Monday, November 12, 2018

Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M) - MENGHINDARI API PENCUCIAN Bab 11


MENGHINDARI API PENCUCIAN


Oleh : Fr.Paul O’Sullivan O.P. (E.D.M)


B A B   11

Ordo-ordo Ketiga

Diantara sekian banyak rahmat luar biasa yang diperoleh orang Katolik dengan menjadi anggota sebuah Ordo Ketiga adalah ikut mendapat bagian pahala didalam banyak Misa Kudus dan doa-doa.

Sebagai contoh, Ordo Ketiga St.Dominikus. Paus Benediktus XV yang juga salah seorang anggotanya berkata :’Salah satu cara yang termudah dan paling efektiv untuk mencapai kesucian tingkat tinggi adalah dengan menjadi anggota Ordo Ketiga Dominikan’.

Para anggota Ordo ini selama hidupnya setiap hari mendapat bagian didalam ribuan Misa Kudus dan ribuan doa dan setelah meninggal dunia, ketika banyak orang telah dilupakan oleh sanak saudaranya, mereka yang menjadi anggota Ordo Ketiga ini setiap hari masih mendapat bagian pahala dari ribuan Misa Kudus dan doa-doa dan ini semua diterima mereka selama berada didalam Api Pencucian !.

Salah satu dari sekian banyak ciri utama Ordo Ketiga Dominikan adalah devosi dan cintanya yang sangat besar kepada jiwa-jiwa, terutama jiwa para anggota, teman-teman, dan para donaturnya. Begitu menonjolnya ciri khas ini sehingga ketika seorang bangsawan muda Italia bertanya kepada Paus, sebaiknya ia masuk Ordo mana, ia mendapatkan jawaban :’Anakku, engkau bisa bergabung dengan ordo mana saja untuk memperoleh kelimpahan rahmat karena disetiap ordo engkau akan menemukan berbagai sarana untuk menjadi orang suci. Akan tetapi setelah meninggal dunia, jadilah anggota Ordi Ketiga Diminikan’. Secara tersirat Bapa Suci ingin mengatakan bahwa doa-doa permohonan bagi jiwa-jiwa para anggotanya yang telah meninggal dunia paling banyak didaraskan didalam Ordo Dominikan. (Doa permohonan ini adalah doa-doa dan perbuatan-perbuatan baik yang dipersembahkan kepada Allah untuk mengurangi penderitaan jiwa-jiwa di Api Pencucian).

Syarat untuk menjadi anggota Ordo ini begitu mudahnya dan manfaatnya begitu banyak sehingga separuh penduduk dunia pasti berminat menjadi anggota Ordo Ketiga Dominikan kalau saja mereka memahami manfaatnya. Untuk mendapatkan penjelasan terperinci silakan menghubungi Pastor dari Ordo Dominikan mana saja.

1 comment: