Thursday, November 1, 2018

Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M) - MENGHINDARI API PENCUCIAN - Bab 1

MENGHINDARI API PENCUCIAN


Oleh : Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M)


Judul Asli : How to Avoid Purgatory
Penulis: Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M)
Penerbit: Tan Books and Publisher
Rockford, Illinois, 61105


Menurut kami, sebagian besar orang melewatkan berbagai macam kesempatan untuk memperoleh ‘emas’ dari Surga. Jika kita tak bisa melakukan sebuah karya besar, kita bisa melakukan karya-karya kecil saja berkali-kali. Kita melakukan kebaikan-kebaikan kecil dalam jumlah yang banyak.

Didalam buku ini, Pastor Paul O’Sullivan menjelaskan cara-cara yang mudah untuk menghindari Api Pencucian agar kita dapat langsung menuju ke Surga setelah kita meninggal dunia. Buku ini melengkapi buku ‘Read Me or Rue It’ dari penulis yang sama, tentang cara-cara untuk menolong jiwa-jiwa di Api Pencucian dan mendapatkan balasan dari mereka.

Sangat ringkas dan mudah dimengerti, buku ‘Menghindari Api Pencucian’ ini sebenarnya merupakan sebuah peta harta karun yang menuntun kita untuk memperoleh yang terbaik bagi hidup kita dan sekaligus mendapatkan ganjaran sebanyak mungkin dari Surga.

Kami menegaskan bahwa Allah berkehendak agar setiap orang terhindar dari Api Pencucian karena jiwa-jiwa berada disana akibat kesalahan-kesalahan yang mestinya bisa mereka hindari semasa hidup di dunia ini. Disamping itu kami mengatakan bahwa jika kita hanya ‘bercita-cita’ untuk masuk ke Api Pencucian saja, maka ada kemungkinan kita malah akan terpuruk kedalam neraka. Cara terbaik untuk menghindari neraka adalah dengan mengarahkan dan mempersiapkan diri kita untuk ke Surga bila kita mati. Dan Pastor O’Sullivan menunjukkan cara-cara untuk mencapainya.




Pengantar


Tuhan kita Yesus Kristus datang ke dunia untuk memberi kita suatu suatu penebusan yang sempurna. Ia memberi kita hukum Cinta Kasih, sebuah agama yang dari segala aspek sangat pas dengan hati setiap insan, yang bertujuan untuk menjadikan kita suci dan bahagia. Perintah-perintah, penghiburan dan janji-janjiNya, semua meniupkan napas kedamaian, sukacita, belas kasih dan cinta.

Adanya pengertian bahwa setelah kematian, hampir semua orang haruslah melalui Api Pencucian dalam suatu kurun waktu tertentu, nampaknya bertolak belakang dengan rencana Allah yang maha kasih dan maha rahim.

Memang, kita adalah makhluk yang lemah dan berkali-kali terjatuh kedalam dosa, dan pengadilan Allah adalah tegas, tetapi Kasih dan KerahimanNya berada diatas segala karyaNya.

Lagipula, tidak kalah pentingnya, Allah telah memberi kita rahmat dan kekuatan yang melimpah untuk menyelamatkan kita dari dosa serta memberi banyak sarana yang sangat mujarab untuk menebus dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Kenyataan terakhir ini kelihatannya hampir selalu dilupakan orang atau kurang dipahami benar oleh mayoritas umat Katolik.

Tentu saja mereka yang terus berbuat dosa dengan sengaja dan yang tidak berusaha untuk memperbaiki kesalahan-kesalahannya, serta menolak berbagai sarana penebusan dosa yang ditawarkan Allah, akan langsung masuk kedalam Api Pencucian.

Buku kecil ini menunjukkan cara-cara untuk menghindari Api Pencucian dengan memanfaatkan sarana-sarana yang telah disediakan Allah yang amat murah hati itu bagi kita, dan memperlihatkan bahwa semua sarana dari Tuhan berada dalam jangkauan semua umat Katolik.

Jika dibaca dengan seksama, buku ini akan memberikan banyak manfaat dan penghiburan bagi siapa saja yang membacanya.

Penulis mempersembahkan buku ini kepada Hati Yesus dan memohon berkatNya.






B A B   1

Mungkinkah Kita Menghindari Api Pencucian ?  Ya.


Banyak orang mengira bahwa dalam prakteknya, mustahil bagi umat biasa untuk menghindar dari Api Pencucian. Mereka mengira bahwa kita semua pasti masuk kesana.

Mereka bahkan dengan bergurau mengatakan:”Bisa sampai Api Pencucian saja sudah bagus”. Astaga !! mereka tidak sadar bahwa mereka telah berbicara tanpa berpikir lebih dahulu !!

Akibat dari pemikiran fatalistik ini banyak orang yang tidak berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menghindari Api Pencucian atau bahkan tidak berusaha mengurangi masa hukuman mereka di Api Pencucian yang akan mereka jalani kelak. Syukurlah tidak semua orang berpegang pada pandangan suram seperti ini.

Kita Harus Berjuang Keras, seperti yang tertulis pada bab-bab berikut ini :

a) Bagaimana caranya mengurangi atau memperpendek masa hukuman di Api Pencucian ?
b) Bagaimana caranya untuk menghindari sama sekali hukuman di Api Pencucian ?

Bab-bab berkut ini perlu untuk dibaca berkali-kali. Dalam kenyataannya, banyak sekali jiwa-jiwa masuk ke Api Pencucian dan tetap berada disana dalam kurun waktu yang cukup lama hanya karena mereka tidak pernah diberitahu cara-cara untuk menghindari siksaan ini.

Sarana-sarana yang dianjurkan didalam buku ini adalah mudah, praktis, dan dapat dijalani oleh setiap orang. Disamping itu pemanfaatan sarana-sarana ini akan membuat hidup kita di dunia ini menjadi lebih bersih dan lebih bahagia serta akan menghapuskan ketakutan yang berebihan akan kematian, seperti yang dirasakan oleh kebanyakan orang.

Ada baiknya pembaca mengajak orang lain untuk ikut memahami isi buku ini karena hal itu akan sangat besar manfaatnya bagi mereka.


No comments:

Post a Comment