Monday, August 3, 2015

Konperensi Uskup-uskup Filipina tentang perkawinan


Konperensi Uskup-uskup Filipina : Perkawinan adalah antara seorang pria dan seorang wanita



Dengan menyimak keputusan Mahkamah Agung AS untuk melegalkan "pernikahan gay",  maka Uskup Agung Soc Villegas, Presiden Konferensi Uskup Katolik Filipina, mengeluarkan pernyataan yang menegaskan penentangan Gereja bagi "pernikahan gay".
Di bawah ini adalah pernyataannya:
"Gereja terus mempertahankan apa yang telah dan selalu diajarkan. Pernikahan adalah persatuan yang menetap antara pria dan wanita, dengan saling melengkapi antara kedua jenis kelamin dan saling memenuhi hingga persatuan antara seorang pria dan seorang wanita akan membawa kemuliaan dari ikatan pernikahan. Jika ada perbedaan yang tak terbantahkan antara pria dan wanita, maka ada juga perbedaan yang tak terbantahkan antara persatuan yang menetap antara seorang pria dan seorang wanita.

"Beginilah cara Gereja dalam memaknai Kitab Suci. Beginilah cara Gereja menjalankan imannya, diilhami oleh Roh Kudus, didalam sumber hidup yang normatif yang disebut sebagai Tradisi Suci. Kami akan terus mengajarkan kepada putra-putri Gereja bahwa pernikahan, yang oleh Tuhan Yesus dan Gereja-Nya dijadikan sebagai sebuah Sakramen – sebuah sarana yang oleh Tuhan yang bangkit dipakai sebagai sarana untuk menjumpai umat-Nya - adalah sebjuah ikatan yang tak terpisahkan dari pria dan wanita. Ada banyak yang diterima oleh Gereja yang merupakan bagian dari "depositum fidei ... . deposit iman" dimana Gereja bukanlah sebagai pembuatnya, melainkan sebagai penjaga dan pelayan dari deposit iman itu.
"Sebagai Presiden CBCP, saya menegaskan kembali komitmen kami atas perhatian pastoral dari semuanya, bahwa tidak ada uskup, imam, diakon, rohaniwan atau tokoh awam yang aktif melayani Gereja akan pernah meminta untuk mengetahui kecenderungan seseorang sebelum mereka melayani orang itu, sebagaimana Tuhan Yesus memerintahkan kepada semua murid-Nya untuk melayani. Semuanya akan menerima sambutan didalam Gereja, sementara itu, atas perintah dari Tuhan sendiri, mereka akan terus mengajarkan apa yang telah Gereja ajarkan selama ini dengan tanpa henti."

No comments:

Post a Comment