Sunday, July 3, 2016

KOMUNI KUDUS BAGI SEMUA ORANG, BAHKAN BAGI ORANG PROTESTAN



KOMUNI KUDUS BAGI SEMUA ORANG, BAHKAN BAGI ORANG PROTESTAN

Selain memberikan Komuni Kudus kepada orang yang bercerai dan menikah lagi, kini para pengikut Luther (Protestan) juga boleh menerima Komuni Kudus. Tanpa mempertanyakan apakah yang bersangkutan percaya atau tidak terhadap Kehadiran Nyata dari Tuhan Yesus didalam Komuni itu. Beginilah penafsiran dari ‘La CiviltĂ  Cattolica’ terhadap ucapan misterius dari PF mengenai ‘intercommunion’.
by Sandro Magister

ROME, July 1, 2016 – Dalam perjalanannya, PF setelah menganjurkan penerimaan Komuni bagi umat Katolik yang bercerai dan menikah lagi, dimana PF menganggap bahwa Komuni Kudus bukanlah sebagai hadiah yang hanya diperuntukkan bagi orang yang sempurna, tetapi merupakan obat yang manjur serta makanan bagi orang yang lemah’, maka kini PF juga mendorong umat Protestan untuk menerima Komuni Kudus.   

PF menganjurkan hal ini, seperti biasanya, dalam nada yang tidak jelas dan sulit dipahami, dengan menyerahkan keputusan pelaksanaannya kepada suara hati nurani masing-masing orang.

Masih membingungkan juga adalah jawaban PF pada 15 Nopember 2015, dalam kunjungannya ke Christuskirche, gereja umat Lutheran di Roma (lihat foto diatas), kepada seorang wanita Protestan yang menikah dengan seorang suami Katolik. Wanita itu bertanya kepada PF apakah dia boleh menerima Komuni Kudus bersama suaminya.

Dan jawaban dari PF adalah bukannya ‘ya’ atau ‘tidak’, ‘saya tidak tahu’, ‘silakan kamu menafsirkannya sendiri.’.



No comments:

Post a Comment