Friday, October 25, 2019

Pope Francis memberkati patung berhala Pachamama


Pope Francis receives 'Pachamama' statue in Vatican gardens during indigenous ceremony, Rome, Oct. 4, 2019.Vatican News / video screen grab

By Maike Hickson 

NEWSCATHOLIC CHURCH Thu Oct 24, 2019 - 5:29 pm EST

Perhatikan: Pope Francis memberkati patung berhala Pachamama yang kontroversial itu, sebelum pembukaan sinode Amazon



24 Oktober 2019 (LifeSiteNews) - Rekaman video dari ritual pribumi yang berlangsung di Taman Vatikan pada 4 Oktober sebagai awal dari pembukaan Sinode Amazon, menunjukkan bahwa Paus Francis dihadapkan kepada patung kayu berhala “Pachamama” yang kontroversial dan kemudian dia memberkatinya.

Rekaman menunjukkan ada seorang wanita pribumi yang mendekati Paus Francis dengan membawa patung kayu. Mereka saling membungkuk. Wanita itu kemudian memberkati dirinya sendiri. Paus kemudian meniru wanita dan memberkati dirinya sendiri. Wanita meraih tangan paus dan bersalaman. Paus kemudian berusaha menjangkau dan menyentuh patung itu sebelum melanjutkan untuk memberkatinya. Ketika wanita itu berbalik untuk pergi, orang pribumi lainnya memberi isyarat kepada wanita itu agar dia memberikan patung itu kepada Paus. Wanita itu kemudian kembali kepada Paus Francis dan menyerahkan patung itu kepadanya. Paus menerimanya dengan sikap membungkuk hormat.

Vatikan menolak untuk mengatakan siapa patung itu. Seorang penerjemah resmi di Santa Maria di Gereja Traspontina Carmelite, di mana patung-patung itu dipajang di sebuah altar samping, menegaskan bahwa patung itu adalah 'Pachamama,' dan menjelaskan bahwa ia adalah "ibu, yang peduli pada kehidupan, yang memberi makanan untuk kehidupan.”

Awal pekan ini, patung-patung itu diambil secara diam-diam dari dalam Gereja oleh para pria Katolik dan dibuang ke Sungai Tiber di dekatnya.

Ketika laporan tentang upacara penyembahan berhala di Taman Vatikan pertama kali keluar, banyak pengamat se dunia merasa terganggu oleh pertanyaan apakah Paus benar-benar menyetujui upacara tersebut, karena dia tidak menyampaikan pidatonya, padahal sudah dipersiapkan, tetapi sebaliknya, paus hanya berdoa dengan mengucapkan "Bapa Kami.” ”Tetapi fakta bahwa dia memberkati patung itu diabaikan oleh banyak orang.

No comments:

Post a Comment