Friday, October 25, 2019

Vortex - SINODE ‘SINAR MATAHARI’






Vortex - SiNODe ‘SINAR matahari’
Matahari bersinar adalah hal yang baik

October 23, 2019

Kini semakin jelas bahwa berbagai sinode yang diadakan di Roma bukanlah benar-benar sinode sama sekali, dalam artian otentik dari apa yang seharusnya menjadi sinode. Dalam sinode yang benar, beberapa masalah mendesak yang perlu dibahas dan dipikirkan serta didiskusikan dan didoakan, diajukan di hadapan sejumlah besar uskup dan, setelah beberapa waktu, mereka memberi kepada Bapa Suci beberapa konsultasi tentang cara menangani atau mendekati apapun masalah yang diberikan. Namun sinode saat ini, dan beberapa sinode sebelumnya dibawah kepausan Francis, hanya memiliki penampilan luar seperti itu, namun pada kenyataannya, sebagian besar dari apa yang akan diputuskan telah ditentukan sebelumnya.

Dimulai dengan topik yang sekarang ini sedang dimainkan di Roma: kekurangan imam di Amazon. Seriuskah? Topik ini memperoleh waktu satu bulan - satu bulan penuh – di Vatikan, sementara masalah-masalah yang sangat mengguncang Gereja sampai ke akarnya yaitu pelecehan seksual, sebagian besar berupa homoseksual - mendapatkan waktu hanya tiga hari pembahasan pada bulan Februari 2019 lalu. Dan itu bahkan bukanlah sinode. Setelah minum anggur dan makan malam dan limoncello, Anda akan merasa beruntung jika ada waktu lebih dari beberapa jam yang benar-benar didedikasikan untuk topik pelecehan sexual ini. Begitulah, di sini kita memiliki kasus yang sangat cocok dengan agenda kaum Kiri, dibungkus dalam kosakata yang kedengarannya spiritual, dan kita sudah ketinggalan kereta.

Tetapi hal yang lucu terjadi dalam perjalanan ke Forum: terjadinya serangkaian bencana di bidang humas bagi penyelenggara sinode, di antaranya adalah pencampakkan Pachamama dari Gereja Katolik, hingga menyebabkan respons munafik dari Vatikan dengan menuduh hal itu sebagai "pencurian" - tepat di tengah kasus pencurian setengah miliar dolar uang Vatikan oleh para kardinal yang korup.

Beberapa bulan yang lalu, dokumen kerja - semacam pedoman agenda yang disebut Instrumentum Laboris untuk pertemuan sinode ini - dirilis dan segera ditentang dan dituduh sesat oleh para klerus terkenal dan umat Katolik yang setia, karena banyaknya pernyataan bidaah dan kemurtadan yang terkandung di dalamnya. Hal itu menyebabkan banyak pukulan balik dari pihak penyelenggara sehingga pada pertemuan pers pertama, Kard. Lorenzo Baldiserri harus menjelaskan dokumen itu dengan mengumpulkan wartawan.

Kemudian, bahkan sebelum sinode yang sebenarnya berlangsung, ada tontonan upacara penanaman pohon pemujaan terhadap Ibu Pertiwi di taman Vatikan, lengkap dengan patung-patung dewi hamil telanjang, atau wanita, atau apa pun. Nampak bahwa tidak ada yang mau menjelaskan dan mengatakan apa atau siapa patung itu.

Kemudian, di dalam tembok-tembok Vatikan, kantor Sekretaris Negara digerebek oleh polisi secara diam-diam – secara rahasia, sampai ada seseorang yang membocorkan informasi ke media Italia bahwa itu ada kaitannya dengan korupsi keuangan Vatikan, dan kepala keamanan Vatikan akhirnya dipersalahkan atas kejadian itu.

Alasan dari penggerebekan itu, setidaknya sebagian: Terjadi pencurian uang sebesar setengah miliar dolar dari dana Peter's Pence oleh wali gereja kelas atas yang semuanya adalah orang-orang dekat paus yang menggunakan uang itu, sebagian, untuk membeli properti yang sangat mahal di London, seolah-olah untuk tujuan investasi.

Kemudian muncul berita bahwa paus Francis, ketika ditanya, telah memberi tahu para rekan-rekan karibnya bahwa dirinya memang menginginkan semua kebingungan ini karena hal itu cocok dengan model penyelarasan kembali, untuk menghadirkan pemahaman baru tentang Gereja.

Semakin banyaklah tantangan dari wartawan Katolik yang setia di ruang pers tentang adanya penyimpangan fisik dan spiritual, adanya para uskup yang dikejar di jalan-jalan, menolak untuk menjawab pertanyaan paling mendasar. Semuanya tidak ada yang baik.

Kemudian muncul berita menggelegar yang diterbitkan oleh seorang penerbit atheis, Scalfari, teman dekat dari Paus, yang isinya: Francis tidak benar-benar percaya bahwa Yesus adalah ilahi ketika berada di dunia dulu - sebuah tuduhan yang pada awalnya Vatikan tidak benar-benar menyangkal, tetapi kemudian Vatikan harus membuat pernyataan untuk mengatasi berita yang menimbulkan bencana itu. Kemudian muncul masalah yang tidak bisa direncanakan oleh para penyelenggara sinode - pembunuhan bayi - dan mereka kehilangan akal di ruang pers, secara serta merta menyangkal segalanya, hanya untuk mengungkapkan bahwa bukan hanya kasus ini adalah kenyataan yang sebenarnya, tetapi Konferensi Uskup Brasil juga telah mengetahui tentang hal itu dan memposting tautan tentang hal itu di situs web mereka, hanya untuk membuka sebentar dan menyembunyikannya pada hari berikutnya, menghapus semua link tautan, setelah seorang jurnalis Italia pemberani menulis tentang hal itu, dan hal itu menjadi berita utama internasional.

