan oleh Albert Pike dalam bukunya yang berjudul, MORALS AND DOGMA. Pike menulis: "Lihatlah sasaran kami, akhir, hasil, dari spekulasi-spekulasi besar ... dari jaman dahulu; penghancuran terakhir dari kejahatan, dan pemulihan Manusia kepada keadaannya yang pertama, oleh seorang Penebus, seorang Masayah, seorang Kristos, Sabda yang berinkarnasi, Penalaran, atau Kekuatan Tuhan." (105)

Hall memberi tahu pembacanya bahwa orang-orang yang telah diinisiasi ke dalam misteri-misteri ini adalah menjadi kekuatan rahasia di balik pemerintah-pemerintah di masa lalu. Dia menulis ini, tentang para inisiat kuno ini, dalam bukunya yang berjudul, WHAT THE ANCIENT WISDOM EXPECTS OF ITS DISCIPLES: "(mereka) ... adalah kekuatan tak kelihatan yang berada di belakang tahta-tahta bumi, dan manusia hanyalah boneka-boneka saja yang menari-nari sementara yang tak kelihatan itu menarik tali-talinya. Kita bisa melihat penarinya, tetapi pikiran tuannya yang melakukan pekerjaan itu, tetap disembunyikan oleh jubah keheningan." (106)

Penulis-penulis lain telah mengkonfirmasi pemikiran Hall ini. Seorang sarjana Masonik bernama George Steinmetz juga mengakui bahwa misteri-misteri ini ada, dan bahwa beberapa anggota di dalam loge Masonik adalah penjaga dari rahasia-rahasia itu. George Steinmetz menulis ini dalam bukunya yang berjudul, FREEMASONRY, ITS HIDDEN MEANING: "Doktrin rahasia kuno, yang disembunyikan dalam alegori dan simbolisme Masonik ... Itu hanyalah untuk melestarikan kebenaran-kebenaran ini bagi generasi masa depan yang diabadikan oleh Masonry." (107)

Orang lain yang secara resmi menghubungkan Misteri Kuno dengan Ordo Masonik adalah Manly P. Hall, yang menulis demikian: "Banyak ritualisme Freemason didasarkan pada pencobaan-pencobaan dimana para kandidat dijadikan sasaran oleh para hierofan kuno (yang didefinisikan sebagai imam-imam agung dari misteri-misteri) sebelum kunci-kunci kebijaksanaan dimahkotakan kepada kepada mereka." (108)

Misteri-misteri Kuno memiliki permulaan, demikian menurut Mackey. Dia menulis tentang di mana mereka mulai: "Yang pertama ... adalah milik Isis dan Osiris di Mesir. Yang paling penting dari misteri ini adalah Osiris di Mesir." (109)

Penulis lain, Edmond Ronayne, mantan Mason, menegaskan bahwa Mason terlibat dalam pemujaan Osiris, ketika dia menulis hal ini dalam bukunya yang berjudul, THE MASTERS CARPET:

"... upacara-upacara Masonry, simbol-simbol, dan legenda terkenal dari Hiram dalam tingkat Master Mason, secara langsung dipinjam dari 'Misteri-misteri Kuno,' atau pemujaan rahasia kepada Baal, Osiris atau Tammuz." (110)  Albert Pike kemudian merinci kemana tempat misteri-misteri itu menyebar setelah awal mereka di Mesir. Dia menulis ini dalam bukunya MORALS AND DOGMA: "Dari Mesir, Misteri-misteri pergi ke Phoenicia, dan dirayakan di Tirus. Osiris mengubah namanya, dan menjadi Adoni atau Dionusos, masih sebagai wakil dari matahari. Di Yunani dan Sisilia, Osiris mengambil nama Bacchus ... " (111)

Jadi Misteri-misteri Kuno itu menyembunyikan misteri penting yang dirahasiakan dari orang kebanyakan. Para mistikus mengklaim bahwa misteri ini telah disembunyikan dari dunia selama berabad-abad.

Meskipun mereka telah membawa misteri ke benua lain, mereka yang percaya pada agama ini belum membawanya ke Amerika.

Saatnya masih akan tiba.


No comments:

Post a Comment