Saturday, October 19, 2019

MAYORITAS MENGINGINKAN IMAM MENIKAH DAN DIAKON PEREMPUAN





Kelompok-Kelompok Diskusi Dalam Sinode:
MAYORITAS MENGINGINKAN IMAM MENIKAH DAN DIAKON PEREMPUAN


Laporan kelompok kecil Sinode Amazon dipublikasikan di Vatican.va (18 Oktober). Sikap mereka tentang selibat dan diakon perempuan adalah:

Kelompok berbahasa Italia A: menentang selibat dan bagi wanita sebagai lektor dan pembantunya, tidak menyebut tentang diakon wanita.

Kelompok berbahasa Italia B: tidak mengatakan apa pun tentang selibat dan diakon perempuan.

Kelompok berbahasa Portugis A: menghapuskan selibat dan memilih diakon wanita, mengutip Pastor (sesat) Hans Küng tentang perdamaian di antar agama-agama.

Kelompok berbahasa Portugis B: menyebut penghapusan selibat adalah ‘perlu, menginginkan diakon perempuan karena berbagai argumen Konsili terakhir yang mendukung diakon yang menikah, sekarang hendaknya diterapkan untuk wanita.
Kelompok berbahasa Portugis C: secara acak tentang “kemungkinan-kemungkinan berkenaan dengan diakonat, viri probati, wanita, pastor yang menikah.”

Kelompok berbahasa Portugis D: menyerukan pematangan dan pemikiran lebih lanjut tentang menghapuskan selibat dan memperkenalkan diakon perempuan.

Kelompok berbahasa Spanyol A: menghasilkan teks panjang yang membosankan tentang tanggung jawab kepemimpinan bagi wanita untuk menghindari istilah diakonat.’ Tidak ada anjuran untuk menghapuskan selibat.

Kelompok berbahasa Spanyol B: ingin penelitian lebih lanjut tentang diakon perempuan dan keinginan untuk menghapuskan selibat dalam kasus luar biasa.

Kelompok berbahasa Spanyol C: menyebutnya mungkin untuk membentuk diakon perempuan dan penting untuk menghapuskan selibat.

Kelompok berbahasa Spanyol D: mempromosikan menghapuskan selibat dan membentuk diakon perempuan.

Kelompok berbahasa Spanyol E: menginginkan diakon wanita non-sakramental.

Kelompok berbahasa Prancis / Inggris: tidak mengatakan apa-apa tentang penghapusan selibat atau diakon perempuan dan menggarisbawahi bahwa Gereja bukanlah Greenpeace.


Berhenti ngomong soal apa yang harus kami lakukan!
Kami sedang mendengarkan pewahyuan-pewahyuan dari hutan hujan Amazon!

No comments:

Post a Comment