Kemudian, beberapa hari kemudian, kita mengetahui bahwa salah satu kelompok organisasi terkemuka di balik sinode telah menerima jutaan dolar uang hibah dari Ford Foundation yang berbasis di Amerika Serikat. Ford Foundation adalah salah satu pendukung aborsi dan agenda homoseksual internasional terbesar di dunia.

Kemudian kita juga mengetahui bahwa orang-orang komunis yang sebenarnya, diundang di bawah payung ‘teologi pembebasan’ oleh Kardinal Cláudio Hummes, meski kemudian dia menyangkal ada hubungannya dengan mereka, tetapi kelompok komunis secara terbuka telah berterima kasih kepadanya karena telah mengundang mereka untuk mengikuti sinode.

Dan, disajikan sebagai ‘makanan sampingan,’ adalah gagasan bahwa daftar yang disebut ‘dosa-dosa ekologis’ sedang dipertimbangkan dalam sinode, hal ini telah mendatangkan cemoohan langsung hampir dari seluruh dunia.

Kemudian, pihak penyelenggara sinode melontarkan tuduhan imperialisme atau kolonialisme yang terselubung terhadap umat Katolik yang setia yang menginginkan karya penginjilan, dan bukan hanya inkulturasi, seperti yang dilakukan oleh sinode.

Sejauh peristiwa hubungan masyarakat (PR) terlibat, hal ini telah menjadi bencana yang tidak tanggung-tanggung bagi Vatikan. Faktanya, serangan pemberitaan yang negatif (namun jujur dan faktual) telah membuat marah dan kelabakan para pengikut marxist di Vatikan; salah satunya adalah ‘anjing penjaga’ kepausan, Antonio Spadaro, yang merasa perlu untuk keluar dari balik tembok pembatas pada Jumat lalu, untuk menyerang umat Katolik yang setia yang telah melaporkan semua fakta ini. Dia men-tweet dengan berkata bahwa semua tuduhan ini, dengan berbagai cara, termotivasi secara politis: "dari iman ke politik semuanya terhubung."

Spadaro rupanya tidak mau berhenti sejenak untuk merenungkan bahwa pendulum berayun dalam dua arah, dan hal itu sangat jelas dalam sinode ini. Ya, sinode ini adalah tentang politik, bukan tentang agama atau iman.

Lihat saja daftar dari semua yang dia ungkapkan: pemujaan dewi, pencurian ratusan juta dari dompet Peter Pence, pembunuhan bayi, pendanaan oleh para raksasa aborsi, pertanyaan tentang kurangnya kepercayaan paus pada keilahian Tuhan kita, partisipasi aktif dari para penganut komunis, daftar dosa yang belum pernah didengar sebelumnya - ini bukanlah bahan-bahan dari sebuah sinode Vatikan yang berhasil. Ditambah lagi dengan spekulasi yang merajalela bahwa, seperti sinode-sinode sebelumnya, hasil sinode ini sudah ditentukan sebelumnya karena para peserta sinode telah diatur sedemikian rupa dengan memilih sebagian besar adalah peserta yang bersikap liberal atau radikal, dan kita semua menyaksikan apa yang disebut ‘pertunjukan anjing dan kuda.’ Penuh rekayasa.
Tidak sedikit orang yang menduga atau bahkan tahu, bahwa dokumen akhir sudah ditulis, dengan hanya beberapa penyesuaian kecil yang perlu dilakukan. Jadi, sinode itu sendiri, semua diskusinya, konferensi pers harian, bahkan pemungutan suara terakhir, tidak lebih dari pekerjaan abal-abal yang hebat. Dokumen akhir sinode, bahkan sebelum dokumen itu seharusnya ditulis, diam-diam sudah tersimpan di dalam laci kardinal, siap untuk dikeluarkan pada saat yang tepat. Pemikiran seperti itu (bahwa dokumen akhir sudah ditulis, sebelum sinode berakhir) dapat ada, dan kemudian dibicarakan secara terbuka, apalagi dipercayai, hal itu telah mengatakan banyak hal tentang keadaan terkini di Vatikan.

Roma semakin dipandang sebagai kumpulan para pembohong, homoseksual, pencuri, seniman penipu, bidaah dan marxist. Jadi, jika semua itu adalah gambaran yang dibawa oleh sinode ini ke permukaan - jika hal itu yang diungkapkan oleh sinode ‘sinar matahari’ ini - maka mungkin itu bukanlah tindakan membuang-buang waktu. Kejelasan adalah selalu baik. Memahami dengan tepat apa yang sedang terjadi bukanlah hal yang buruk. Membantu orang untuk dengan mudah melihat dan memahami kekacauan - selalu bermanfaat.

Apa pun perbedaan pendapat yang ada, meski kedengarannya bersifat teologis, yang muncul dari sinode ini, begitu semua debu telah dikibaskan, Sinode Amazon mungkin akan diingat bukan karena telah menciptakan ruang kecil bagi para rohaniwan yang menikah, atau memimpikan "teologi ekologis integral" - apa pun itu namanya - tetapi karena ia telah menjadi Sinode Sinar Matahari, di mana semua kebusukan akhirnya dibawa kepada cahaya terang siang hari, untuk dilihat oleh semua orang. Vatikan tak bisa menyembunyikan kebobrokannya.

Jadi, Pachamama tidak mungkin merasa senang dengan hasil seperti ini.


No comments:

Post a Comment