Friday, November 2, 2018

Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M) - MENGHINDARI API PENCUCIAN - Bab 2


MENGHINDARI API PENCUCIAN


Oleh : Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M)

B A B  2
Bagaimana Menghindari Api Pencucian ?


Kita semua harus melewati masa hukuman di Api Pencucian setelah kematian kita, karena kita telah melakukan dosa-dosa dan belum menebusnya. Setiap dosa harus ditebus, baik selama kita hidup di dunia ini ataupun sesudah kita mati. Tidak boleh ada satupun dosa atau bayangan dosa sekecil apapun yang dapat masuk kedalam Kerajaan Allah yang Maha Suci itu.

Semakin berat dan semakin sering dosa-dosa itu dilakukan, maka semakin lama pembersihan yang perlu dilakukan dan semakin berat kadar siksaannya. Bukanlah salah Allah atau kehendak Allah kalau kita masuk kedalam Api Pencucian. Yang salah adalah kita sendiri. Kita telah berbuat dosa dan dosa kita belum ditebus.

Setelah kita berbuat dosa, Allah, oleh kerahimanNya yang tak terbatas, menawarkan berbagai sarana yang mudah dan efektiv kepada kita untuk mengurangi lamanya masa hukuman atau bahkan untuk menghapusnya sama sekali.

Sebagian besar umat Katolik, karena sikap sembrono yang sulit dipahami, mengabaikan sarana-sarana ini, sehingga terpaksa mereka harus membayar hutang-hutang mereka didalam ‘Penjara Mengerikan’ di Api Pencucian.

Didalam bab-bab berikut ini kita akan melihat secara sekilas sarana-sarana utama yang dapat kita manfaatkan untuk menghindari Api Pencucian atau setidak-tidaknya mengurangi masa hukuman dan tingkat siksaannya.

No comments:

Post a Comment