Saturday, November 10, 2018

Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M) - MENGHINDARI API PENCUCIAN Bab 9


MENGHINDARI API PENCUCIAN


Oleh : Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M)


B A B   9

Sarana Ketujuh : Sakramen Minyak Suci

Sarana ketujuh untuk menghindari Api Pencucian adalah Sakramen Perminyakan. Allah sendiri telah memberi kita satu Sakramen yang tujuannya adalah untuk membawa kita langsung ke Surga. Sakramen itu adalah Sakramen Perminyakan, yang menurut St.Thomas dan St.Albertus, khusus dilembagakan untuk mendapatkan rahmat kematian yang bahagia dan suci serta menyiapkan kita untuk segera memasuki Surga.

Banyak orang Katolik tidak memahami doktrin yang amat melegakan ini, dan karena mereka tidak memahaminya, mereka kurang mempersiapkan diri untuk menerima Sakramen ini sehingga mereka kehilangan banyak rahmat-rahmat utama yang terkandung didalamnya.

Setiap sakramen yang diterima dengan benar dan pantas, memberikan hasil yang semestinya. Sakramen Permandian membersihkan kita dari dosa asal dan berbagai dosa lain yang mungkin telah dilakukan orang-orang dewasa sebelum mereka menerima sakramen ini.

Sakramen Imamat memberikan kekuatan yang amat besar kepada seorang imam. Sakramen Perkawinan menyatukan suami dan istri. Begitu pula Sakramen Minyak Suci, bila diterima dengan ketulusan, menyiapkan orang yang sekarat untuk dapat segera masuk ke Surga, dengan demikian menghindarkannya dari Api Pencucian.

Oleh sebab itu sayang sekali bila Sakramen ini ditunda pemberiannya sampai mendekati ajal, yaitu ketika orang yang sekarat sudah terlalu lemah untuk menerimanya dengan penuh kesadaran akan apa yang sedang dilakukannya dan dengan penuh ketulusan serta kepasrahan. Saat kematian adalah saat-saat yang agung dalam kehidupan kita. Saat kematianlah yang menentukan nasib kita dalam kehidupan abadi kelak.

Saran :

Marilah kita memanfaatkan sarana yang ada untuk memastikan kematian yang suci dan bahagia, terutama dengan menerima Sakramen Minyak Suci dengan segera dan dengan penuh ketulusan hati.

No comments:

Post a Comment