Wednesday, October 23, 2019

PASTOR RETO NAY...





PASTOR RETO NAY:
PENENGGELAMAN PACHAMAMA TELAH ‘MENENGGELAMKAN’ KRONI FRANCIS KEDALAM KEBINGUNGAN





Doktor ahli pelintir-nya’ Francis, Andrea Tornielli, meradang di VaticanNews.va (22 Oktober 2019) dengan apa yang dia sebut "episode sedih pencurian dan penghancuran patung-patung Amazon."

Dia menyajikan ‘sosok-sosok’ ini sebagai patung kayu dari tradisi Amazon yang menggambarkan seorang wanita muda yang sedang hamil, dan bahkan sebagai patung keibuan dan kesucian hidup yang berkaitan dengan penyebutan oleh St.Franciscus dari Assisi tentang ibu pertiwi’ dalam bukunya Canticle of the Sun. Tornielli dengan hati-hati menghindari penyebutan kata ‘paganisme.

Tetapi kemudian, tiba-tiba, dia beralih ke Essay on Development of Christian Doctrine (1878) di mana John Hendry Newman berbicara – menurut versinya Andrea Tornielli - tentang penerimaan Gereja atas unsur-unsur pagan,

“Penggunaan tempat-tempat ibadah, dan ini didedikasikan untuk orang-orang kudus tertentu, dan dihiasi pada kesempatan tertentu dengan cabang-cabang pohon, dupa, lampu, dan lilin; penyampaian nazar demi penyembuhan penyakit; air suci; rumah sakit jiwa; hari-hari libur dan pergantian musim, penggunaan kalender, prosesi, berkat di ladang; jubah religius, pencukuran rambut kepala, cincin kawin, berpaling ke arah Timur, gambar-gambar akhir zaman, mungkin juga nyanyian gerejawi, dan Kyrie Eleison, semua itu adalah berasal dari kaum berhala, dan hal itu disucikan dengan cara mengadopsinya ke dalam Gereja.”

Luis Badilla, doktor ahli pelintir’-nya Francis yang lainnya, tidak menyukai penjelasan Tornielli ini.

Dia menyebut argumennya di IlSismografo.Blogspot.com (22 Oktober 2019) dan menganggapnya sebagai ‘menyesatkan dan berbahaya, dan dia bersikeras bahwa dalam kasus patung-patung itu, ‘tidak ada adopsi oleh Gereja atas unsur-unsur pagan.

Badilla menegaskan bahwa "tidak seorangpun," termasuk Francis, Sinode atau juru bicara Vatikan, yang pernah mengatakan bahwa Pachamama adalah "elemen kafir yang harus diadopsi oleh Gereja. Dia menyebutnya objek seperti banyak benda lain yang dibawa ke Sinode sebagai hadiah semata.

Tetapi kemudian, sayangnya, Badilla melemparkan dirinya ke ‘kolam masalah’ dengan mengatakan, "Dalam hal ini tidak pernah ada adopsi unsur-unsur kafir dalam liturgi Gereja."

Maaf! Apakah dia begitu cepat melupakan pemujaan Pachamama di Taman Vatikan di mana Francis begitu bersemangat berpartisipasi?

Saya akan menjadikan kamu sebagai penjala Pachamama



No comments:

Post a Comment