Wednesday, November 7, 2018

Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M) - MENGHINDARI API PENCUCIAN Bab 6


MENGHINDARI API PENCUCIAN


Oleh : Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M)


B A B   6

Sarana Keempat : Pengakuan Dosa, Komuni dan Ekaristi Kudus

Sarana keempat untuk mengurangi masa pembersihan di Api Pencucian atau untuk menghindarinya sama sekali adalah sesering mungkin menjalani pengakuan dosa, menerima Komuni Kudus dan menghadiri Misa Kudus setiap hari.

Pengakuan dosa memberi jiwa kita Darah Kristus Yang Berharga, menghapus dosa-dosa kita, memberi kita terang untuk melihat kebusukan dari dosa, mengisi jiwa kita dengan rasa takut akan dosa, dan yang paling penting, memberi kita kekuatan untuk menghindari dosa.

Didalam Komuni Kudus kita menerima Tuhan Yang Maha Kasih dan Maha Rahim, Tuhan Yang Maha Kudus, yang dengan segera menghampiri kita untuk mengampuni dosa-dosa kita dan membantu kita untuk tidak berbuat dosa lagi (tentu saja jika kita melakukan satu dosa yang mematikan atau lebih, kita harus terlebih dahulu menerima pengampunan didalam Sakramen Pengakuan Dosa).
Tuhan pernah mengunjungi rumah Zakeus dan dalam satu kali kunjungan itu Zakeus menerima pengampunan penuh atas semua dosanya.

Tidaklah mustahil bagi Tuhan Yang Maha Baik untuk datang, bukan kedalam rumah kita, tetapi kedalam hati kita didalam Komuni Kudus dan memberi kita rahmat yang sama atau bahkan lebih besar lagi dari pada yang diterima oleh Zakeus. Dia pernah mengunjungi Zakeus, Diapun mengunjungi kita setiap hari kalau kita mengijinkanNya.

Akan tetapi banyak orang yang tidak pernah merasakan atau memahami sukacita dan penghiburan yang amat besar dari Komuni Kudus ini.

Misa Kudus identik dengan kurban di Kalvari, baik dalam esensi, nilai maupun rahmat yang dianugerahkan kepada kita. Kurban di Kalvari sudah cukup untuk menyelamatkan seluruh dunia yang terdiri dari berjuta-juta jiwa, serta cukup untuk menyelamatkan dunia-dunia lain yang berdosa, kalau ada. Dengan menghadiri Misa Kudus, kita mendapatkan semua rahmat bagi jiwa kita dan tidak hanya sekali saja dalam seminggu, tetapi setiap hari.


Saran :

Marilah kita menghadiri Misa Kudus dan menerima Komuni Kudus setiap hari. Tidak ada yang lebih baik dari kedua hal ini. Hidup satu hari dengan Misa Kudus dan Komuni Kudus sama dengan hidup seratus hari tanpa kedua hal tersebut.

No comments:

Post a Comment