Saturday, October 5, 2019

MASIH LAYAKKAH KITA BERDOA BAGI INTENSI-INTENSI BAPA SUCI?



Bill Perry / Shutterstock.com

BLOGSCATHOLIC CHURCHFAITH 

 

MASIH LAYAKKAH KITA BERDOA BAGI INTENSI-INTENSI BAPA SUCI?

SEMENTARA PAUS MEMILIKI INTENSI YANG BURUK?

 

https://www.lifesitenews.com/blogs/should-we-pray-for-our-holy-fathers-intentions-even-if-a-pope-has-bad-intentions?utm_source=LifeSiteNews.com&utm_campaign=2abe5593e3-Daily%2520Headlines%2520-%2520World_COPY_594&utm_medium=email&utm_term=0_12387f0e3e-2abe5593e3-402366805


by PETER KWASNIEWSKI

3 Oktober 2019 (LifeSiteNews) - Saya berada di dalam mobil dengan seorang teman, dan dia berkata kepada saya, “Anda tahu, sangat sulit dalam kepausan ini untuk mengetahui apa yang harus dilakukan di depan anak-anak. Maksud saya, Anda tidak bisa berpura-pura semuanya baik-baik saja dengan Paus Francis. Anak-anak kita sudah pintar, dan mereka mendengar banyak hal-hal. Mereka mengajukan pertanyaan. Mereka tahu sesuatu yang aneh sedang terjadi. Suatu hari ketika saya memimpin rosario, saya mengatakan kami akan berdoa ‘untuk intensi Bapa Paus.’ Tetapi ini juga mengejutkan anak-anak saya yang lebih sulung, sebagai hal yang aneh. Apakah itu berarti paus memiliki intensi buruk? Dan jawaban atas pertanyaannya cukup jelas: ya, beberapa niat paus memang tampak sangat buruk, karena Vatikan telah menyajikannya dalam video-video pendeknya. Jadi apa yang harus kita lakukan ketika kita berusaha untuk mendapatkan indulgensi penuh, yang mengharuskan kita untuk berdoa bagi intensi-intensi Bapa Suci?"

Saya perhatikan pertanyaan ini muncul beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa keluarga telah berhenti berdoa sama sekali untuk intensi paus. Beberapa orang berdoa untuk pertobatan paus, sebagai gantinya. Itu tentu bukan ide yang buruk, tapi saya pikir kita semua bisa memberikan kelegaan mendalam tentang pertanyaan utama diatas.

Pada tahun lalu, saya mendengar dua imam Katolik tradisional yang berbeda - di benua yang berbeda - memberikan homili tentang hal ini. Penjelasan mereka tentang apa artinya berdoa untuk intensi Bapa Suci sebenarnya identik.

Menurut buku doa lama tentang indulgensi Gereja, Raccolta (yang dapat dibeli dalam edisi bahasa Inggris terakhir tahun 1957), intensi paus adalah selalu mencakup objek-objek berikut:

1. Bagi kemajuan Iman dan kemenangan Gereja
2. Bagi perdamaian dan persatuan di antara para pangeran dan penguasa Kristen
3. Bagi pertobatan orang berdosa
4. Untuk membuang ajaran-ajaran sesat

Patrick Hawkins, penulis Sermonry,  (Khotbah) sumber daya homiletika yang sangat baik, mengutip empat intensi umum ini dan kemudian mengamati :

Setiap kali Anda berdoa untuk intensi paus, Anda berdoa untuk intensi-intensi yang sangat Katolik. Anda bahkan berdoa untuk intensi ini jika Anda berdoa dalam periode sede vacante antara pemerintahan kepausan yang berbeda. ... Kita selalu bersedia dengan setulus hati berdoa Bapa Kami, Salam Maria, dan Kemuliaan bagi intensi Bapa Suci, kapan pun hal ini diminta dari kita. Kita harus melakukan apa yang diperintahkan Gereja agar kita lakukan, untuk bisa menerima indulgensi penuh. Jika kita melakukan ini dengan iman, dan menyatukan kehendak kita dengan kehendak Tuhan, maka hanya kebaikan yang bisa dihasilkan darinya.

Dengan semangat yang sama, sebuah kanon dari Institute of Christ the King Sovereign Priest menjelaskan:
Sangat baik bagi Anda untuk memiliki intensi khusus ini dalam pikiran, ketika Anda berdoa untuk intensi Bapa Suci. Sekalipun Anda tidak memikirkannya secara khusus, doa Anda tetap sah, karena doa-doa itu termasuk dalam intensi Bunda Gereja kita. Tentu saja Paus mungkin memiliki intensi pribadi yang lain, dan ini dapat menjadi bagian dari doa Anda juga.

Jadi, kita harus tenang. Seorang paus yang memerintah bukanlah satu-satunya yang menentukan apa ‘intensi Bapa Suci’ yang harus kita doakan. Gereja sendiri memberi tahu kita apa saja yang termasuk dalam ‘intensi Bapa Suci’ ini, dan kita tahu intensi itu harus selalu memasukkan kesejahteraan Gereja dalam empat cara yang disetujui oleh tradisi dan oleh publikasi yang disetujui. Jika seorang paus tertentu memiliki niat jahat dalam dirinya sendiri, yang bertentangan dengan Iman, maka intensi paus itu secara pribadi, adalah tidak sah, dan kita tidak akan berdoa untuk intensi itu.

No comments:

Post a Comment