Sunday, November 11, 2018

Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M) - MENGHINDARI API PENCUCIAN Bab 10


MENGHINDARI API PENCUCIAN


Oleh : Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M)


B A B   10

Indulgensi dan Api Pencucian

Dengan Kasih dan KerahimanNya yang tak terbatas, Allah memberi kita satu sarana yang sangat indah dan mudah untuk mengurangi bahkan membatalkan masa pemurnian di Api Pencucian.

Menyadari betapa lemahnya diri kita, serta mengetahui betapa banyaknya orang yang takut menjalani silih, Allah membuka lebar-lebar perbendaharaan kebaikanNya dan menawarkan kepada kita indulgensi-indulgensi yang berlimpah untuk ditukar dengan perbuatan-perbuatan kecil yang menunjukkan iman kita.

Untuk pengucapan doa-doa pendek, Dia memberikan indulgensi 100 atau 300 hari atau lebih. (Meskipun peraturan Gereja tentang indulgensi, termasuk indulgensi untuk doa-doa pendek, telah berubah, mungkin kita masih bisa mendapatkan indulgensi yang sama dari Allah jika kita memohon kepadaNya dengan rasa percaya yang besar). Doa-doa pendek ini bisa diucapkan ratusan kali dalam sehari.

Mereka yang mengucapkan doa pendek :’Hati Kudus Yesus, Engkaulah andalanku’, sampai 100 kali dalam sehari, mendapatkan indulgensi 30.000 hari. Mereka yang mengucapkannya hingga 1000 kali, seperti yang dilakukan oleh banyak orang, mendapatkan indulgensi sampai 300.000 hari setiap hari !

Tak ada yang lebih mudah dari membiasakan diri mengucapkan doa pendek ini berkali-kali sepanjang hari setiap hari. Untuk setiap doa Salam Maria didalam doa Rosario, seseorang mendapatkan indulgensi lebih dari 2000 hari.

Disamping banyaknya indulgensi parsial, terdapat banyak sekali indulgensi penuh yang bisa diperoleh selama hidup kita dan pada jam kematian kita. Ini semua secara khusus diberikan oleh Gereja agar kita dapat terhindar dari Api Pencucian.

Indulgensi-indulgensi ini dapat diusahakan untuk jiwa kita sendiri agar dengan demikian dosa-dosa kita ditebus, atau kita bisa mengarahkan indulgensi-indulgensi ini bagi jiwa-jiwa di Api Pencucian yang kelak akan membalas kemurahan hati kita ini.


Saran :

Marilah kita berusaha sungguh-sungguh untuk memperoleh semua indulgensi yang dapat kita peroleh saat ini.

No comments:

Post a Comment