Friday, November 9, 2018

Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M) - MENGHINDARI API PENCUCIAN Bab 8


MENGHINDARI API PENCUCIAN


Oleh : Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M)


B A B   8

Sarana Keenam : Mempersembahkan Kematian

Sarana keenam untuk menghindari Api Pencucian diberikan oleh beberapa orang kudus yang terkenal. Mereka mengatakan bahwa apabila seseorang yang menderita sakit menyadari kematiannya sudah dekat dan ia mempersembahkan kematiannya kepada Tuhan dengan penuh kepasrahan, maka kemungkinan besar ia akan langsung menuju ke Surga.

Kematian adalah hukuman bagi dosa dan bila kita menerimanya, sebagaimana yang seharusnya kita lakukan, dengan penuh kepasrahan, tindakan kita ini begitu menyenangkan Allah sehingga tindakan ini bisa menghapuskan semua dosa kita.

Pengertian ini sama seperti anjuran Santo Bapa Paus Pius X ketika ia memberikan indulgensi penuh pada jam kematian seseorang yang, paling tidak, mengucapkan doa berikut ini setelah satu Komuni Kudus : ‘Bapa yang kekal, mulai hari ini aku menerima dengan hati yang gembira dan gairah, kematian yang akan menyenangkan DiriMu yang Kau berikan kepadaku, dengan segala rasa sakit dan penderitaan yang harus kutanggung’.

Akan lebih baik lagi bila doa ini selalu kita ucapkan setelah kita menerima Komuni Kudus.

Demi kepentingan diri kita sendiri, kita harus menerima kehendak Allah dalam segala hal yang menimpa kita didalam kehidupan ini dan disaat kematian kita. Bukanlah hal yang sulit bila kita ingat bahwa Allah selalu menghendaki yang terbaik bagi kita. Jika kita melakukan sesuatu yang bukan menjadi kehendakNya, kita tentu akan menderita.


Saran :

Setiap kali kita berdoa Bapa Kami, marilah kita memberi tekanan khusus kepada kata-kata :’Jadilah kehendakMu’. Dalam kesulitan apapun juga, besar ataupun kecil, marilah kita mengucapkan kata-kata itu, sehingga segalanya akan mendatangkan ganjaran bagi kita. Dengan melakukan hal ini maka kita merubah kesedihan menjadi sukacita, dan kecemasan hidup menjadi emas untuk menuju ke Surga.

No comments:

Post a Comment