Monday, October 21, 2019

BERHALA DALAM VATIKANNYA FRANCIS, SECARA ALAMI ADALAH MERUSAK




BERHALA DALAM VATIKANNYA FRANCIS, SECARA ALAMI ADALAH MERUSAK

Gianluigi Nuzzi



Setelah enam tahun Francis berkuasa, situasi keuangan di Vatikan jauh lebih buruk daripada ketika Benediktus XVI meninggalkan jaatannya, demikian seorang jurnalis Italia, Gianluigi Nuzzi, menulis dalam buku barunya Giudizio Universale.

"Semua angka
-angka anjlok; misalnya, di Administrasi Hak Waris Takhta Apostolik (APSA) hasilnya telah jatuh lebih dari 60 persen."

Situasi saat ini adalah
bukan sekedar luka lecet, tetapi perdarahan demikian menurut Nuzzi.

Situasinya
‘sangat mengkhawatirkan.’ Vatikan dihadapkan kepada sebuah ‘keruntuhan manajemen. Disana terjadi apa yang disebut ‘kurangnya informasi mendasar. Kroniisme berkuasa, menyembunyikan berbagai pelanggaran dan dan kejahatan dan hak istimewa, dan terlibat dalam akuntansi siluman.

Sumbangan
dari umat dan donatur telah anjlok. Dana Pence Peter telah dikurangi menjadi setengahnya dalam sepuluh tahun (2006: 101 juta euro; 2018: 51 juta euro). Dari 10 euro, yang sampai kepada pihak yang membutuhkan bantuan hanya 2 euro. 58% dari dana Pence Peter digunakan untuk mengisi lubang-lubang menganga lebar dalam Kuria Romawi.

Manajemen real estate Vatikan sangat tidak efisien. 40% dari aset tidak menghasilkan pendapatan. 800 dari 4421 bangunan yang dikelola oleh APSA kosong, tak berpenghuni. 15% dari aset sewaan tidak membayar sewa.


No comments:

Post a Comment